Biar Tetap Mulus, Begini Cara Mencegah Baret pada Mobil

07/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Biar Tetap Mulus, Begini Cara Mencegah Baret pada Mobil
Baret merupakan salah satu hal yang dapat merusak estetika mobil Anda. Untuk itu ada baiknya melakukan hal-hal yang dapat mencegah baret pada mobil berikut.

Selain kerusakan, satu hal yang tak Anda inginkan terjadi pada mobil adalah baret pada catnya. Baret pada mobil memang secara tak langsung mengurangi kecantikan penampilan mobil Anda. 

Tak cuma itu, baret pada mobil juga secara tak langsung menandakan bahwa sang pemilik tak perhatian akan tunggangannya. Padahal timbulnya baret pada mobil bisa dihindari. Di samping berkendara dengan hati-hati, Anda juga bisa melakukan sejumlah tindakan pencegahan. 

Menghilangkan baret pada mobil juga tak murah. Untuk itu, apabila masih bisa dicegah sebaiknya maksimalkanlah. Baret yang timbul pada cat mobil juga mengurangi estetikanya. Selain itu, bila baretnya cukup dalam maka material logam akan terekspos dan berpotensi menimbulkan karat lantaran korosif. 

baret pada mobil

Jangan lupa rajin membersihkan mobil untuk mencegah baret pada mobil muncul

Nah untuk itu, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah baret pada mobil seperti Cintamobil.com kutip dari Car From Japan, Rabu (7/10/2020). 

>>> 5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

1. Hati-hati saat Parkir

Bila memungkinkan carilah tempat parkir yang minim risiko munculnya baret pada cat mobil. Hindari untuk memarkir mobil di tempat-tempat berisiko seperti luar garis, dekat pintu masuk sebuah gedung ataupun pusat perbelanjaan, ataupun di dekat banyak orang berlalu-lalang. 

2. Berkendara secara hati-hati

Berkendara secara hati-hati merupakan kewajiban bagi setiap pengemudi. Selain untuk memastikan keamanan dan keselamatan di jalan, berkendara secara hati-hati juga bisa mencegah baret timbul pada mobil. 

Berkendara hati-hati

Berkendaralah dengan hati-hati

Pastikan Anda menjaga jarak dengan kendaraan di depan dan juga samping saat berkendara. Hindari berkendara di pinggir jalan karena potensi ranting pohon jatuh dan menimbulkan baret pada mobil Anda. 

Pohon dan semak-semak yang berada di pinggir jalan juga tanpa disadari bisa menyebabkan baret muncul. 

>>> Kaca Mobil Anda Baret? Tenang, Perawatannya Tidak Mahal Kok

3. Rajin Cuci Mobil

Cat mobil memiliki lapisan halus yang mengkilap. Lapisan itu sayangnya bisa membuat bentuk pusaran bila Anda tak rajin mencuci mobil. Sebaiknya hindari untuk mencuci mobil secara otomatis karena tanda pusaran itu malah bisa muncul. 

Mencuci mobil

Sebaiknya cuci mobil dengan menggunakan tangan

Cucilah mobil dengan tangan dan tetap harus berhati-hati saat mengelapnya. Hindari untuk menggunakan lap kering karena bisa membuat kotoran menggores cat. 

4. Gunakan Pembersih yang Baik

Jangan asal-asalan menggunakan cairan saat mencuci mobil. Hindari produk yang abrasif dan berpotensi menimbulkan baret pada mobil. Gunakan lap microfiber yang bisa menyerap air lebih cepat tanpa menimbulkan bekas. 

5. Menggunakan Wax

Wax merupakan salah satu cara merawat cat mobil. Tak hanya melindungi cat mobil dari pancaran sinar Ultraviolet namun juga dari kotoran dan debu. 

Dengan wax, setidaknya Anda bisa mengurangi potensi baret timbul pada mobil. 

Itu tadi sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah baret timbul. Bila di rumah maksimalkan juga sarung mobil untuk melindunginya dari kotoran yang berpotensi membuat goresan. 

>>> Cara Cek Cat Mobil Masih Orisinil atau Tidak

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top