Memperbaiki Kerusakan Lampu Sein atau Lampu Sinyal di Rumah

Memperbaiki Kerusakan Lampu Sein atau Lampu Sinyal di Rumah
Banyaknya kabel dan komponen listrik yang ada pada sebuah mobil bisa membuat sedikit kesalahan berakibat rusaknya fungsi mesin. Sumber masalah yang umum misalnya lampu, kabel, konektor, flasher dan switch. Untuk masalah lampu sinyal, memperbaiki lampu sein bisa diselesaikan di rumah.

Lampu sein atau lampu sinyal pada mobil bisa dibilang salah satu sistem keamanan yang berfungsi sebagai penanda mobil akan berbelok atau lurus. Anda bisa memperbaiki lampu sein di rumah, setidaknya untuk beberapa masalah di bawah ini.

1. Salah satu lampu sinyal tdak bekerja

Masalah ini merupakan salah satu kesalahan yang paling umum terjadi pada lampu sinyal. Ketika mobil anda mengalami hal ini, hal yang harus anda lakukan adalah memeriksa bohlam lampu sein. Anda bisa mendapatkan akses ke bohlam melalui kompatemen mesin (lampu depan), bagasi (lampu belakang) atau dengan melepas lensa sein itu sendiri. Akses tersebut juga tergantung pada kendaraan anda masing-masing.

gambar yang memperlihatkan filamen lampu sein mobil yang sedang dipegang

Perhatikan filamen ketika salah satu lampu tidak bekerja

Kemungkinan besar, masalah ini terjadi karena tejadi kerusakan pada salah satu filamen yang ada pada lampu sein. Pastikan kedua filamen berada dalam keadaan baik atau tidak terputus dan kaca bohlam tidak meredup. Jika tidak, ganti bohlam dengan tipe dan watt yang sama. Periksa soket bola lampu jika ada korosi atau kerusakan. Jika perlu, periksa ground soket dan sambungan listrik.

2. Satu sisi lampu sinyal tidak hidup

Hal ini berkaitan dengan masalah di atas, tapi kali ini salah satu sisi, kanan atau kiri, tidak bekerja. Anda bisa melihat lampu indikator dashboard menyala terang, tapi lampu sein tidak berkedip. Pertama, periksa bohlam apakah masih berada dalam kondisi yang baik. Lalu, cek bagian soket jika ada korosi atau kerusakan.

Gambar yang memperlihakan soket pada bagian lampu sein mobil

Pastikan koneksi dan bagian soket tidak mengalami kerusakan

Pastikan koneksi ground dan power bekerja dengan benar. Jika semua itu sudah anda periksa dan tidak menemukan apa-apa, periksa bagian saklar yang mengoperasikan sisi sinyal menggunakan uji lampu atau multimeter digital. Hal ini bisa terjadi karena listrik yang terbuka atau kegagalan pada switch.

>>> Baca juga Tips dan trik mengganti lampu depan mobil

3. Lampu flash berkedip terlalu cepat atau terlalu lambat

Perubahan pada tingkat lampu sein tidak umum, namun bisa terjadi. Jika hal ini terjadi, anda mungkin telah menginstal jenis flasher atau bola lampu yang salah untuk model kendaraan anda. Atau salah satu bola lampu anda telah mungkin terbakar habis.

Gambar yang memperlihatkan bagian belakang mobil dengan lampu sinyal hidup

Perhatikan jenis bola lampu yang akan anda pakai

Masalah lain yang bisa saja terjadi adalah:

  • Koneksi power yang buruk
  • Sambungan yang longgar pada sakelar lampu sinyal
  • Jika lampu berkedip lebih lambat, alternator mungkin memiliki kondisi undercharge
  • Jika lampu berkedip lebih cepat, pastikan alternator tidak overcharging baterai

4. Lampu flash tidak berkedip

Jika lampu darurat atau lampu sinyal menyala tapi tidak berkedip, periksa bagian bohlam; ada indikasi bohlam terbakar habis. Ini adalah penyebab paling umum. Jika tidak, bisa jadi unit flasher yang anda miliki buruk atau saklar sinyal yang buruk.

Gambar yang memperlihatkan bagian depan mobil dengan fokus pada lampu sein

Periksa juga bola lampu pada lampu flash

Jika perlu, lakukan pengecekan berikut:

  • Periksa sekering sirkuit
  • Pastikan koneksi sirkuit tidak longgar, berkarat atau tercabut
  • Periksa kabel harness aau terminal untuk bagian belakang sirkuit
  • Periksa hubungan buruk antara saklar sinyal sein dan flasher atau antara flasher dan tombol pengapian
  • Periksa koneksi sisi daya ke saklar lampu sinyal
  • Terakhir, periksa sirkuit lampu yang terbuka atau adanya arus pendek

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

5. Indikator pada dashboard mati tapi lampu sein menyala

Beberapa masalah yang mungkin anda hadapi adalah lampu indikator anda tidak bekerja sama sekali, tapi lapu sein anda bekerja dengan baik. Kemungkinan penyebabnya adalah

  • Lampu indikator yang telah redup
  • Koneksi yang buruk
  • Masalah dengan unit flasher

Gambar yang memperlihatkan lampu indikator lampu sein sebelah kanan hidup

Lampu indikator pada dashboard juga berpengaruh dalam pengemudian

Walaupun beberapa model menggunakan lampu yang terpisah antara bagian kiri dan kanan dari lampu indikator, model lain menggunakan satu lampu untuk kedua sein. Jika panel instrument hanya memiiliki satu lampu indikator, periksa unit flasher.

Beberapa model kendaraan menggabungkan lampu rem, lampu belakang dan lampu sein menjadi satu koneksi. ketika anda memperbaiki lampu sein dan mengganti salah satu lampu, pastikan bohlam terpasang dengan benar. Jika dua lampu indikator panel instrument terpisah tidak berfungsi, namun lampu sinyal di luar bekerja, periksa indikator lampu dan unit flasher.

Berikut beberapa diagnosis lampu sinyal tidak bekerja lainnya

 
back to top