Mengenal Istilah Offset Pada Velg

19/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Mengenal Istilah Offset Pada Velg
Istilah offset pada velg akan menentukan posisi velg ketika terpasang di ruang roda mobil Anda

Setelah mengetahui PCD mobil serta velg yang Anda inginkan, hal kedua yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti velg adalah mementukan offset yang tepat. Tujuannya, agar velg baru dapat terpasang dengan aman serta memiliki estetika yang baik dan tak mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Istilah offset pada velg merupakan indikator yang menandakan posisi velg ketika terpasang pada ruang roda. Setiap mobil memiliki offset yang berbeda sesuai dengan spesifikasi bawaan pabrik.

>>> Ingin Membeli Pelek Bekas? Simak Tipsnya Berikut Ini

Foto offset pada bagian tengah velg

Istilah offset akan menentukan desain bagian tengah velg dan posisinya ketika terpasang di ruang roda

Jika angka offset velg semakin kecil, maka posisi velg semakin menjorok ke arah luar, yang membuat velg akan semakin mendekati bibir fender mobil. Sehingga, perlu diperhatikan dimensi ruang fender agar velg tak bergesekan dengan bibir fender ketika sedang berjalan dan dikhawatirkan bisa mengakibatkan kerusakan pada fender, velg dan ban. Selain itu, gesekan antaran bibir fender dan velg juga akan menghasilkan suara yang cukup mengganggu, sehingga membuat kenyamanan akan berkurang.

>>> Tips Pilih Warna Pelek Sesuai Warna Mobil

Posisi offset velg di fender mobil

Semakin kecil angka offset-nya, maka velg akan semakin keluar fender

Sebaliknya, apabila angka offset pada velg semakin besar, maka posisi velg pun akan semakin masuk ke dalam fender. Hal ini juga beresiko merusak komponen suspensi yang terdapat pada bagian dalam ruang roda, seperti mangkok sokbreker serta dudukannya dan lapisan dalam fender (inner fender) ketika mobil sedang berjalan. 

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Foto velg dengan offset yang tepat

Jika pemilihan offset tepat, maka membuat tampilan velg dan mobil akan semakin optimal

Sehingga, perhitungan tentang offset velg pun perlu diperhatikan kepresisiannya. Misalnya, Untuk MPV seperti Gran Max, Luxio, APV dan Avanza memiliki angka offset 45, maka jika menggunakan velg dengan offset lebih kecil dari 45, seperti 40 misalnya, velg dipastikan akan keluar dari fender. Namun sebaliknya, jika menggunakan offset lebih besar dari bawaan mobil, seperti 50 misalnya, maka velg akan mentok pada dinding bagian dalam fender.

Selain offset, ukuran lebar velg pun harus diperhatikan, agar velg tak dapat bergesekan bibir fender atau komponen suspensi yang berada di dalam fender. Tak hanya itu, penggunaan ban juga akan menentukan apakah velg akan bergesekan dengan bibir fender atau masih tersedia cukup ruang aman. Sehingga, disarankan untuk berkonsultasi dengan workhsop velg, agar velg idaman Anda dapat terpasang pada mobil dengan aman dan berpenampilan lebih keren. 

>>> Kumpulan tips dan trik lainnya 

 
back to top