Mencegah Karat, Lakukan Empat Langkah Ini

14/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mencegah Karat, Lakukan Empat Langkah Ini
Karat mobil merupakan sesuatu yang bisa muncul seiring menuanya umur kendaraan. Namun jangan khawatir, dengan empat langkah ini Anda bisa menahan atau mencegah karat menggerogoti mobil Anda.

Karat menjadi musuh utama material logam, terutama besi. Pasalnya reaksi kimia ini mampu menggerogoti besi yang dihinggapi, hingga tak tersisa. Begitu juga di mobil, karat menjadi bahaya laten yang harus dihindari keberadaannya.

Sasis mobil yang dipenuhi karat

Karat dapat membuat mobil jadi tidak aman dan nyaman saat dikendarai

Sifatnya yang merusak besi, karat yang menempel di bodi tentu dapat mengurangi nilai ekstetika pada kendaraan kesayangan Anda, atau bahkan dapat membuat rangka mobil keropos dan membuat mobil jadi tak layak digunakan.

>>> Empat hal ini dapat memicu karat mobil, apa saja?

Karat memang sesuatu yang tidak bisa dihindari, dan akan datang seiring dengan umur mobil yang semakin menua. Namun, Anda dapat mencegah karat mobil hadir dengan melakukan empat langkah di bawah ini, apa saja?

1. Cuci mobil secara rutin

Ilustrasi mencuci mobil

Mencuci mobil secara rutin dapat mencegah timbulnya kotoran yang memicu karat

Langkah pertama mencegah karat adalah dengan mencucinya secara rutin, jika tidak sempat mencuci sendiri Anda bisa menyambangi tempat cuci mobil. Pastikan tukang cuci membersihkan seluruh area mobil dengan baik dan tidak ada yang terlewat, khususnya bagian kolong.

>>> Pilihan mobil terbaik ada di sini

Selain itu, jangan mencuci di bawah terik matahari yang membuat air cepat menguap dan kotoran masih tertinggal. Jangan juga di bawah pohon karena dapat terkena getah pohon atau kotoran binatang.

Pakai alat yang sesuai, seperti lap kanebo untuk mengelap air dan mengeringkan bodi, serta kain mikrofiber agar bodi mobil kering sempurna. Jangan gunakan air berkualitas buruk karena tidak akan membuat usaha Anda sia-sia, pastikan seluruh bagian mobil kering dan tak ada yang terlewatkan. Lakukan inspeksi bodi untuk menghindari potensi karat, biasanya ditandai dengan titik kecil berwarna merah di permukaan body yang mengelupas saat dikerok.

2. Jangan tunda perbaikan bekas kecelakaan

Body mobil penyok dan baret

Lecet dan penyok juga dapat menimbulkan karat

Seperti dijelaskan di artikel sebelumnya, bekas kecelakaan baik itu berupa lecet ataupun penyok dapat membuka pintu bagi proses oksidasi di permukaan bodi mobil yang kehilangan lapisan pelindung.

Biasanya, pemilik mobil acap kali malas memperbaiki kerusakan bodi mobil saat masih sedikit, alasannya menunggu sampai bekas kecelakaannya sudah banyak. Untuk mencegah karat menggerogoti body mobil, Anda perlu memperbaiki bekas kecelakaan sesegera setelah muncul.

3. Paint protection

Biasanya, bodi mobil sudah memiliki lapisan pelindung di sisi paling luar bodi mobil untuk menjaga bodi mobil dari lecet dan karat. Namun, seiring waktu lapisan tersebut akan terkikis dan memudar, apalagi jika tidak telaten dalam merawat kendaraan.

>>> Tips perawatan mobil lainnya ada di sini

Agar dapat menahan datangnya karat mobil, langkah ketiga yang bisa dilakukan adalah memberikan lapisan pelindung cat alias paint protection aftermarket.

4. Lapisan anti karat

Pintu mobil bagian dalam yang jarang dibersihkan

Bagian balik pintu mobil yang jarang dibersihkan

Saat mobil baru dirakit, biasanya sudah dilengkapi dengan lapisan anti karat dari sananya. Namun, seiring berjalannya waktu, lapisan tersebut pasti akan pudar, khususnya pada bagian-bagian tersembunyi yang sulit dijangkau.

Oleh karena itu, pemberian lapisan anti karat dapat mencegah karat mobil muncul di bagian yang sulit dijangkau seperti dek bawah, kaki-kaki mobil, bagian dalam panel pintu, dan bagian dalam spatbor.

Dengan empat langkah di atas, Anda dapat mencegah karat mobil datang dan membuat mobil Anda tetap aman dan nyaman digunakan. Untuk tips & trik lainnya klik link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

3 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Karat di Mobil

Menghilangkan karat di mobil ternyata bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur rumah Anda. Cara yang perlu dilakukan pun juga sederhana, kami akan berikan tipsnya khusus buat Anda.

Lihat juga

Sering Menggunakan Roof Rack? Simak Tips Merawat Roof Rack Untuk Cegah Karat

Salah satu solusi saat membawa barang berlebihan adalah menggunakan roof rack. Tetapi bila Anda sering menggunakannya, jangan lupa untuk merawat roof rack agar tidak timbul karat. Inilah tips merawat roof rack untuk mencegah karat.

Lihat juga

Inilah Cara Paling Sederhana Namun Efektif Menghilangkan Karat Mobil

Meskipun karat merupakan masalah yang umum terjadi pada kendaraan, termasuk mobil, bukan berarti Anda lantas bisa menyepelekannya. Mengingat bahwa logam merupakan komponen terbesar dari sebuah mobil, keberadaan karat jelas jadi masalah yang wajib diwaspadai dan menghilangkan karat mobil menjadi wajib hukumnya. Apalagi karat bukan hanya bisa mengganggu penampilan saja, tapi bahkan juga merusak fungsi komponen mobil yang “diserang”.

Lihat juga

Hati-hati, Tempat Ini Rawan Karat di Mobil

Rata-rata bahan mobil yang digunakan dalam memproduksi mobil adalah logam atau besi. Ada beberapa tempat yang rawan karat di mobil. Dimana sajakah itu?

Lihat juga