Memahami Suspensi pada Mobil Anda

07/02/2018
Biasanya, ketika kita memikirkan apa yang membuat mobil bekerja, kita mengalihkan perhatian kita ke mesin pembakaran dalam. Namun, mekanik akan mengatakan kepada anda bahwa suspensi pada mobil anda dalam banyak hal sama pentingnya. Tanpanya, anda tidak akan dapat mengendalikan mobil anda saat melaju.

Bahkan jalan yang rata pun memiliki gundukan yang berinteraksi dengan roda mobil anda di permukaan. Mesin membuat mobil anda bergerak mundur dan ke depan, gundukan di jalan menyebabkan roda bergerak ke atas dan ke bawah. Jika bukan karena suspensi, semua energi vertikal itu akan dipindahkan ke sasis kendaraan anda, mengakibatkan roda kehilangan kontak dengan jalan sama sekali.

Gambar yang memperlihatkan bagian suspensi pada mobil

Bagian suspensi pada mobil

Gravitasi kemudian akan menarik mobil kembali ke bawah, menghempaskan mobil anda kembali turun ke bumi - tidak baik untuk kesehatan kendaraan anda. Suspensi pada mobil anda menyerap semua energi vertikal itu, memungkinkan sasis mobil Anda tetap tidak terganggu sementara roda memantul di jalan yang tidak rata.

1. Bagian suspensi mobil

Bagian suspensi mobil terletak di sasis bagian bawah kendaraan anda yang berisi banyak sistem penting, termasuk sistem kemudi. Dua bagian penting dari suspensi meliputi:

  • Spring (Pegas): Paling sering coil springs, yang akan menekan dan membesarkan daya untuk menyerap energi vertikal saat anda mengemudi. Namun, sementara pegas (spring) melakukan pekerjaan yang hebat dalam menyerap energi, mereka tidak begitu efektif dalam menghilangkannya. Tanpa alat peredam, energi dari benjolan itu akan menyebabkan pegas (spring) terus terpental, membuat perjalanan menjadi sangat bergelombang.

Gabar yang menunjukan pegas yang terdapat pada mobil

Contoh spring (pegas) di dalam mobil

  • Peredam getaran: Ini diperlukan untuk mengendalikan energi vertikal yang diserap oleh pegas (spring). Peredam geteran mengurangi besarnya benjolan dengan mengubah energi kinetik suspensi menjadi panas yang bisa dilepaskan melalui cairan hidrolik.

>>> Baca juga Memeriksa getaran tidak biasa pada mobil

2. Suspensi depan dan belakang

Karena roda depan dan roda belakang ada pada dua as roda terpisah, mobil biasanya memiliki suspensi yang berbeda untuk depan dan belakang. MacPherson strut adalah salah satu jenis suspensi yang paling umum untuk roda depan; Ini menggabungkan pegas koil dan peredam getaran menjadi satu unit, membuat sistem suspensi yang lebih ringan untuk mobil yang lebih kecil.

Gambar yang memperlihatkan suspensi pada bagian depan mobil

Contoh suspensi pada bagian depan

Mobil yang lebih besar lebih cenderung menggunakan suspensi double-wishbone, yang memiliki dua lengan berbentuk wishbone, masing-masing memiliki pegas koil dan peredam getarannya sendiri. Umumnya, di mobil modern, suspensi apapun bisa dipakai di bagian depan mobil juga bisa dipakai di bagian belakang.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

3. Masalah pada suspensi mobil

Saat anda mendapatkan layanan mobil, montir anda akan memastikan bahwa suspensi mobil anda berfungsi dengan benar. Beberapa masalah yang mungkin timbul dengan suspensi mobil termasuk :

  • Peredam getaran usang, yang dapat menyebabkan mobil anda naik dengan buruk di jalan yang kasar. Saat mobil anda diparkir, cobalah menekan salah satu sudutnya; sebuah kendaraan dengan peredam getaran yang baik hanya akan terpental dua atau tiga kali sebelum berhenti.
  • Kehausan pegas (spring), yang dapat menyebabkan mobil anda tampil lebih rendah dari biasanya dan menghasilkan kesejajaran roda yang salah.

Gambar yang menunjukan pegas yang sudah aus pada bagian mobil

Contoh pegas yang sudah aus dan harus diganti

  • Ball joint usang, yang mungkin menjadi masalah jika anda memperhatikan suara aneh saat mengemudi. Ball joint┬átidak bisa dipakai jika tidak dilumasi dengan benar, atau hanya karena sudah terlalu lama sejak terakhir diganti.

Perhatikan video berikut untuk mengetahui cara kerja suspensi

Demikian tentang suspensi pada mobil, semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam merawat mobil kesayangan dan bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1