Mengenal Fungsi dan Jenis Filter Kabin Mobil

08/11/2019
Berikut ini kita akan membahas mengenai fungsi dan jenis filter kabin mobil. Komponen yang tugasnya sebagai penyaring agar debu dan kotoran tidak masuk ke sistem AC mobil Anda.

Sesuai namanya, filter kabin lokasinya ada di kabin mobil. Banyak juga yang menyebut filter ini dengan nama filter AC mobil. Namun sayangnya, pada beberapa mobil keluran lawas, keberadaan komponen ini tidak ditemukan.

>>> Gak Usah ke Bengkel, Yuk Bersihkan Filter AC Mobil Sendiri

Lalu apa sebenarnya fungsi dan jenis filter kabin mobil? Nah kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai fungsi dan jenis filter kabin mobil. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda ya...

1. Fungsi Filter Kabin

posisi filter kabin mobil

Umumnya diletakkan di balik laci dasbor

>>> Promo mobil baru selalu ada yang menarik disini

Sejatinya fungsi filter kabin mobil sama dengan filter udara pada mesin mobil. Yaitu untuk menyaring debu atau kotoran agar tidak masuk ke komponen lainnya. Nah untuk filter kabin mobil yaitu mencegah debu serta kotoran tadi agar tidak masuk ke evaporator AC.

Seiring digunakannya mobil tersebut, tentu ada banyak debu atau kotoran yang ikut masuk ke ruang kabin. Jika tidak ada filter, maka kotoran ini ikut masuk dan tersedot oleh evaporator AC. Sehingga evaporator jadi lebih mudah kotor dan menghambat sistem kerja AC mobil tersebut.

2. Jenis Filter Kabin

tipe filter kabin

Ada yang putih dan kehitaman

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Secara umum, ada dua jenis filter kabin mobil. Yaitu filter non woven dan karbon aktif. Jenis filter kabin yang pertama biasanya memiliki warna putih dengan material menggunakan serat fiber. Filter ini paling umum dipakai di mobil-mobil.

Sementara untuk jenis filter kabin mobil karbon aktif biasanya memiliki warna abu-abu kehitaman. Warna gelap ini akibat adanya kandungan zeolite atau karbon aktif yang ditempatkan di kertas filter. Selain menyaring debu dan kotoran, zat tersebut akan membantu menghilangkan bau.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain