Masuk ke Bulan “Panas”, Intip Tips Mencuci Mobil di Musim Kemarau dari Cintamobil

27/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Masuk ke Bulan “Panas”, Intip Tips Mencuci Mobil di Musim Kemarau dari Cintamobil
Pertengahan tahun selalu diikuti dengan cuaca yang semakin panas dengan sedikit hujan. Meskipun tidak kotor terkena lumpur, pastikan Anda tetap mencuci kendaraan dengan teratur. Kali ini, Cintamobil.com akan menunjukan beberapa tips mencuci mobil di musim kemarau untuk Anda.

Memasuki akhir Juni, sebagian besar daerah Indonesia akan mengalami musim kemarau. Puncaknya, akan terjadi pada Agustus mendatang. Tidak hanya mempersiapkan fisik dan stamina di jalanan yang panas, mempersiapkan kendaraan juga diperlukan, termasuk dalam hal pencucian mobil. Bagi yang masih ragu, berikut beberapa tips mencuci mobil di musim kemarau yang patut Anda perhatikan.

1. Hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari

Dilansir dari Auto Express UK, waktu yang tepat untuk mencuci mobil adalah ketika cuaca berawan. Waktu yang lebih baik jika dibandingkan ketika matahari bersinar terang. Meskipun banyak yang mencuci mobil di bawah sinar matahari, tetapi panas akan mengeringkan mobil lebih cepat dan meninggalkan bekas air (watermark) pada cat.

pengendara yang mencuci mobil berwarna hitam di sore hari
Untuk hasil terbaik, cuci mobil di pagi atau sore hari

Jika cuaca sedang cerah dan Anda ingin mencuci mobil, maka pilihlah area yang teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung. Atau pilih waktu antara pagi hari atau sore hari dimana sinar matahari tidak begitu kuat.

>>> Merawat Mobil Paska Mudik? Tips dari Daihatsu: Cek Komponen-Komponen Ini!

2. Tunggu hingga dingin

Jangan tergesa-gesa untuk mencuci mobil, apalagi ketika Anda baru siap menggunakannya dalam perjalanan jauh. Panas yang berlebihan ketika Anda membawa mobil berkendara di siang hari yang terik menjadi serangan yang cukup telak bagi cat mobil.

mesin mobil yang panas setelah digunakan
Dinginkan kendaraan terlebih dahulu sebelum dicuci

Jika Anda berkendara pulang yang ingin mencuci mobil sesegera mungkin, nyalakan AC. Semakin rendah suhu interior, semakin rendah suhu kaca depan dan atap. Hanya perbedaan kecil, tapi bisa membantu Anda untuk lebih cepat mendinginkan mobil ketika akan dicuci.

>>> Hindari Cat Rusak, Berikut Material Kain Pencuci Mobil Yang Aman Digunakan

3. Jangan tunggu hingga kotor

Membersihkan mobil bukan hanya soal kosmetik. Menurut John Ibbotson, Kepala Mekanik Consumer Reports, mencuci mobil secara teratur dapat membantu melindungi mobil Anda. “Anda perlu menghilangkan pasir dan residu jalan, atau itu dapat menyebabkan cat dan korosi rusak,” katanya.

mobil berwarna hitam yang kotor oleh debu
Cuci mobil secara berkala untuk menjaga cat tahan lama

Mobil saat ini sudah tidak lagi rentan terhadap karat, cat yang mengelupas maupun memudar seperti mobil-mobil lama. Namun eksterior mobil masih membutuhkan pembersihan menyeluruh untuk menjaga agar garam, kotoran, dan lumpur tidak menumpuk di bagian luar mobil. Terlebih ketika musim kemarau, dimana ada lebih banyak debu dan kotoran yang memenuhi jalanan.

>>> Temukan tips perawatan mobil di sini

4. Cuci dengan bersih dan kering

Salah satu masalah ketika mencuci mobil di musim kemarau adalah air bekas cucian yang lebih cepat mengering. Ketika mencuci mobil di bawah terik matahari, sisa-sisa air akan mengering dengan cepat dan menghasilkan water spot. Untuk menghindarinya, lakukan pengeringan dengan cepat.

tangan yang sedang mencuci mobil berwarna hitam
Pastikan Anda mencuci mobil hingga kering

Meskipun menggunakan kain microfiber disebut sebagai cara yang tepat untuk mengeringkan eksterior, kain microfiber yang tidak bersih dan mengandung kotoran akan beresiko menggores cat mobil. Kulit Chamois (atau dikenal juga dengan kanebo) lebih disarankan untuk mengeringkan bagian luar mobil setelah dicuci.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar harganya hanya di sini

5. Hindari parkir di bawah terik matahari

mobil berwarna putih yang parkir di bawah sinar matahari 
Jangan biarkan mobil terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari langsung

Sebagai tips akhir mencuci mobil di musim kemarau, pastikan untuk menjaga kendaraan dari sinar matahari langsung. Parkirlah di area yang teduh bila memungkinkan. Jika perlu, gunakan cover untuk menghindari eksterior mobil terkena panas matahari. Sinar matahari langsung bisa memanaskan permukaan logam dan dengan cepat merusak.

>>> Cari tahu tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top