Memilih Bengkel Mobil Terdekat Disaat Darurat, Pertimbangkan Hal Ini

15/08/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Memilih Bengkel Mobil Terdekat Disaat Darurat, Pertimbangkan Hal Ini
Saat membutuhkan jasa bengkel mobil terdekat, Anda juga tetap harus tiliti dalam memilih. Pasalnya, di luar sana masih cukup banyak bengkel-bengkel "nakal".

Ketika memiliki mobil, tentunya Anda juga wajib melakukan perawatan berkala. Perawatan ini bukan cuma menjaga kebersihan eksterior dan interior mobil, namun memastikan pula semua sistem komponen mobil tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Sehingga apabila sudah waktunya untuk dilakukan penggantian sebuah komponen pada mobil tersebut, seperti oli, ban, lampu-lampu, atau oderdil yang lainnya, maka bisa Anda kerjakan sendiri di rumah atau meminta bantuan dari montir langganan Anda. Semuanya demi memastikan mobil selalu dalam keadaan prima.

Tapi bagaimana jika suatu saat mobil Anda membutuhkan perbaikan, namun montir langganan atau bengkel resmi sedang libur atau posisinya terlalu jauh dari lokasi Anda saat itu? Alternatif lainnya adalah memilih bengkel mobil terdekat atau bengkel mobil 24 jam. Tapi jangan sembarang pilih bengkel service mobil terdekat ya... Perlu juga mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebagai saran dari Cintamobil.com agar mobil kesayangan Anda bisa ditangani dengan maksimal.

Bengkel Mobil 24 Jam Layakkah Dipertimbangkan?

Saat bengkel atau montir langganan sedang berhalangan atau tak mungkin datang ke lokasi Anda saat itu, tetapi mobil sudah mendesak untuk segera diperbaiki demi untuk melanjutkan perjalanan, sering kali timbul niat untuk membawa mobil ke bengkel 24 jam. Biasanya bengkel mobil terdekat yang beroperasi 24 jam sehari 7 hari seminggu juga menjadi bengkel mobil panggilan tedekat dari lokasi saat itu.

Namun layakkah bengkel mobil 24 jam seperti ini dijadikan pilihan? Tentu Anda wajib memperhatikan beberapa faktor berikut ini:

1. Pastikan Reputasinya Baik

Montir servis mobil

Cari tahu lebih dulu mengenai reputasi bengkel tersebut berdasarkan testimoni konsumennya

Sebelum membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel tersebut, sebaiknya pastikan dulu reputasi dari bengkel itu cukup baik. Caranya bisa dengan melakukan pencarian di media online mengenai kinerja bengkel tersebut. Jika itu adalah bengkel mobil yang kerap mendapat komentar positif dari para pelanggannya, maka jangan ragu untuk mempercayakan perbaikan mobil Anda.

2. Lakukan Survei Terlebih Dulu

fasilitas bengkel mobil

Jangan sungkan untuk survei dulu sebelum membawa mobil Anda ke bengkel

Meskipun dalam keadaan mendesak, jangan ragu untuk melakukan survei terlebih dulu ke bengkel mobil terdekat dari lokasi Anda saat itu. Hal ini guna mengetahui lokasi dan suasana bengkel mobil terdekat dari sini. Karena dengan survei langsung, Anda bisa melihat dan mengetahui bagaimana cara kerja para mekaniknya, kelengkapan peralatan yang ada, sampai mendiskusikan masalah biaya perbaikan untuk setiap jenis kerusakan. Hindari jika ternyata bengkel lokasinya terlihat mustahil untuk membawa mobil ke tempat tersebut. Atau bengkel tidak terlihat aktifitas perbaikan mobil lain, tidak dapat memperlihatkan peralatan yang memadai bahkan mematok harga servis yang kelewat mahal.

>>> Tips Memilih Bengkel Service Mobil Terdekat yang Bagus

3. Menggunakan Suku Cadang Asli

Mekanik perbaikan mobil

Pastikan bengkel dan mekanik menggunakan suku cadang asli

Penting pula untuk memastikan sebuah bengkel menggunakan suku cadang asli saat melakukan penggantian part yang rusak. Kalau Anda tidak yakin, diskusikan dengan pihak bengkel, apakah Anda boleh membeli sendiri suku cadang yang dibutuhkan ke bengkel onderdil mobil terdekat. Karena bengkel yang baik biasanya akan memperbolehkan konsumennya membawa sendiri suku cadang mobil mereka yang memang diperlukan untuk diganti. Nantinya pihak bengkel hanya akan menyediakan jasa pemasangan komponen tersebut.

