Mempersiapkan AC Mobil Sebelum Cuaca Panas Menyerang

Share this post:
Mempersiapkan AC Mobil Sebelum Cuaca Panas Menyerang
Hari-hari yang penuh dengan matahari terik sebentar lagi akan tiba. Dan AC mobil merupakan salah satu penolong ketika cuaca panas. Sekarang bisa jadi merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan AC mobil sebelum cuaca panas datang.

Mempersiapkan AC mobil sebelum cuaca panas merupakan salah satu langkah pencegahan untuk memastikan Anda beserta penumpang memiliki waktu yang nyaman ditengah-tengah udara panas, apalagi ditambah dengan kamacetan yang biasanya terjadi di Indonesia. Tak perlu susah-susah pergi ke bengkel profesional, Anda masih bisa memeriksa kerja AC Anda di rumah.

Mengenal sistem AC pada mobil

Bisa dibilang, sistem AC otomatis pada mobil sangat rumit, termasuk di dalamnya sistem kontrol, garis vakum, dan sistem pendingin. Komponen-komponen ini terselip di bawah panel dasbor dan dihubungkan melalui saluran bertekanan tinggi dan rendah ke kompartemen mesin, kompresor, kondensor dan pengering.

Untuk preferensi menentukan pengunaan AC, maka pemeriksaan menyeluruh dari sistem akan diperlukan untuk mengetahuinya. Dalam kasus apapun, ketika cuaca dan udara panas mulai menyerang, menyalakan AC dan memperhatikan udara dingin yang diberikan merupakan indikasi AC Anda masih bekerja dengan normal.

Gambar yang menunjukan bagian AC mobil pada dasbor

AC sangat berpengaruh, apalagi ketika cuaca panas

Tapi, jika udara yang dikelarkan sejuk, tetapi tidak dingin, atau suhu berfluktuasi secara dramatis dengan rpm mesin, atau udara tidak bertiup pada ventilasi AC. Maka inilah saatnya Anda mulai memeriksa masalah yang sering terjadi pada AC mobil. Beberapa masalah, walaupun berbeda-beda, memiliki hasil yang sama: interior mobil tidak akan sejuk ketika AC dihidupkan.

>>> Baca juga Tips efektif menggunakan AC pada mobil

Pengujian dan pemeriksaan AC

Bagi Anda yang merasakan tanda-tanda AC mulai berfungsi dengan tidak semestinya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya yaitu:

  • Memeriksa apakah selang mengalami kebocoran,
  • Memeriksa apakah filter kondensor dan kabin bebas dari penghalang,
  • Memeriksa kipas kondensor dan kompresor AC,
  • Memeriksa hubungan mesin pemulihan refrigerant dan pembacaan tekanan,
  • Mengevakuasi, mendaur ulang, atau membersihkan refrigerant, dan isi pada level yang sesuai.

Gambar yang menunjukan bagian kondensor mobil di kap mesin

Periksa bagian kodensor dari debu dan penghalang

Karena sistem AC yang rumit, Anda bisa melaporkan ketika menemukan kebocoran. Kebocoran AC bisa sangat sulit ditemukan karena kita mencari gas yang sulit dilihat oleh mata telanjang. Terkadang kebocoran sangat kecil sehingga beberapa teknisi juga kesulitan memprediksinya.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

Bagi AC mobil, kebocoran yang terjadi pada kompartemen mesin lebih mudah ditemukan. Tetapi kebocoran dari evaporator seringkali lebih sulit untu dideteksi karena evaporator biasanya terselip di bagian belakang panel dasbor.

Tapi, jika AC mengalami kegagalan dikarenakan masalah listrik atau kelistrikan yang terbuka/putus atau mengalami korsleting, penanganannya sama dengan masalah elektronik mobil lainnya. Jadi, tidak ada hubungannya dengan sistem maupun AC itu sendiri.

Perhatikan bagaimana cara merawat AC mobil yang benar

Untuk berjaga-jaga ketika mempersiapkan AC mobil sebelum cuaca panas menyerang, pastikan Anda juga meminta teknisi untuk memeriksa atau mengganti filter udara kabin saat perawatan rutin. Selama musim panas, daya tarik tenaga mesin ketika AC sedang bekerja dipastikan mengalami peningkatan. Untuk itu, jangan ragu untuk mempersiapkan penanganan yang tepat sebelum Anda berkendara pada cuaca panas.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top