Mengenal Istilah Offset Pada Velg

19/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Mengenal Istilah Offset Pada Velg
Istilah offset pada velg akan menentukan posisi velg ketika terpasang di ruang roda mobil Anda

Setelah mengetahui PCD mobil serta velg yang Anda inginkan, hal kedua yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti velg adalah mementukan offset yang tepat. Tujuannya, agar velg baru dapat terpasang dengan aman serta memiliki estetika yang baik dan tak mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Istilah offset pada velg merupakan indikator yang menandakan posisi velg ketika terpasang pada ruang roda. Setiap mobil memiliki offset yang berbeda sesuai dengan spesifikasi bawaan pabrik.

>>> Ingin Membeli Pelek Bekas? Simak Tipsnya Berikut Ini

Foto offset pada bagian tengah velg

Istilah offset akan menentukan desain bagian tengah velg dan posisinya ketika terpasang di ruang roda

Jika angka offset velg semakin kecil, maka posisi velg semakin menjorok ke arah luar, yang membuat velg akan semakin mendekati bibir fender mobil. Sehingga, perlu diperhatikan dimensi ruang fender agar velg tak bergesekan dengan bibir fender ketika sedang berjalan dan dikhawatirkan bisa mengakibatkan kerusakan pada fender, velg dan ban. Selain itu, gesekan antaran bibir fender dan velg juga akan menghasilkan suara yang cukup mengganggu, sehingga membuat kenyamanan akan berkurang.

>>> Tips Pilih Warna Pelek Sesuai Warna Mobil

Posisi offset velg di fender mobil

Semakin kecil angka offset-nya, maka velg akan semakin keluar fender

Sebaliknya, apabila angka offset pada velg semakin besar, maka posisi velg pun akan semakin masuk ke dalam fender. Hal ini juga beresiko merusak komponen suspensi yang terdapat pada bagian dalam ruang roda, seperti mangkok sokbreker serta dudukannya dan lapisan dalam fender (inner fender) ketika mobil sedang berjalan. 

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Foto velg dengan offset yang tepat

Jika pemilihan offset tepat, maka membuat tampilan velg dan mobil akan semakin optimal

Sehingga, perhitungan tentang offset velg pun perlu diperhatikan kepresisiannya. Misalnya, Untuk MPV seperti Gran Max, Luxio, APV dan Avanza memiliki angka offset 45, maka jika menggunakan velg dengan offset lebih kecil dari 45, seperti 40 misalnya, velg dipastikan akan keluar dari fender. Namun sebaliknya, jika menggunakan offset lebih besar dari bawaan mobil, seperti 50 misalnya, maka velg akan mentok pada dinding bagian dalam fender.

Selain offset, ukuran lebar velg pun harus diperhatikan, agar velg tak dapat bergesekan bibir fender atau komponen suspensi yang berada di dalam fender. Tak hanya itu, penggunaan ban juga akan menentukan apakah velg akan bergesekan dengan bibir fender atau masih tersedia cukup ruang aman. Sehingga, disarankan untuk berkonsultasi dengan workhsop velg, agar velg idaman Anda dapat terpasang pada mobil dengan aman dan berpenampilan lebih keren. 

>>> Kumpulan tips dan trik lainnya 

Share this post:

Berita lain

Jadi Makin Pede Dengan Modifikasi, Ini Harga Ban Dan Velg Mobil Toyota New Fortuner

26/07/2019

Jual beli

8 menit

Kegiatan modifikasi memang cukup digemari oleh masyarakat Tanah Air. Selain memberi tampilan eksterior semakin garang, modifikasi juga dilakukan untuk menambah sensasi berkendara lebih nyaman. Sama halnya seperti Toyota New Fortuner yang punya bodi besar akan terasa lebih maskulin apabila menggunakan ban serta Velg yang besar pula. Berikut harga ban dan Velg mobil Toyota New Fortuner.

Lihat juga

Dipasok INALUM, Toyota Bakal Kurangi Impor Bahan Baku Velg Alloy

18/02/2019

Pasar mobil

Toyota menyepakati penggunaan Aluminium Foundry Alloy untuk bahan baku velg alloy kendaraan Toyota yang diproduksi PT INALUM. Dengan kesepakatan ini, Toyota dipastikan bakal menghemat lebih banyak sebab kuota impor Aluminium Foundry Alloy dari mancanegara bisa dikurangi.

Lihat juga

Ingin Modifikasi Velg? Perhatikan Tips Mengganti Ukuran Ban

Semua komponen pada mobil mempunyai kemampuan maksimal dalam bekerja sesuai fungsinya. Jika dipaksa melampaui batas maka ada konsekuensi yang harus ditanggung. Termasuk ketika Anda memodifikasi velg dan mengganti ukuran ban.

Lihat juga

Perkenalkan HRE3D+, Velg Titanium Pertama di Dunia

Sebagai salah satu penyedia ban untuk performa tinggi, HRE Wheels dan GE Additive mengumumkan perjanjian kemitraan dengan meluncurkan teknologi velg titanium pertama yang dibuat menggunakan teknologi EBM (sejenis percetakan 3D).

Lihat juga

Mau Ganti Pelek Mobil Dengan Model Aftermarket, Ini Yang Wajib Diperhatikan!

24/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Bukan sekadar gayanya yang perlu dituruti saat ingin mengganti pelek mobil dengan model aftermarket, faktor kenyamanan dan kenyamanan berkendara juga harus diperhatikan.

Lihat juga
 
back to top