>>> Waspada Aksi Bengkel Nakal, Ini Trik Tidak Tertipu Beli Sparepart Mobil​​​​​​​

4. Tanyakan Soal Garansi

Pemeriksaan bengkel mobil

Bengkel yang bagus pasti akan memberikan garansi pengerjaan perbaikan

Jangan sungkan juga untuk menanyakan garansi pengerjaan perbaikan yang dilakukan dari bengkel mobil terdekat tersebut. Bengkel yang baik pastinya akan memberikan garansi untuk setiap pengerjaan perbaikan yang dilakukan oleh pihak bengkel. Apabila dalam periode garansi terjadi kerusakan di komponen yang sama, maka konsumen berhak melakukan klaim untuk dilakukan perbaikan ulang tanpa dipungut biaya.

Manfaatkan Bengkel Mobil Online Terdekat

Aplikasi bengkel online

Saat ini banyak sekali aplikasi bengkel mobil online

Apabila kebutuhan untuk perbaikan mobil memang amat mendesak, misalnya mobil mengalami mogok di jalan dan tidak memungkinkan untuk mobil dikemudikan smapai bengkel mobil terdekat, maka Anda bisa manfaatkan jasa bengkel mobil online terdekat. Untuk cara ini Anda dapat memanfaatkan beberapa fasilitas aplikasi mobile bengkel mobil yang sudah banyak tersedia. Nantinya dari aplikasi itu akan diketahui dimana jaringan bengkel terdekat agar teknisi bengkel mereka bisa datang demi menangani kerusakan mobil Anda.

Aplikasi mobile ini sudah banyak diterpakan pada bengkel-bengkel remsi dari pabrikan mobil (APM/Agen Pemegang Merk). Ada juga bengkel-bengkel besar yang sudah mempunya jaringan di banyak daerah. Menariknya, aplikasi bengkel online ini sekarang juga bisa untuk berbagai kebutuhan perbaikan mobil. Mulai dari sebagai bengkel oli mobil terdekat untuk penggantian oli mesin dan transmisi, bengkel lampu mobil terdekat untuk servis lampu-lampu, sampai bengkel panggilan untuk pekerjaan berat seperti perbaikan gearbox.

>>> Tips Memilih Bengkel Online Ketika Malas Pergi ke Bengkel​​​​​​​

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Trik Memilih Bengkel Mobil yang Bagus Selain BeRes

15/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat memilih bengkel mobil yang bagus non BeRes, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Supaya jangan sampai niatnya agar lebih hemat malah jadi harus melakukan perbaikan berkali-kali.

Lihat juga

Perbedaan Memilih Bengkel Rekanan Asuransi dan Non Rekanan Asuransi

17/04/2018

Jual beli

Langkah pertama yang dilakukan ketika klaim asuransi diterima adalah membawa kendaraan ke bengkel untuk perbaikan. Tersedia dua pilihan, menuju bengkel yang Anda percayai atau memilih bengkel rekanan asuransi yang direkomendasikan oleh penyedia asuransi.

Lihat juga

Masa Garansi Habis, Perawatan di Bengkel Resmi Atau Umum?

Bila Anda berencana membeli mobil bekas berusia lebih dari 5 tahun maka perawatan menjadi wajib hukumnya agar kondisi tetap prima. Namun mengingat masa garansi habis, lebih baik perawatan di bengkel resmi atau umum?

Lihat juga

Ingin Cat Ulang Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bengkel Cat?

05/07/2019

Perawatan dan service

6 menit

Agar hasil pengecatan ulang mobil sesuai dengan harapan, kita tak bisa asal dalam memilih bengkel cat mobil. Faktor apa saja yang harus diperhatikan sebelum mempercayakan proses repaint mobil di bengkel cat?

Lihat juga

Tips Mengenali Ciri Mekanik Bengkel yang Curang

26/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Penting untuk mengetahui ciri mekanik bengkel yang curang. Hal ini untuk menghindari mobil Anda malah jadi semakin rusak setelah ditangani montir di bengkel tersebut.

Lihat juga
 
back to top