Mengenal Kunci Torsi, Bikin Pengencangan Pasti Pas

09/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kunci torsi menjadi salah satu perkakas penting untuk memastikan pengencangan baut dan mur sudah mencapai tingkat kekencangan sesuai dengan spesifikasi

Kunci momen atau kunci torsi (torque wrench) adalah perangkat khusus untuk mengencangkan baut atau mur pada kendaraan bermotor dengan tingkat kekencangan tertentu. Kenapa baut atau mur harus dikencangkan dengan tepat?

Karena baut atau mur yang kendur atau terlalu kencang berpotensi menjadi masalah. Pernah terbayang roda mobil yang lepas gara-gara baut atau mur yang  kendur atau patah? Inilah beberapa macam kunci momen yang umum tersedia di gerai alat bengkel  

>>> [Infografik] Evolusi Kunci Mobil dari Masa ke Masa

Model Jarum

Torque wrench model jarum menunjukkan pengencangan baut dan mur melalui batang logam berukuran panjang yang berperan sebagai jarum. Perangkat jarum penunjuk ini akan bergerak menuju angka atau skala tertentu sesuai momen pengencangan yang dilakukan.

 

gambar kunci

Kunci momen model jarum, sederhana dan mudah digunakan

Secara teknis, kunci momen model jarum tergolong paling sederhana dan membutuhkan kecermatan saat pengoperasian agar pengencangan baut dan mur sesuai dengan ketentuan.     

Model Klik

Kunci momen model klik dilengkapi pengaturan momen pengencangan dengan menyetel ukuran kekencangan pada bagian bawah yang menjadi pegangan. Bicara soal pengoperasian, kunci momen model klik  lebih mudah penggunaannya dibandingkan kunci momen jenis jarum.

gambar kunci

Kunci momen model klik, suara klik menandakan tingkat pengencangan sudah pas

Tidak usah melihat angka atau skala saat pengencangan, hanya perlu mendengar bunyi klik-klik jika momen kekencangan yang sesuai dengan spesifikasi telah tercapai. Bengkel di Indonesia umumnya menggunakan kunci momen model ini.

Model Dial

Sesuai dengan namanya, kunci momen model dial menggunakan dial sebagai pengukur tingkat pengencangan baut dan mur. Secara umum, tampilan dan sistem kerja kunci momen model dial mirip dengan kunci momen model jarum.

gambar kunci

Kunci momen model dial, menawarkan akurasi dan ketelitian pengencangan yang lebih tinggi

Hanya saja, perangkat dial atau sering disebut dial gauge memiliki tingkat akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi. Pengoperasiannya serupa kunci momen model jarum sehingga operator harus melihat pergerakan jarum dial untuk mengetahui tingkat pengencangan.

Cara Pemakaian

gambar kunci

Kalibrasi berkala sesuai dengan frekuensi pemakaian 

  • Kunci momen hanya digunakan untuk pengencangan tahap akhir. 
  • Lakukan dahulu pengencangan tahap awal dengan kunci biasa.  
  • Lakukan kalibrasi secara berkala sesuai dengan frekuensi pemakaian untuk menjamin akurasi. Jika dipakai setiap hari, kalibrasi dilakukan dengan interval 6 bulan - 12 bulan. 
  • Kunci torsi model klik wajib di-nol-kan setelah pemakaian agar akurasi selalu terjaga.  
  • Awalnya kunci torsi model klik hanya memiliki pengencangan searah. Kini tersedia kunci torsi model klik dengan mekanisme ratchet sehingga pengencangan bisa dilakukan dua arah. 
  • Pada kunci torsi model dial  yang dikalibrasi hanya dial gauge-nya, bukan kuncinya.  

>>> Gasket Kepala Silinder Rusak? Ini Gejalanya

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top