Mengenal Komponen Listrik dalam Mobil yang Membantu Pengemudian

Share this post:
Mengenal Komponen Listrik dalam Mobil yang Membantu Pengemudian
Ketika zaman dulu kendaraan menggunakan tenaga uap, perkembangan teknologi mengantarkan kita pada era listrik. Mengetahui komponen listrik pada mobil bisa membantu Anda lebih mengenal ‘kuda pacu’ Anda untuk perawatan yang lebih baik.

Tidak hanya mobil mewah yang harganya lebih dari milyaran rupiah, mobil-mobil menengah atau middle-class segmen menerapkan komponen kelistrikan yang cukup rumit. Komponen listrik dalam mobil ini membantu pengemudian dan sudah mulai menggantikan komponen sebelumnya yang menggunakan teknologi mekanis atau hidrolik.

Fitur paling mendasar yang bisa ditemukan dalam model mobil terbaru adalah ABS atau Anti-lock Braking System, EBD (Electronik Brake Distribution) teknologi otomatis yang menyalurkan pengereman ke semua roda mobil, hingga BA (Brake Assist). Meski masih menggunakan sistem hidrolik atau mekanik, mobil memiliki ECU (Electronic Control Unit) untuk menganalis kondisi pengendaraan.

Gambar yang menunjukan sistem kelistrikan pada mobil modern

Mobil modern memiliki puluhan sistem kelistrikan

Bantuan Kelistrikan dalam Kendaraan

Salah satu bantuan pengendaraan yang paling dinikmati leh seluruh lapisan masyarakat adalah kehadiran Electring Power Streeing (EPS) yang membantu pengendara dalam mengendalikan kemudi. Ketka mobil zaman duu menggunakan power steering hirdolik untuk membuat kemudi lebih ringan, peran sistem tersebut digantikan oleh sebuah motor listrik yang ‘bertugas’ membantu pergerakan kemudi.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

Manfaatnya sangat jelas terlihat. Zaman dahulu, pengemudi truk atau pengendara bus jarak jauh memiliki otot tangan yang kekar dan berotot. Kekuatan otot tersebut jelas terlihat selama mengemudi, apalagi ketika menghadapi perjalanan berliku dan membutuhkan gerakan tangan yang cukup luas untuk membelokkan kemudi.

Berikut penjelasan tentang dasar-dasar sistem kelistrikan dari mobil

Bukan hanya dari segi pengemudian. Hilangnya power steering konvensional yang terhubung dengan belt ke crankshaft menghasilkan beban yang lebih ringan untuk mesin. Hal ini membuat konsumsi bbm menjadi lebih irit dan membuat mobil lebih hemat.

Bantuan Kemudi Tingkat Lanjut

Bukan hanya teknologi yang mudah ditemudi di setiap mobil keluaran terbaru, bantuan kelistrikan tingkat lanjut bisa kita lihat dari teknologi adjustable suspension. Selama beberapa thun belakangan, kehadiran suspensi mobil ini membuat ketinggian mobil bisa diatur dengan mudah sesuai kebutuhan. Suspensi ini biasanya ditawarkan pada SUV Toyota Land Cruiser hingga Audi Allroad.

>>> Baca juga Sistem bantuan kemudi tingkat lanjut pada mobil

Cara kerjanya adalah menggunakan udara sebagai mengganti pegas konvensional untuk mengubah tingkat ketinggian dan kekenyalan suspensi. Dalam teknologi ini, terdapat kompresor yang bertugas mengatur tekanan udara dalam suspensi.

Gambar yang menunjukan bagian mesin mobil yang sedang diteliti dengan menggunakan laptop

Mobil premium memiliki sistem tingkat lanjut untuk membantu pengemudian

Selain itu, mobil premium memiliki fitur yang bisa mengatur ketinggian sorot lampu. Dulu, pengaturan ini dilakukan secara manual dengan menyetal posisi lampu dengan obeng. Berkat fitur ini, fungsi pengaturan sudah otomatis dan diganti dengan motor listrik. Fleksibilitas posisi lampu bisa membuat pengendaraan lebih nyaman.

Selain beberapa fitur di atas, masih banyak komponen listrik dalam mobil yang dimanfaatkan untuk pengemudian. Mulai dari sistem manajemen mesin elektronik, throttle by wire, electronic parking brake, hingga pengaturan jok elektrik. Mengetahui cara kerja dan perawatan kelistrikan mobil bisa membantu Anda dalam merawat mobil Anda secara keselurhan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top