Memprediksi Masalah pada Mobil dengan Menganalisa Suara Aneh Pada Mobil

Share this post:
Memprediksi Masalah pada Mobil dengan Menganalisa Suara Aneh Pada Mobil
Terkadang,suara bisa digunakan untuk medeteksi masalah yang ada pada mobil. Menganalisa suara aneh pada mobil merupakan salah satu cara untuk memprediksi gangguan pada mobil anda. Jika ada suara aneh pada mobil bisa mengindikasikan kesalahan pada komponen dalam mobil. Dengarkan mobil anda. Jika anda menemukan suara-suara berikut pada mobil anda, segera periksa mobil anda. Melakukan penanganan lebih dulu bisa mencegah kerusakan yang lebih parah bagi mobil.

gambar sebuah mobil sedan berwarna putih sedang diparkir

Perhatikan suara pada saat mengerem

1. Suara besi yang beradu ketika mengerem

Ketika suara ini terdengar pada mobil anda ketika mengerem, berarti caliper rem atau perangkat keras lainnya rusak, hilang atau dipasang tidak dengan semestinya.

2. Suara mengepak

Menandakan terjadi sesuatu pada bagian kipas atau sabuk terpecah.

3. Suara mengerinding pada transmisi manual ketika mengganti gigi

Bisa jadi menandakan masalah pada kopleng. Dikarenakan kopling yang tidak pas atau sudah terkikis. Bisa jadi mengindikasikan masalah pada transmisi.

sebuah mesin dalam sebuah mobil sedang terbuka

Suara mendesis menandakan kebocoran

4. Suara mendesis di bawah kap

Jika terdengar ketika mesin dimatikan, berarti ada kebocoran pada mobil. Coolant atau oli bisa jadi bocor dan mengenai mesin yang sedang panas atau kondisi mesin yang overheat.

5. Suara mengetuk pada kompartemen mesin

Ada mitos yang mengatakan bahwa ada keuntungan jika menggunakan oktan yang lebih tinggi dari yang ada pada buku panduan. Namun, menggunakan bahan bakar tingkat rendah bisa menghasilkan ketukan pada mesin.

6. Suara dentuman keras

Jika terjadi suara ledakan atau ketuka keras pada knalpot, bisa jadi campuran udara dan bahan bakar terlalu banyak. Hal ini juga berarti konversi katalis tidak bekerja dengan baik.

sebuah mobil sedang berkendara di jalan terlihat dari bawahnya

Perhatikan getaran pada mobil

7. Suara bergetar di bawah mobil

Bisa jadi menandakan sistem pembuangan yang longgar bahkan bantalan rem yang longgar.

8. Suara menjerit ketika berakselerasi

Hal ini mengindikasikan belt mengalami kelonggaran atau slip. Bisa juga karena aksesori seperti pemompa air tidak sejajar.

>>> Mungkin Anda tertarik, Cara Mudah Proses Mengganti Oli yang Bisa Dilakukan di Rumah

9. Suara menjerit ketika mengerem

Banyak hal yang bisa terjadi. Mulai dari kotoran pada rotor, bantalan rem terganggu, atau indikator terjadinya keausan pada bantalan yang mengisyaratkan untuk mengganti bantalan rem baru.

sebuah alat berbentuk lingkaran dalam sebuah mobil sedang beroperasi

Suara pada rem mengindikasikan komponen rem bermasalah

10. Suara goresan ketika mengerem

Jika suara menjerit berubah menjadi suara gesekan, berarti menandakan gesekan antar besi sedang terjadi. Saatnya memberikan perhatian penuh pada bantalan rem anda.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

11. Suara ketukan di kompartemen mesin

Ini adalah masalah yang paling jelas dan paling mudah untuk diperbaiki. Masalahnya adanya mesin sedang kekurangan oli. Cek level oli pada mesin. Jika level oli masih bagus, bisa jadi ada masalah pada tekanan oli di sistem. Bisa juga menandakan adanya penyumbatan akibat kekusutan dalam sistem. Jika bukan masalah oli, kemungkinan pada katup yang perlu disesuaikan.

Mobil bukan makhluk hidup yang bisa memberitahu kita secara langsung masalah yang terjadi. Namun, mobil memberikan kita indikator jika terjadi gangguan pada bagian mobil. Memperhatikan suara aneh pada mobil membuat kita bisa mengetahui lebih dalam tentang mobil kita.

>>> Mari berbagi pengalaman kendaraan berempat roda di sini

Share this post: