Membersihkan Kabin Mobil dengan Teknik Fogging

27/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Membersihkan Kabin Mobil dengan Teknik Fogging
Membersihkan kabin mobil dengan teknik fogging diyakini mampu hilangkan debu, jamur, bakteri, dan virus. Lalu apa yang harus diperhatikan dari teknik ini?

Astra Peugeot sangat peduli mengenai kebersihan kendaraan konsumennya. Tidak terkecuali lingkungan kendaraan. Masa pandemi Covid-19 ini, sejalan dengan protokol kesehatan, kebersihan mobil menjadi salah satu prioritas utama. Perawatan car care persembahan Astra Peugeot tetap mengkampanyekan hal ini.

>>> Tips Mendapatkan Audio Mobil Terbaik

Gambar menunjukan Fogging mobil

AC harus terus menyala dan pintu serta jendela tertutup rapat selama proses fogging

Perawatan Mobil dengan Fogging 

Salah satu langkah perawatan membersihkan kabin mobil yakni dengan teknik fogging atau pengasapan. Bengkel resmi Astra Peugeot menerima layanan car care ini. Untuk layanan fogging, tidak terbatas untuk Peugeot saja; kendaraan dari brand lain juga dapat memanfaatkan layanan pengasapan kabin yang disediakan Astra Peugeot.

Proses fogging atau pengasapan ini diklaim efektif membunuh kuman, bakteri, serta mencegah timbulnya jamur. Sehingga pasca-fogging, kabin akan menjadi lebih segar dan higienis sehingga membuat kenyamanan dan kebersihan dalam berkendara.

“Prosesnya pun tidak lama tidak lebih dari 10 menit pengasapan. Layanan fogging untuk terbuka untuk segala jenis kendaraan dan brand. Kabin segar dan faktor kesehatan menjadi daya tarik layanan ini.” tukas Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot BSD, Serpong, Tangerang dalam keterangan resminya.

Fogging yang dilakukan menggunakan alat, prosesnya memanfaatkan sirkulasi AC mobil. Material cairan disifektan dan aroma diembuskan melalu sirkulasi AC mobil. Hembusan kipas (fan) diatur pada posisi paling kencang dan indicator AC off. Sehingga embusan asap memenuhi setiap ruang dan sudut di dalam kabin.

Selama proses fogging, semua pintu mobil ditutup beberapa  menit hingga pengasapan memenuhi kabin. Selain cairan disinfektan, aroma parfum bisa disesuaikan untuk memaksimalkan funsi dari layanan fogging ini.

Alhasil dengan membersihkan kabin mobil membuat interior jadi segar. Sebagai informasi, layanan fogging Astra Peugeot sedang promo, dibanderol Rp 150 ribu/servis.  Layanan fogging tersedia di bengkel resmi Astra Peugeot di Tanah Air yang berada di wilayah Jakarta, Tangerang, Solo, dan Surabaya.

>>> Duduk di Kabin Rolls-Royce Ghost Bisa Bikin Mual

Gambar menunukan Fogging mobil

Teknik fogging efektif menghilangkan bakteri dan virus

Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Agar bisa mencegah virus dan bakteri masuk ke kabin mobil dengan teknik fogging, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Pastikan interior mobil lebih dulu dibersihkan, supaya kotoran tidak ikut terangkat dan tersebar selama proses fogging," seperti dilansir dari laman AC Rotary Bintaro.

Selain itu, saat proses membersihkan kabin mobil dengan fogging mesin kendaraan harus tetap hidup dan AC juga dihidupkan dengan setting blower AC pada putaran paling kencang. Ini dimaksudkan agar perputaran uap fogging bisa berlangsung baik hingga ke seluruh kabin. Jangan lupa juga untuk menutup rapat semua pintu dan jendela mobil.

Fogging juga selain membunuh kuman bahkan bisa mencegah virus corona bersarang di kabin mobil, ternyata dapat pula digunakan dalam membersihkan evaporator AC. Sehingga setelah fogging, hembusan udara dari AC bisa terasa lebih dingin akibat evaporator bekerja dengan baik. Untuk perawatan kabin mobil yang telah di fogging, sebaiknya lakukan fogging ulang tiap 3 pekan atau sebulan sekali.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

JLR Perkenalkan Kabin Dengan Teknologi Active Noise Cancellation

13/10/2020

Pengemudian

3 menit

JLR memperkenalkan teknologi Active Noise Cancellation di line-up terbarunya. Klaimnya, konsep ini dapat mengurangi kebisingan dalam kabin sebesar 10 dB.

Lihat juga

Penyebab Bau Asap Knalpot di Kabin Mobil dan Cara Mengatasinya

01/10/2020

Perawatan dan service

2 menit

Pernahkan Anda mencium bau asap knalpot di kabin mobil ketika sedang berkendara? Agar tak terulang lagi, simak apa saja penyebab dan cara mengatasinya.

Lihat juga

Alasan Para Ibu Lebih Butuh Mobil Dengan Kabin Lega

28/09/2020

Jual beli

3 menit

Dari sekian banyak pilihan mobil di pasaran, mobil dengan kabin lega lebih disukai dan dibutuhkan para ibu dibanding mobil dengan kabin sempit atau pas-pasan.

Lihat juga

Hyundai IONIQ Concept Cabin, Konsep Kabin Mobil Layaknya Rumah

25/09/2020

Mobil baru

3 menit

Interior salah satu hal penting dari sebuah mobil. Melalui Hyundai IONIQ Concept Cabin kita diperlihatkan definisi dari kabin mobil seharunya dibuat.

Lihat juga

Mobil Jarang DipakaiI? Ini Cara Menghilangkan Bau Apek di Dalam Kabin

17/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Bau apek dalam kabin adalah salah satu masalah klasik yang terjadi ketika mobil jarang digunakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan beberapa metode, apa saja?

Lihat juga
 
back to top