Memasuki Musim Penghujan, Optimalkan Fitur Defogger

 Memasuki Musim Penghujan, Optimalkan Fitur Defogger
Jelang akhir tahun, cuaca di beberapa kota Indonesia memasuki musim penghujan. Untuk Anda yang sehari-hari berkendara, fitur defogger bisa dioptimalkan.

Datangnya musim hujan mengakibatkan keamanan dalam berkendara berkurang. Selain air yang menggenang atau banjir, visibilitas juga bisa berkurang. Tidak hanya karena intensitas air hujan semakin tinggi, tapi perbedaan suhu yang mencolok antara kabin dan udara luas membuat kaca cepat berembun. Terutama pada kaca belakang yang lebih cepat berembun.

>>> Baca juga: Kenapa Lampu Mobil Berembun?

Jangan pernah anggap embun pada kaca sebagai hal kecil, karena dengan berembunnya kaca belakang maka visibilitas sangat terbatas. Ini berbahaya saat Anda mengemudi di malam hari atau saat parkir. Ketika ada mobil mendekat secara frontal dari belakang, seharusnya bisa menghindarinya tapi karena berembun membuat Anda menjadi korban kecelakaan. Atau ketika parkir dan kaca berembun membuat bumper mobil menabrak pembatas.

Embun bisa menganggu visibilitas

Perbedaan suhu yang signifikan antara kabin mobil dengan suhu diluar mobil membuat embun muncul dan menganggu visibilitas

Disinilah fitur defogger sangat penting. Umumnya tombol defogger mempunyai simbol pemanas dan terletak di dasbor. Cukup menekan tombol defogger, maka embun pada kaca belakang hilang seperti menguap. Prinsip kerja defogger pun pada dasarnya adalah kumpulan pemanas yang melekat pada kaca. Ini membuat embun yang melekat pada kaca akan menguap. Jadi cara kerja defogger bukan mengeringkan air hujan.

>>> Mungkin Anda tertarik: Agar Visibilitas Tidak Terganggu, Inilah Tips Menjaga Kondisi Kaca Dari Baret

Setelah kaca sudah bersih dari embun, jangan lupa untuk mematikan fitur defogger. Mungkin Anda berpikir tidak akan ada masalah besar ketika defogger terus dalam keadaan aktif. Panas yang dihasilkan memang sangat kecil dan tidak membuat orang tersetrum saat menyentuhnya. Pabrikan tentu sudah memperhitungkan agar panas dari defogger tidak membuat kaca pecah belakang dan terlalu panas.

Matikan bila embun sudah hilang

Jangan biarkan fitur defogger terlalu lama aktif karena bisa membuat aki cepat soak

>>> Temukan tips dan trik perawatan mobil lainnya disini

Tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa ketika defogger selalu dalam keadaan aktif dalam waktu lama bisa membuat aki soak. Memang pada mobil-mobil mewah ada pengatur waktu yang secara otomatis akan mematikan defogger. Ada yang 15 menit hingga 20 menit akan mati secara otomatis. Tidak hanya pengatur waktu, mobil premium juga ada yang menyematkan pemanas defogger pada kaca spionnya. Sehingga pengemudi tidak akan terganggu dengan embun yang timbul pada kaca spion.

Adapun pemanas pada defogger umumnya terletak pada sisi kaca belakang bagian dalam. Nah, untuk menjaga agar elemen pemanas dari defogger tidak rusak, hindari membersihkan kaca belakang bagian dalam menggunakan peralatan pembersih yang kasar atau tajam dan hindari cairan pembersih yang terlaku keras serta bersifat abrasif.

>>> Baca juga, tips dan trik mobil lainnya disini

 
back to top