Mempengaruhi Kenyamanan dan Handling, Ini Jenis Suspensi Mobil

15/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Mempengaruhi Kenyamanan dan Handling, Ini Jenis Suspensi Mobil
Bertugas menjaga kenyamanan, handling dan kestabilan mobil, suspensi adalah salah satu komponen paling krusial selain mesin. Apa saja jenis dan peruntukannya?

Menghubungkan antara roda dan sasis mobil, suspensi mobil memiliki tugas meredam getaran dan guncangan agar tidak masuk ke dalam kabin. Komponen ini cukup krusial sebab mempengaruhi kenyamanan, handling, dan keamanan mobil.

Karena karakteristik tiap mobil berbeda-beda, suspensi mobil pun hadir dalam berbagai jenis, tipe, dan desain yang menyesuaikan fungsi dan jenis mobil.  Untuk mengetahui lebih dalam, simak jenis suspensi mobil dengan ciri khas beserta peruntukannya di bawah ini.

>>> Bagaimana cara mengganti ukuran velg Toyota Agya-Daihatsu Ayla tanpa modifikasi suspensi?

Torsion Beam

Suspensi mobil jenis Torsion Beam

Konfigurasi suspensi torsion beam

Jenis suspensi mobil ini dikategorikan sebagai suspensi semi-independen, dan banyak dipakai mobil kompak berpenggerak roda depan. Salah satu alasannya tentu karena simplisitas suspensi ini, dan juga bobot ringan.

Selain itu, suspensi Torsion beam juga dikenal cukup empuk dan punya harga yang bisa dibilang murah. Namun, pengaturan cambernya cukup terbatas. Jenis suspensi ini mampu memadukan pengendalian yang baik dan juga kenyamanan, oleh sebab itu torsion beam banyak digunakan pada mobil-mobil kekinian seperti Toyota Corolla Cross, Mitsubishi Eclipse Cross, Honda All New Brio, dan sebagainya.

Spring leaf

Suspensi model Leaf Spring, atau yang terkenal dengan per daun

Suspensi model per daun sangat cocok digunakan untuk mobil komersil seperti truk

Lebih dikenal dengan sebutan per daun, suspensi mobil jenis ini biasanya dipakai mobil komersil seperti truk, konstruksinya terdiri dari gabungan dari beberapa batangan besi yang cukup lentur dengan susunan yang menumpuk.

Kelebihan dari suspensi model ini dari konstruksi yang cukup sederhana sehingga memudahkan setupnya. Selain itu, per daun juga terkenal kokoh serta bisa menahan beban yang cukup berat serta menyalurkan beban secara merata.

Kekurangannya, jenis suspensi mobil satu ini terkenal kurang nyaman saat berkendara. Oleh karena itu, suspensi satu ini lebih sering diterapkan ke mobil komersial yang memang lebih fokus ke daya angkut ketimbang kenyamanan. Meski demikian ada juga mobil penumpang yang pakai suspensi ini, contohnya Nissan Evalia.

MacPherson Strut

Suspensi mobil jenis MacPherson Strut

Model suspensi ini cukup populer di Indonesia

Suspensi mobil ini cukup populer digunakan oleh mobil-mobil yang ada di Indonesia. Dimensi kompak, biaya murah, serta kinerja suspensi yang baik jadi alasan utama kenapa model satu ini sangat populer.

Namun sayangnya, ketika posisi gerak vertikal bisa mengubah posisi camber saat mobil berkendara sehingga bisa menimbulkan resiko body roll, getaran hingga ke rangka, dan lainnya.

Selain itu, suspensi MacPherson juga memiliki karakteristik berbelok tanpa mengubah sudut kemiringan ban. Alhasil, grip yang didapat ban jadi tak optimal yang mempengaruhi handling.

>>> Mitsubishi Xpander memakai suspensi yang sama seperti Evo X, kok bisa?

Multi link 

Suspensi mobil jenis Multi link

Biasanya, suspensi jenis ini dipakai di bagian belakang

Jenis suspensi mobil satu ini menggunakan beberapa arm membujur dan arm lateral yang beraksi saat menyesuaikan panjang, renggang , serta tekanan yang diterima suspensi. Dengan konstruksi seperti ini, suspensi multi link punya fleksibilitas yang sangat baik dan dapat menyesuaikan sudut posisi roda dengan jalanan. 

Alhasil, suspensi terasa empuk dalam meredam guncangan dan handling mobil lebih baik. Namun, suspensi ini bisa dibilang cukup rumit dan jika ada perbaikan Anda harus keluar kocek cukup mahal. Umumnya, suspensi jenis ini dipakai di belakang dengan model double-wishbone di depan.

Double wishbone

Suspensi mobil jenis double wishbone

Jenis suspensi mobil terbaik saat ini, banyak diaplikasikan di mobil balap

Dari kelima jenis suspensi mobil yang kita bahas, double wishbone bisa dibilang yang paling baik. Ini karena suspensi model ini dapat meredam tekanan dengan sangat baik.

Selain itu, konfigurasi suspensi juga dapat menjaga posisi roda sehingga bisa tetap tegak lurus dengan permukaan jalan. Selain itu, kemudahan kontrol camber juga lebih ideal sehingga handling mobil lebih mumpuni.

Jenis suspensi ini biasanya agak keras meskipun membuat mobil memiliki pengendalian yang memukau. Suspensi ini juga dipakai di berbagai mobil performa dan mobil balap, termasuk Formula 1. Namun, suspensi model ini butuh ruangan besar serta harga yang cukup mahal.

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Muncul Bunyi ‘Gluduk’ dari Suspensi Mobil? Cek Karet Support Sokbreker Anda

26/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Lantaran fungsinya sebagai peredam antara dudukan suspensi dan sokbreker, membuat karet support sokbreker pun rentan aus. Simak penanganannya berikut ini.

Lihat juga

5 Kerusakan Suspensi Mobil yang Sering Terjadi Serta Penyebabnya

07/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ada setidaknya lima kerusakan suspensi mobil yang sering dialami para pemilik kendaraan beroda empat tersebut. Penyebabnya pun beragam, namun rata-rata akibat kesalahan pengemudi mobil itu sendiri.

Lihat juga

Jenis Suspensi Mobil di Indonesia, Apa Saja Bedanya?

12/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Meredam getaran dan guncangan saat mobil melewati jalan yang tidak rata, suspensi mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan pengendalian mobil dalam berkendara.

Lihat juga

Suspensi Belakang Calya-Sigra Sudah Tak Amblas, Tapi Ini Konsekuensinya

18/09/2019

Mobil baru

3 menit

Keluhan umum pemilik Calya-Sigra karena suspensi belakang amblas saat mobil muatan penuh sudah tidak ada lagi. Namun, ada konsekuensi lain yang harus ditanggung pengendara meski tak terlalu signifikan.

Lihat juga

Bunyi-bunyi Aneh Ini Pertanda Ada Kerusakan Suspensi Mobil

16/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Memiliki tugas berat, suspensi mobil juga punya usia pakai. Menariknya, ketika terjadi kerusakan suspensi mobil maka muncul bunyi-bunyian aneh.

Lihat juga