Mau Mobil Kinclong Seperti di Pameran, Begini Caranya!

22/07/2019

Perawatan dan service

3 menit

Mobil di pameran otomotif selain baru juga tampil menarik karena selalu bersih dan kinclong. Kira-kira bisa enggak yah mobil kita tampil seperti itu?

Pameran mobil identik dengan mobil baru, kinclong dan para usher cantik yang setia mendampingi. Untuk yang terakhir tidak akan dibahas di sini karena sifatnya relatif. Meski menarik bagi satu pengunjung belum tentu di mata pengunjung lain juga menarik. Tapi soal mobil kinclong semua orang pasti tertarik. Dan mungkin bikin penasaran bagaimana mobil bisa sangat mengkilap, kualitas warna catnya juga terlihat sangat jernih. Terus, bisa tidak mobil kita dibikin seperti itu?

Foto menunjukkan Mazda CX-5 saat di pameran GIIAS 2018, benar-benar kinclong

Mobil kinclong di pameran karena mendapat perlakukan khusus

Menurut spesialis jasa cuci dan car care, Autoglaze, mobil kinclong di pameran-pameran otomotif tidak serta merta kinclong dari pabriknya, tapi mendapatkan perlakuan khusus. Dan hal itu juga bisa dilakukan pada mobil kita sepanjang kita benar-benar menginginkan dan mau melakukan.

Pertama; Dilakukan detailing atau coating (pelapisan)

Robby Kurnia, CEO Autoglaze mengetahui hal tersebut karena perusahaannya seringkali mendapatkan order detailing maupun coating untuk mobil-mobil pameran. "Tergantung jasa yang klien minta, contohnya misalkan dia minta karena mobil pertama kali launching mintanya coating, atau mau detailing yang sangat detail, sampai tidak boleh ada baret," tutur Robby belum lama ini.

Soal harga bisa bervariasi tergantung permintaan dan layanan yang dilakukan. Hal ini pun sama untuk klien umum alias tidak dibeda-bedakan dengan klien untuk pameran. "Treatment-nya apa saja, seperti saya sebutkan ada grooming dan coating atau kita sebut seperti car show. Itu lebih ke detailing. Tapi pada intinya kita hanya ikuti budget dari klien saja," tambahnya.

>>> Coating, Rahasia Mobil Selalu Mengkilap

Foto menunjukkan seorang pekerja sedang memberikan pelayanan di AutoGlaze

Detailing dan Coating melindungi mobil tetap istimewa dan warna tidak cepat pudar

Kedua; Menggunakan jasa lap

Mobil di pameran sudah pasti jadi objek para pengunjung untuk menyentuh dan memegang berkali-kali. Nah, disitu sering ditemui ada orang yang sigap melakukan pengelapan, bahkan saat pengunjung belum meninggalkan booth sekalipun. Karenanya mobil terus terlihat kinclong seperti belum pernah tersentuh siapapun.

"Mereka bayar jasa, man power dan obatnya. Soalnya kan kadang dipegang tangan. Orang kita stanby buat jagain mobil. Tergantung permintaan dari mereka, satu orang bisa megang tiga mobil atau megang lima mobil. Tergantung budget," kata Robby.

Untuk mobil sendiri, tentu tidak perlu menyewa orang hanya untuk mengelap. Kita bisa melakukannya sendiri setiap kali kotor, atau kalau punya sopir pribadi bisa juga dikerjakan olehnya. Itu lebih praktis dan menghemat biaya.

>>> Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

Foto menunjukkan aktivitas mengelap mobil biar tetap kinclong

Kalau hanya mengelap bisa dilakukan sendiri

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top