Masuki Musim Penghujan, Pastikan 4 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik

29/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Masuki Musim Penghujan, Pastikan 4 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik
Dalam berkendara yang harus Anda perhatikan ialah keamanan dalam berkendara. Terlebih dalam kondisi musim penghujan, Anda harus perhatikan 4 komponen ini.

Musim penghujan telah tiba, kondisi mobil Anda juga harus prima. Sebabnya Anda harus melakukan pengecekan beberapa perangkat penting yang akan membuat aktivitas berkendara semakin aman dan nyaman. Bagian apa saja dari mobil Anda yang perlu Anda periksa agar berkendara di musim penghujan semakin aman? Ini beberapa di antaranya seperti yang dilansir dari laman Garda Oto.

>>> 10 Pilihan Mobil Anti Banjir Non SUV Di Bawah Rp 80 Juta

Gambar menunjukan seorang sedang berkendara saat hujan

Berkendara saat musim penghujan rawan akan terjadinya kecelakaan

Pertama yang harus Anda perhatikan ialah ban. Komponen ini merupakan salah satu yang paling terpenting yang harus Anda perhatikan ketika Anda berkendara saat hujan. Usahakan agar ban mobil Anda selalu dalam kondisi yang bagus. Anda bisa menjaga kondisinya dengan melakukan pengecekan rutin minimal sebulan sekali. Dan prioritas utama adalah mengecek tekanan angin pada masing-masing ban. Jangan sampai ban kempes ketika berkendara jarak jauh.

Selain mengecek tekanan angin, Anda juga harus memperhatikan apakah ban masih dalam kondisi bagus atau tidak. Jika karet ban mobil sudah tidak tebal lagi, sebaiknya segera diganti untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Kondisi ban yang bagus juga dapat dilihat dari alur ban yang baik yang akan membantu Anda terhindar dari risiko tergelincir ketika hujan.

>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

Gambar menunjukan kondisi ban

Periksa kondisi ban mobil Anda saat musim penghujan tiba

Kedua yang harus Anda perhatikan sistem suspensi dan sistem kemudi.  Sistem suspensi yang lemah bisa dilihat dari karet bushing shock absorber yang pecah atau bahkan peredam kejutnya sendiri rusak akan membuat mobil sulit dikendalikan. Sementara itu sistem kemudi yang bermasalah membuat Anda sulit mengendalikan arah mobil. Anda bisa melakukan pengecekan kolong mobil serta spooring dan balancing untuk mengembalikan kebugaran ban dan kaki-kaki mobil, agar dapat menunjang aktivitas berkendara selama musim hujan.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Ketiga perhatikan wiper mobil. Melalui wiper mobil yang optimal dapat menyapu air dan memberikan visibilitas pandangan yang baik. Pastikan karet wiper bebas dari getas yang berpotensi merusak permukaan kaca mobil dan menimbulkan baret pada kaca mobil. Anda harus melakukan pengecekan kondisi wiper secara berkala dan jangan lupa wiper kaca belakang mobil dan mengisi tabung air pembersih kaca.

Keempat yang harus Anda perhatikan lampu mobil. Musim hujan sering kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya. Hal ini terjadi karena jarak pandang yang berkurang karena derasnya guyuran hujan. Ketika musim hujan, peran lampu mobil sangatlah penting karena membantu melihat kondisi jalan, akibatnya jika lampu rem mobil Anda mati saat kondisi hujan deras yang membatasi pandangan pengemudi lain di belakang mobil Anda.

>>> Tips dan trik lainnya baca di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top