Sering Mencium Bau Ini Pada Mobil? Sebaiknya Jangan Disepelekan

25/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Sering Mencium Bau Ini Pada Mobil? Sebaiknya Jangan Disepelekan
Bau yang tercium pada mobil memang bisa mengidentifikasikan ada yang tak beres. Untuk itu bila Anda mencium bau ini di dalam mobil, jangan disepelekan ya.

Pernahkah Anda mencium bau-bau aneh dari dalam mobil? Jika iya, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Bau pada mobil yang tercium ketika berkendara bisa jadi merupakan tanda bahwa kendaraan Anda sedang dalam masalah. 

Mengetahui kerusakan mobil rupanya memang bisa dilakukan dengan mengidentifikasi bau-bau yang dikeluarkan. Tiap permasalahan, bau pada mobil yang ditimbulkan pun berbeda.

Tapi ada baiknya Anda terlebih dulu memastikan bahwa bau tersebut dikeluarkan dari mobil, bukan sampah tersisa di kabin. Tak jarang ada pemilik mobil yang malas bersih-bersih bekas makanannya dan didiamkan di dalam. Lama-kelamaan tentu menimbulkan bau pada mobil yang tidak sedap. 

Tercium bau pada mobil

Sebaiknya Anda tak menyepelekan bau yang tercium dari mobil

>>> Cintamobil TV: Cara Hilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Nah berikut ini jenis-jenis bau pada mobil yang bisa Anda pahami sebagai acuan dalam mencari kerusakan seperti Cintamobil.com kutip dari Cenex, Kamis (25/6/2020). Dengan begitu, Anda bisa dengan segera membawanya ke bengkel untuk diperbaiki sebelum kerusakan yang lebih parah terjadi. 

1. Bau Telur Busuk

Bila bau yang muncul menyerupai telur busuk, ini mungkin mengindikasikan bahwa katalik converter tak memproses hidrogen sulfida ke sistem pembuangan. Jika bau tersebut tak kunjung hilang, Anda bisa dengan segera membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki. 

>>> Kelebihan Muatan Bisa Bikin Klaim Asuransi Mobil Ditolak

2. Sirup 

Bau menyerupai sirup mungkin saja muncul ketika Anda baru menyalakan mesin. Apabila ini terjadi, mungkin saja coolant yang mengandung ethylene glycol bocor dari radiator, kepala silinder, ataupun intake manifold gasket. Jika baunya semakin menyengat tercium bisa jadi ada permasalahan pada heater core. Untuk lebih jelasnya, mekanik di bengkel bisa melakukan pengecekan. 

3. Kertas Terbakar

Pernahkah Anda mencium bau mirip kertas terbakar saat mengganti gigi? Jika iya mungkin saja kopling terbakar karena selip. Ini memang bisa terjadi apabila bila pengendara menginjak kopling terlalu sering sehingga mengakibatkan friksi atau gesekan yang signifikan. Gesekan tersebut menghasilkan panas yang membuat permukaan kopling terbakar hingga seluruh kopling ikut rusak. 

>>> Ini Akibatnya Kalau Malas Mencuci Mobil secara Rutin

4. Oli Terbakar

Jika Anda mencium bau mirip oli terbakar, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengecek dipstick pada oli. Bau ini mungkin muncul karena oli habis karena mesin overheat. 

Tapi bila saat dicek dipstick masih terdapat oli, maka yang mungkin terjadi adalah oli bocor dan merembes ke mesin atau knalpot. Apa yang harus dilakukan? Anda bisa mengecek oli transmisi, apabila sudah tersisa sedikit maka transmisi terbakar lantaran gigi tar terlumasi dengan baik dan membuatnya panas. Pastikan juga Anda menggunakan oli yang disarankan oleh pabrikan. 

>>> Memilih Desinfektan yang Aman untuk Membersihkan Mobil

5. Pengap dan Lembap

Pernahkah Anda mencium bau lembap dan juga merasa pengap sesaat setelah menyalakan heater ataupun AC pada mobil? Kemungkinan ada jamur yang tumbuh di dalam evaporator AC. Anda bisa mematikan AC dan menyalakan kipas dengan angin tinggi untuk mengeringkannya. 

mencium bau pada mobil

Bila tercium aroma kurang sedap dari mobil bisa langsung dicek ke bengkel

6. Karpet Terbakar

Bau menyerupai karpet terbakar mungkin timbul setelah Anda menggunakan rem secara berlebihan. Artinya pedal rem dalam kondisi overheat alias kepanasan atau Anda lupa untuk melepas rem tangan saat mengendarai mobil. 

Bila Anda mengalaminya, bawa mobil segera ke bengkel agar pedal rem bisa segera diganti. 

Mobil terkadang misterius, namun setidaknya bau-bau ini bisa menjadi petunjuk bahwa ada yang tak beres dengan mobil Anda. 

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top