Mengenal Beragam Masalah Pada AC Mobil

19/02/2021

Perawatan dan service

3 menit

Mengenal Beragam Masalah Pada AC Mobil
AC sudah ON tapi tidak terasa dingin, itu pertanda AC mobil sedang bermasalah. Berikut ini beragam masalah pada AC mobil yang membuat fungsinya kurang maksimal.

Keselamatan menjadi hal penting bagi pengendara. Namun bukan hanya itu, kenyamanan juga wajib diperhatikan mengingat kaitannya sangat erat terhadap keselamatan. Untuk semua itu dibutuhkan banyak hal, seperti AC mobil yang membuat suasana kabin menjadi lebih sejuk.

Enaknya mobil-mobil jaman sekarang seluruhnya sudah dibekali fitur AC. Pengendara bisa menghidupkan atau mematikannya sesuai keinginan. Hanya saja perlu diketahui AC mobil bakal berfungsi dan memberikan manfaat maksimal jika kondisinya normal. Jika tidak, Anda justru bisa dibuat tidak nyaman seperti tetap merasa panas, tercium bau tidak sedap, hingga suara berisik di telinga.

Beragam masalah pada AC mobil

Berikut ini beragam masalah pada AC mobil yang perlu dilakukan penanganan, sebagaimana dibagikan spesialis AC Rotary Bintaro.

  • Freon kurang atau habis

AC tidak terasa dingin pertanda freon berkurang atau habis. Penyebabnya bisa beragam, namun lebih kuat disebabkan kebocoran. Perlu diketahui bahwa freon tidak akan habis begitu saja jika tidak ada kebocoran pada sistemnya.

>>> Penanaman 79.000 Pohon di Jalan Tol Bisa Bantu Tingkatkan Keselamatan

Foto pengendara di dalam mobil

AC tidak dingin, pertanda ada masalah

  • Filter tersumbat

Tanda-tanda filter tersumbat yaitu hembusan angin yang lemah, bahkan seperti tidak berhembus. Penyebabnya lebih banyak karena kotoran. Karena pemilik malas melakukan pembersihan sehingga sirkulasi angin menjadi terhambat.

  • Motor extra fan lemah atau mati

Hembusan angin yang lemah bisa juga disebabkan motor extra fan yang lemah atau mati. Jika mati sudah jelas angin tidak berhembus. Jika lemah, angin yang bertiup juga lemah meski di posisi angka besar.

  • Evaporator kotor

Tanda-tanda evaporator kotor terasa dari udara dalam kabin yang tidak dingin. Penyebabnya karena terlalu banyak kotoran yang menghalangi sehingga fungsinya kurang maksimal dalam menyerap udara panas dan menghembuskan udara dingin.

  • Kondensor kotor

Mirip dengan evaporator, kondensor yang kotor terasa dari AC yang tidak dingin meski sudah dihidupkan. Penyebabnya juga sama, paling banyak karena banyaknya kotoran yang menghalangi membuat kemampuannya membuang panas dari mesin AC ke udara kurang maksimal. Kondensor berada di bagian paling depan sebelum radiator, sehingga juga paling depan terpapar kotoran jalan seperti debu, lumpur, dan yang lain.

  • Mengeluarkan bau tidak sedap

Bau tidak sedap pada AC lebih banyak disebabkan oleh bakteri. Mungkin ada sesuatu yang melekat di saluran udara atau di evaporator seperti kotoran atau sisa makanan yang tersedot.

>>> Cintamobil TV: Cara Hilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Foto pengendara menutup hidung karena bau tidak sedap dalam mobil

Ada bau tidak sedap bisa juga karena AC bermasalah

  • Mengeluarkan bunyi

AC memang masih berfungsi menghembuskan udara dingin, namun terdengar bunyi berisik yang mengganggu kenyamanan. Jika ini terjadi penyebabnya mungkin karena kerusakan oli kompresor, atau ada kelonggaran pada komponen dalam AC.

  • Tiupan udara lemah

Selain sebab-sebab di atas, tiupan udara lemah mungkin disebabkan masalah pada blower. Pengaturannya kurang pas karena resistornya bermasalah atau filter AC buntu karena banyak kotoran.

  • Tidak bisa hidup atau mati

Masalah AC tidak bisa hidup bisa disebabkan banyak hal, namun lebih kuat karena tidak ada suplai listrik seperti sekring AC putus atau relay putus. V Belt putus juga membuat AC tidak berfungsi, begitu juga motor cooling fan yang tidak bekerja atau kompresor AC macet total.

Masalah-masalah yang lain pada AC mobil masih banyak, seperti blower tidak menyala, kipas kondensor tidak berfungsi, atau tidak ada angin dari kisi-kisi AC dalam kabin. Jika Anda mengalami masalah-masalah di atas, lebih baik bawa kendaraan ke bengkel resmi atau kunjungi bengkel spesialis AC mobil terpercaya dan terdekat untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Foto bengkel Alex Denso AC Mobil Semarang

Jika AC bermasalah, bawa mobil ke bengkel spesialis AC untuk mendapatkan penanganan terbaik

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top