Mengenal Fungsi Karpet Mobil, Bukan Sekedar Buat Pemanis Kabin

25/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mengenal Fungsi Karpet Mobil, Bukan Sekedar Buat Pemanis Kabin
Fungsi karpet mobil bukan hanya sebagai pemanis kabin dan alas untuk melindungi lantai dasar mobil Anda, namun juga ada yang lainnya. Yuk ketahui serba serbi tentang karpet mobil.

Selain jok, doortrim, dan plafon, sebuah kabin mobil juga dilengkapi dengan karpet. Karpet mobil inilah yang berfungsi memberikan perlindungan pada bagian lantai dasar interior kendaraan Anda.

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Memanaskan Mobil

Namun ternyata fungsi karpet mobil bukan cuma sebagai alas untuk membuat penampilan kabin kendaraan lebih manis. Berikut ini beberapa fungsi lain dari karpet mobil.

Peredam Kabin

pelapis lantai mobil

Keberadaan karpet bisa meredam suara bising masuk ke kabin

Mungkin Anda tidak sadar, fungsi karpet mobil selain pelapis lantai dasar juga sebagai peredam kabin. Sehingga tak jarang beberapa mobil baru menggunakan karpet dengan bahan lebih tebal. Hal tersebut agar membantu menciptakan peredaman di dalam kabin lebih baik.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Mencegah Kotor

karpet mobil warna hitam

Sebaiknya pilih karpet yang bahannya mudah dibersihkan

Fungsi karpet mobil yang utama sebenarnya adalah mencegah kotoran langsung mengenai lantai dasar mobil. Kotoran dan debu ini biasanya ikut masuk ke kabin mobil melalui telapak alas kaki yang Anda pakai. Untuk itulah sebaiknya gunakan karpet mobil yang mudah untuk dibersihkan.

>>> Tips & trik menarik lainnya baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top