Manfaatkan Kamera Dalam Mobil, Volvo Siapkan Sistem Pendeteksi Pengemudi Mabuk

Share this post:
Manfaatkan Kamera Dalam Mobil, Volvo Siapkan Sistem Pendeteksi Pengemudi Mabuk
Volvo memiliki reputasi sebagai mobil paling aman, dan pabrikan Swedia itu melakukan inovasi selanjutnya dalam hal keselamatan dengan merancang sistem yang dapat mendeteksi pengemudi mabuk.

Sistem pendeteksi pengemudi mabuk - Dalam pengembangannya, Volvo akan memanfaatkan kamera dalam mobil yang ada pada model generasi selanjutnya untuk memonitor dan mengevaluasi apakah pengemudi sedang mabuk atau tidak. Saat fokus pengemudi dinilai rendah karena mabuk atau hal lainnya, sistem keselamatan otonom dapat melakukan intervensi pada berbagai level. Bahkan sampai memanggil pihak berwajib, waduh.

>>> Jangan pasang stiker Happy Family di mobil Anda, ini bahayanya

“Saat berbicara keamanan, tujuan kami adalah menghindari kecelakaan ketimbang mengurangi dampaknya saat kecelakaan sudah tak terhindarkan lagi,” ujar Henrik Green, Senior Vice Precident Research and Development Volvo. “Dalam hal ini, kamera akan memonitor tindakan yang mungkin akan menyebabkan cedera serius, atau bahkan kematian.”

>>> Temukan Volvo incaran Anda, atau mobil lainnya di sini

Detail spesifik bagaimana sistem pendeteksi pengemudi mabuk ini akan bekerja masih belum tersedia saat ini. Namun secara teori, kamera akan memantau pengemudi dan akan bereaksi saat mata sang pengemudi  tertutup atau teralihkan dari jalan dalam waktu lama.

Grafik bagaimana sistem Volvo menangani pengemudi mabuk

Mobil akan melakukan berbagai tindakan berdasarkan risiko yang dihasilkan pengemudi yang sedang teler

Selain kamera, yang berfungsi sebagai pengawas, sistem pendeteksi pengemudi mabuk ini akan memonitor input setir, dan mengetahui gerakan mobil yang dinilai tak wajar, hal yang telah diadaptasi oleh sistem lane-keep assist yang ada di mobil saat ini. Jika sistem ini menangkap fokus pengemudi rendah, Volvo menyiapkan berbagai level peringatan dan respon otonom akan bertindak, termasuk membatasi kecepatan mobil bahkan menghentikan mobil dengan cara yang aman.

>>> Baca tips perawatan mobil lainnya di sini

Bukan hanya itu, mobil juga bisa mengontak layanan On Call Service Volvo, yang kemungkinan besar akan mengirimkan petugas medis, atau bahkan polisi ke lokasi mobil. Volvo memang bukan yang pertama merancang sistem seperti ini, namun pabrikan Swedia itu tampak siap mengaplikasikan sistem pendeteksi pengemudi mabuk ini ke dalam kendaraan barunya.

Interior mobil Volvo generasi terbaru

Sistem kemanan terbaru Volvo ini akan mulai diterapkan pada mobil generasi terbaru, yang menggunakan platform SPA2

Dikombinasikan dengan kebijakan terbaru Volvo, yang akan membatasi kecepatan puncak semua mobilnya menjadi 112 MPH (180 km/jam), inovasi terbaru ini semakin menunjukkan keseriusan Volvo dalam mengambil langkah aktif dalam pencegahan kecelakaan. Rencananya, Volvo akan mengimplementasi sistem ini pada mobil generasi selanjutnya yang menggunakan platform SPA2, yang akan diperkenalkan sekitar awal 2020.

>>> Tips & Trik otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top