Melindungi Cat Mobil Baru: 6 Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Bersinar

Share this post:
Melindungi Cat Mobil Baru: 6 Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Bersinar
Agar dapat melindungi cat mobil baru, Anda harus menginvestasikan waktu dan upaya untuk membersihkan kendaraan secara teratur. Menjaga cat mobil tetap bersinar membutuhkan usaha yang tidak mudah, tapi pantas untuk dilakukan.

Ada beberapa wax dan pemoles mobil yang tersedia di pasaran. Meskipun beberapa produsen produk mobil mengklaim produk mereka menghasilkan warna cat yang tahan lama, Anda harus menerapkan ulang produk setiap beberapa bulan. Untuk menjaga cat mobil tetap bersinar, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu

1. Membersihkan mobil

Gambar yang menunjukan mobil berwarna perak yang sedang dicuci

Yang paling penting, cuci mobil secara berkala

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga eksterior mobil Anda adalah mencuci dan membasuh kendaraan secara teratur. Ketika Anda mengantarkan mobil Anda untuk dicuci, pastikan Anda menjaga jarak antara permukaan mobil dan tekanan air sehingga Anda tidak merusak cat.

2. Menggunakan wax yang tepat

Gambar yang menunjukan mobil berwarna merah yang sedang di-wax

Penggunaan wax yang salah malah merusak cat mobil

Karena setiap jenis cat bereaksi berbeda terhadap wax dan cat, Anda perlu mencari tahu cat mana yang digunakan pada mobil Anda dan membeli detail produk yang sesuai dengan cat mobil Anda. Beberapa produk dapat bertindak sebagai agen abrasif yang dapat mengupas mobil dari kemilau aslinya.

>>> Pertahankan 'wetlook' kendaraan ketika mudik dengan nano ceramic

3. Kondisioner cat

Gambar yang menunjukan mobil berwarna hitam yang sedang dibersihkan

Tidak hanya rambut, cat mobil juga butuh kondisioner

Jika baru-baru ini Anda melukis kendaraan Anda atau membeli kendaraan baru, pertimbangkan untuk menggunakan kondisioner car yang tidak abrasif untuk melindungi cat. Kondisioner non-abrasif harus disemprotkan dalam jumlah kecil. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, ikuti petunjuk yang tercantum pada kemasan.

4. Clay Bar

Anda juga bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dan kilau yang memukau jika Anda menggunakan clay berkualitas baik. Sebelum clay diterapkan ke permukaan cat, pastikan mobil dibersihkan dengan pembersih cat. Selalu ingat untuk menggunakan alas aplikator yang tepat atau handuk berbahan babyterry lembut saat mengerjakan eksterior mobil untuk menghindari goresan kendaraan. Penggunaan clay ini bisa Anda lihat dengan tutorial online yang tersebar di media sosial.

Perhatikan cara penggunaan clay bar untuk mobil

5. Undercoating

Gambar yang menunjukan perbedaan mobil yang mendapatkan undercoating dan tanpa undercoating

Perbedaan undercoating bisa langsung terlihat​

Meskipun waxing dan memoles mobil menghasilkan hasil yang baik, Anda perlu melindungi mobil dari kerusakan jangka panjang dengan undercoating dan anti karat. Ketika logam mobil teroksidasi, karat masuk dan menghancurkan permukaan mobil. Untuk menghindari hal ini, Anda harus mempertimbangkan pemeriksaan kendaraan terhadap karat, terutama jika Anda berada pada daerah dengan tingkat kelembapan yang tinggi.

6. Memperbaiki goresan

Gambar yang menunjukan mobil berwarna perak yang mengalami goresan

Segera perbaiki goresan pada mobil secepatnya

Selain pemeriksaan anti karat, Anda harus memperbaiki goresan kecil pada bodi mobil dengan segera. Jika goresannya tidak terlalu dalam, Anda hanya perlu menggunakan cat sentuh dan menyelesaikannya dengan senyawa gosok untuk mendapatkan kilau yang baik. Jika goresannya dalam, Anda harus mengampelas cat disekitarnya dan mengaplikasikan primer sebelum mengecat area yang terkena goresan.

Jika Anda ingin mengecat ulang kendaraan lama untuk mempertahankan eksterior, pastikan Anda meneliti cat mobil terbaru terbaik yang tersedia di pasar. Tapi pada awalnya, Anda juga harus berhati-hati dalam menjaga cat mobil tetap bersinar dengan memperhatikan penanganan dan perawatan bodi mobil Anda.

>>> Dapatkan tips otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top