Mengenal Fungsi Coating Mobil dan Kisaran Harganya

14/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mengenal Fungsi Coating Mobil dan Kisaran Harganya
Mungkin Anda berminat untuk memproteksi cat mobil dengan teknik coating mobil. Sebenarnya apa manfaat dari coating ini dan berapa kisaran harganya?

Coating mobil saat ini tengah menjadi tren di kalangan pengguna mobil yang berguna memaksimalkan penampilan kendaraan agar tetap kinclong dalam berbagai kondisi. Keuntungan dari proses coating ini ialah membuat bodi mobil Anda memiliki efek hidroponik alias seperti daun talas. 

>>> Mengenal Istilah Laminating Mobil yang Bikin Cat Kinclong Terus

Gambar menunjukan Coating mobil

Proses pembersihan debu

Membuat Cat Mobil Lebih Terlindungi

"Coating mobil membuat cat lebih tahan dari jamur, gores, hingga cuaca hujan. Sewajarnya dengan coating mobil pasti juga membuat cat lebih awet karena fungsi coating itu untuk melindungi. Karena kalau-kalau terjadi masalah yang pertama melindungi cat mobil ialah lapisan coating terlebih dahulu,” kata Andy Hartono sebagai distributor System X Ceramic Protection.

Menurut Andy jika coating untuk mobil sudah dilakukan tidak akan membuat cat mobil berubah warna dan hanya tinggal melakukan proses perawatannya saja. Pelanggan hanya perlu mengikuti maintenance setiap enam bulan sekali untuk menjaga kualitas couting tetap bagus.

"Harusnya orang lebih suka couting karena perawatannya mudah dan ada efek hidroponik alias seperti daun talas jadi mobil lebih gampang dibersihkan, hanya disiram saja kotoran akan turun dan kotoran akan jadi susah nempel ke bodi," tutupnya.

>>> Scuto Indonesia Resmikan Scuto Platinum Store Kelapa Gading, Laminating Kendaraan Berkualitas Premium

Gambar menunjukan Coating mobil 

 Coating mobil tidak sederhana kelihatannya

Coating Mobil Pengaplikasiannya Sangat Sulit

Adapun kelebihan coating mobil lainya yang harus Anda ketahui berguna untuk meminimalisir terbentuknya goresan ataupun baret pada mobil, tampilan eksterior mobil lebih mengkilap jadi terlihat selalu baru, resistensi terhadap barang- barang kimia
mempunyai efek seperti daun talas anti terhadap air, kerak air serta jamur dan juga dapat meminimalisir pudarnya cat mobil akibat cahaya, bertahan sampai tahunan.

Meski punya segudang manfaat coating pada mobil juga memiliki kekurangan bagi Anda yang ingin mencobanya sendiri di rumah karena  pengaplikasiannya yang sangat sulit dan memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi karena coating untuk mobil terdiri dari  tahap-tahap yang berkaitan satu dengan yang lainnya.  Selain itu harus ada peralatan yang lengkap karena saat Anda hendak melakukan coating harus dipastikan mobil dalam keadaan yang benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran yang menempel di body mobil.

Sementara itu untuk harga coating untuk mobil juga tergantung dari banyaknya lapisan coating yang diaplikasikan. Makin banyak lapisan biasanya akan semakin mahal biayanya. Mobil-mobil yang masuk dalam ukuran Small umumnya mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 4.000.000. Untuk mobil Medium harganya Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000. Sementara untuk mobil Big bisa lebih dari Rp 6.000.000.

Tetapi perlu dingat juga harga ini umumnya sudah berikut proses pembersihan bagian interior secara menyeluruh, poles kaca untuk menghilangkan jamur, membersihkan ruang mesin dengan cairan khusus yang aman untuk kabel-kabel, dan pembersihan velg serta ban. Nah bagaimana apakah mobil kesayangan Anda tertarik untuk di coating?

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top