Mengenal Arti Warna Sekring Mobil

09/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Mengenal Arti Warna Sekring Mobil
Setiap warna sekring mobil yang berbeda-beda ternyata memiliki arti tertentu. Warna ini akan menunjukkan besarnya arus listrik dalam satuan ampere yang bisa ditampung oleh sekring tersebut. Kemampuan inilah yang dapat mencegah terjadinya arus tidak normal di dalam mobil.

Setiap sistem kelistrikan pasti akan dibekali sekring. Baik itu sistem kelistrikan di rumah, perangkat elektronik, hingga kendaraan bermotor termasuk mobil. Dan umumnya sekring mobil berbentuk kecil dengan warna-warni cerah. Ada yang warnanya merah, kuning, hijau, atau biru.

Lalu mengapa ya warna sekring mobil ini dibuat cerah dan beraneka ragam? Apakah sebenarnya ada arti khusus dari warna-warna itu? Ternyata semua jawabannya adalah ya! Karena itulah pada tulisan kali ini Cintamobil.com akan membahas lebih dalam mengenai komponen bermaterial plastik dengan warna-warna ceria itu.

>>> Mengapa Warna Mobil Populer Hanya Berkutat di Putih, Hitam, dan Silver?

Fungsi Sekring Mobil

Fuse Box Sekring Mobil

Sekring akan memutus arus mobil jika terdeteksi ada yang tidak normal

Sama seperti sekring pada kompoenn di rumah, sekring mobil berfungsi akan memutus arus listrik apabila terjadi arus yang tidak normal. Karena kondisi arus listrik pada kendaraan tak selamanya dalam keadaan stabil. Pada saat-saat tertentu, sebuah mobil bisa mengalami kelebihan arus listrik.

Saat kondisi seperti inilah sekring dibutuhkan. Karena nantinya sekring akan memotong arus listrik yang berlebihan tersebut. Karena jika arus listrik yang berlebihan ini tidak diputus, maka berpotensi memercikkan api yang bisa menimbulkan kebakaran.

>>> Modifikasi Sistem Kelistrikan Boleh Saja, Tapi Awas Bisa Berbahaya

Jenis Sekring Mobil

Jenis Sekring Mobil

Yang kini banyak digunakan pada mobil adalah sekring jenis tancap

Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, Selasa (05/01/2021), ternyata sekring mobil memiliki beberapa bentuk berbeda. Berikut beberapa jenis sekring mobil berdasarkan bentuknya:

  • Catridge

Sekring jenis ini memiliki bentuk tabung yang pada bagian ujungnya dilengkapi dengan bahan logam. Bahan dasarnya keramik berwarna transparan. Sementara pada bagian ujung logam terdapat keterangan kode sekring dan kapasitas arusnya.

  • Tabung

Sama-sama berbentuk tabung namun bahannya dari material kaca yang juga terdapat logam pada bagian ujungnya. Di logam itulah akan tertera kapasitas arus yang bisa ditampung dari sekring tersebut.

  • Blade

Sering disebut sekring mobil model tancap. Jenis sekring inilah yang sekarang paling banyak digunakan di mobil-mobil modern. Materialnya dari plastik dan pada bagian ujungnya terdapat logam. Material plastik tersebut berwarna-warni yang menunjukkan kapasitas dari sekring itu.

Arti Warna Sekring Mobil

Sekring Mobil Model Tancap

Setiap warna menunjukkan kapasitas sekring tersebut

>>> Review Mercedes-Benz GLB 250 4MATIC 2020: Tampil memikat dengan desain boxy dan kapasitas 7 penumpang

Lantaran yang saat ini banyak dijumpai adalah sekring jenis blade atau sekring tancap, maka yang kita bahas adlaah warna sekring mobil jenis tersebut. Karena sekring ini menggunakan bahan plastik berwarna warni yang dilengkapi logam, dan setiap warna memiliki arti sendiri sesuai kapasitas dari sekring tersebut.

Berikut arti warna sekring mobil berdasarkan kapasitasnya:

  • Cokelat 7.5 ampere
  • Merah 10 ampere
  • Biru 15 ampere
  • Kuning 20 ampere
  • Putih 25 ampere
  • Hijau 30 ampere
  • Orange 45 ampere

Angka petunjuk kapasitas ampere pada sekring tersebut tertulis di bagain atas sekring. Misalnya 10 menunjukkan 10 ampere, 15 berarti 15 ampere, 20 artinya 20 ampere dan sebagainya.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top