Tips Merawat Bodi Mobil Agar Selalu Kinclong

27/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam merawat bodi mobil agar selalu kinclong. Berikut ini tips merawat bodi mobil agar selalu tampil kinclong seperti baru.

Libur Lebaran telah usai dan saatnya untuk kembali beraktivitas. Meski demikian, sebaiknya mobil kesayangan dibersihkan dan dirawat mengingat sebelumnya memiliki mobilitas yang tinggi supaya memberikan rasa nyaman ketika dipakai kembali. Berikut saran tahapan dari Auto2000 agar bodi mobil bisa kinclong seperti baru. 

>>> Habis Pergi Jauh? Jangan Lupa Periksa 4 Filter Mobil Ini

Gambar menunjukan Cuci mobil

Cuci bodi bagian luar hingga bersih maksimal

1. Cuci Bagian Luar Mobil Hingga Bersih

Pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil, termasuk kolong mobil mengingat saat ini mulai masuk musim hujan dan kotoran menempel di kolong mobil untuk menghindari timbulnya karat sebagai bagian dari cara merawat bodi mobil. Periksa bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

2. Hilangkan Noda yang Membandel

Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda, jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret. Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut. Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

3. Bersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesin

Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih. Gunakan vakum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi. Hindarkan menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan, terutama bagian yang terkait dengan kelistrikan dan cukup gunakan lap basah untuk mengangkat kotoran.

>>> Tips Mudah dan Aman Membeli Mobil Secara Kredit

Gambar menunjukan goresan Bodi mobil

 Periksa kondisi bodi mobil bebas dari baret

5. Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya resik dan berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan merawat bodi mobil ini biasanya dilakukan proses waxing guna memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung untuk menahan paparan sinar matahari. Untuk Anda yang menginginkan hasil poles  maksimal, tidak capek dan mudah. 

6. Periksa Kondisi Bodi Mobil

Kondisi bodi mobil yang bersih tanpa noda membuat Anda bisa melakukan pemeriksaan kondisi bodi mobil dengan mudah dan nyaman. Tandai jika ada panel bodi yang baret atau penyok dan segera bawa ke bengkel Bodi dan Cat.

>>> Toyota Raize TSS Inden Sampai Oktober, Diskon PPnBM Cuma Dapat 25%

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top