Manhart Modifikasi BMW X5 M, Dongkrak Tenaga Jadi 800 HP

27/01/2021

Perawatan dan service

4 menit

Manhart Modifikasi BMW X5 M, Dongkrak Tenaga Jadi 800 HP
Setelah sukses dengan proyek X3 M, Manhart coba menggarap sang kakak, BMW X5 M dengan modifikasi performa yang membuat SUV satu ini punya tenaga 800 HP.

Manhart merupakan rumah modifikasi yang identik dengan brand BMW. Mereka memodifikasi jeroan mobil dan memberi performa tambahan ke line-up brand asal Bavaria itu.

Dan setelah sukses dengan X3 M, Manhart coba menggarap sang kakak. Kali ini BMW X5 M yang menjadi sasaran selanjutnya. BMW X5 M adalah sebuah SUV performa tinggi yang dasarnya saja sudah sangat kencang, di mana untuk varian Competition menghasilkan tenaga 617 HP dan torsi 750 Nm.

>>> BMW X5 dan X6 M Competition Dapatkan Varian First Edition Edisi Terbatas

Upgrade turbo dan ECU, tenaga meroket jadi 800 HP

Diberi nama MHX5 800, modifikasi BMW X5 M Manhart meliputi perombakan visual dan performa. Mengambil basis X5 M G05, Manhart merombak jeroan mesin V8 4.4L twin-turbo berkode S63, mulai turbo kit dengan intercooler baru dan mapping ECU baru. Sistem knalpot juga mendapat perombakan dengan muffler belakang yang dilengkapi fungsi valve-control, dan empat buah ujung knalpot ukuran 100 mm dengan lapisan carbon atau ceramic.

Mesin BMW X5 M yang dimodifikasi Manhart

Manhart menghasilkan tenaga sampai 800 HP dari mesin V8 4.4L twin-turbo bawaan X5 M

Dengan ubahan ini saja, modifikasi BMW X5 M Manhart satu ini menghasilkan tenaga 823 HP dan torsi 1.080 Nm. Performa monster seperti ini dialirkan ke girboks delapan percepatan yang telah dimodifikasi dengan software baru ke sistem penggerak All-Wheel Drive xDrive khas BMW.

Manhart tidak menjabarkan performa akselerasi dan top speed SUV kencang terbarunya, namun hampir dipastikan MHX5 800 lebih kencang untuk soal akselerasi dibandingkan X5 M standar, yang butuh 3,8 detik untuk akselerasi dari 0-100 km/jam untuk varian standar, dan 3,7 detik di varian Competition, dan bukan tidak mungkin bisa menembus 3,5 detik.

Modifikasi BMW X5 M Manhart

Bagian ujung knalpotnya bisa diganti dengan material carbon atau ceramic

Selain itu, Manhart juga menawarkan upgrade downpipe spesifikasi balap yang mencopot catalytic converters dan filter khusus bensin. Namun, paket ini Cuma tersedia di beberapa pasar, dan mungkin tidak bisa diterapkan di Indonesia karena bisa bikin mobilnya tak lulus uji emisi.

>>> Bagaimana sih cara merawat mobil agar lulus uji emisi?

Aksen emas bikin elegan dan garang

Fokus ke tampilan, modifikasi BMW X5 M Manhart ini menambahkan sedikit elemen aero seperti spoiler lip di depan serta desain diffuser yang lebih agresif untuk bumper belakangnya.

Tampilan depan BMW X5 M modifikasi Manhart

Tampilan mobil terlihat garang serta elegan berkat perpaduan aksen emas

Tampilan mobil terlihat semakin elegan dan garang dengan lis emas yang ada di beberapa tempat. Mulai dari aksen bumper depan, dan belakang, sisi samping mobil, dan juga bagian tengah depan sampai belakang mobil. Bagian interior mobil juga diberi aksen senada dengan eksterior, di mana aksen emas terdapat di jahit-jahitan kursi, door trim, dan juga bagian tengah kursi depan.

Velg standar mobil juga diganti menjadi ukuran 22 inci dengan ukuran ban 295/30. Untuk menunjang tampilan mobil, dan juga handling, suspensi mobil juga diubah dengan 30 mm lebih rendah dari bawaan pabrik.

Kabin BMW X5 M modifikasi Manhart

Tema serupa juga berlanjut di dalam kabin mobil

Setelah proyek Audi RS Q8 yang diperkenalkan Mei tahun lalu, Manhart kini punya dua opsi untuk SUV bongsor performa tinggi, kira-kira lebih kece mana ya?

>>> Simak tips & trik seputar otomotif yang tak kalah menarik lainnya di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top