Mau Pasang Cover Jok, Perhatikan 3 Hal Ini!

28/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Mau Pasang Cover Jok, Perhatikan 3 Hal Ini!
Pasang cover jok jadi salah satu cara paling ngetren untuk mendapatkan tampilan interior mobil yang berbeda dari aslinya. Lantas bagaimana mendapatkan agar mendapatkan hasil terbaik?

Penggunaan cover jok after market memiliki banyak keuntungan. Selain melindungi cover asli bawaan pabrik dari debu dan kotoran yang melekat, juga untuk memperindah tampilan interior. Pemilik bebas memilih untuk menghasilkan nuansa sporty, elegan, natural, dan nuansa yang lain.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang terbaik ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilik saat memutuskan pasang cover jok mobil dan tidak boleh asal-asalan. Suzuki Indonesia di laman resminya memberi panduan sebagai berikut:

Pilih bahan berkualitas

Foto Material Kulit untuk bahan dasar jok mobil

Bahan kulit paling baik untuk jok mobil

Bukan hanya warna dan motifnya yang menarik, pemilik juga harus memperhatikan kualitas bahan yang dipilih. Saat ini ada 3 bahan yang sering digunakan sebagai bahan dasar cover jok mobil, yaitu kulit, sintetis, dan fabric/kain. Dari ketiganya, bahan kulit memiliki lebih banyak keunggulan baik dari sisi kenyamanan, kelembutan hingga penampilan. Hanya saja untuk bahan ini harganya relatif mahal. Anda tidak perlu memaksakan diri kalau memang budget tidak mencukupi.

>>> Menentukan Bahan Sarung Jok Mobil, Pilih Kulit Asli atau Kulit Sintetis?

Pilih model yang sesuai

Foto jok mobil dengan cover

Ada banyak model cover jok, pilih paling sesuai

Setelah mendapatkan bahan yang dipilih, desain cover jok juga harus disesuaikan dengan kondisi kabin dan karakter mobil. Kesesuaian meliputi tema jok itu sendiri, warna bahan, motif jahitan serta model. Hati-hati, salah dalam pemilihan desain bisa membuat penampilan jadi aneh dan janggal.

>>> Seberapa Besar Jok Captain Seat Dibutuhkan?

Pilih Bengkel Jok Terpercaya

Foto salah satu Bengkel jok di Jakarta

Pastikan pengerjaan cover jok ditangani oleh spesialisnya

Turut mempengaruhi hasil akhir adalah soal pengerjaan. Harus dipastikan bahwa yang menggarap adalah bengkel jok yang benar-benar terpercaya. Untuk hal ini bisa ditanyakan pada orang-orang yang pernah memodifikasi jok. Atau bisa juga bertanya kepada pihak bengkel tersebut untuk mendengarkan seperti apa masukan dan teknik pengerjaannya. Bisa juga menggunakan cara klasik untuk mengetahui kualitas bengkel jok itu sendiri, yaitu dengan melihat seberapa banyak antrean yang ada serta mobil apa saja yang tengah dikerjakan modifikasinya. Jika disitu terdapat banyak antrean mobil-mobil premium, hampir bisa dipastikan itu adalah bengkel jok recommended.

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top