Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Cara Merawat Wiper Agar Panjang Umur

03/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Cara Merawat Wiper Agar Panjang Umur
Musim hujan seperti saat ini tentunya wiper mobil memiliki peran yang cukup penting dalam berkendara. Maka dari itu simak tips di bawah ini cara merawat wiper.

Saat ini kita sudah memasuki musim hujan maka dari itu peranti wiper mobil penting sekali untuk Anda perhatikan.Terutama saat cuaca seperti ini, hujan panas tak terduga. Anda membutuhkan wiper untuk menyapu bagian kaca depan, tak hanya saat hujan, tapi juga membersihkan kotoran debu atapun minyak yang menempel di kaca. 

Karena kaca bening itu sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan, kondisi wiper juga mesti prima. Agar hasil maksimal, maka Anda bisa menerapkan resep perawatan untuk wiper melalui lima jurus ini. Dilansir laman Hyundai Indonesia simak tips merawat wiper di bawah ini.

Gambar menunjukan Karet wiper

Perhatikan karet wiper mobil Anda jangan sampai getas

>>> Tips Mempersiapkan Kendaraan Sebelum Masuk Musim Hujan

1. Karet 

Bagian pertama yang harus diperhatikan adalah karet wiper mobil. Ini adalah bagian yang memiliki peranan penting untuk menyapu air hujan ataupun kotoran yang ada di kaca depan. Karena jika karet sudah mulai getas alias keras, maka bisa dipastikan bahwa daya sapuh dari wiper tersebut tidak akan normal. Nah jadi coba Anda cek dulu karet wiper mobil Anda, kalau sudah keras atau getas, maka Anda diwajibkan untuk mengganti peranti tersebut.

2. Jangan Dilap

Dalam melakukan merawat wiper mobil, rupanya ada sebuah rahasia yang belum diketahui oleh masyarakat. Jika Anda membersihkan karet wiper ini sendiri, maka jangan pernah mengelap bagian pinggir karet. Karena di bagian tersebut terdapat lapisan kimia yang berfungsi untuk menyapu kotoran dari kaca depan. 

3. Cairan Khusus 

Selanjutnya adalah saat membersihkan wiper, Anda bisa menggunakan cairan khusus, wiper fluid, agar hasil yang didapat lebih maksimal. Kurangi pemakaian air biasa dalam memberishkan karet wiper agar karet tidak mudah rusak. Oya, saat membeli cairan pembersih khusus untuk merawat wiper, jangan lupa untuk baca panduan penggunaannya. Ini penting, agar takarannya benar-benar pas. 

>>> Tips Membersihkan Kabin Mobil Sendiri di Rumah

Gambar menunjukan Membersihkan wiper

Jangan lupa bersihkan wiper dari debu

4. Pelumas Poros 

Jangan lupa semprotkan pelumas khusus pada bagian poros wiper. Ini berguna untuk menjaga kelancaran kerja wiper itu sendiri. Bisa menggunakan spray seperti WD Cleaner.

5. Bersihkan 2 Kali Seminggu

Anda bisa menggunakan sampo mobil untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di bilah wiper. Setelah bersih wiper bisa menyapu air secara baik dan terhindar dari baret di kaca saat wiper diaktifkan. Tetapi Anda juga harus hati-hati saat membilas bagian karetnya, sebab pada permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung serta pelembab. Cara mencucinya cukup siram dengan air bersih saja dan jangan lap permukaan karetnya. Biarkan air mengering sendiri dengan menegakkan wiper setelah dicuci.

6. Cek Secara Berkala

Lakukan pengecekan kondisi secara berkala untuk merawat wiper, ketika wiper mobil Anda diaktifkan dan mengeluarkan suara berdecit atau bahkan karet Anda terlihat getas, mungkin sudah saatnya Anda menggantinya dengan yang baru. Biasanya karet wiper diganti setiap setahun sekali, tergantung pada pemakaian.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top