Manfaat Lain Antena Sirip Hiu Selain Estetika

23/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Manfaat Lain Antena Sirip Hiu Selain Estetika
Shark Fin Antenna atau antena sirip hiu dikenal sebagai salah satu komponen mobil yang ngetren membuat penampilan tambah cantik. Adakah manfaat yang lain?

Jika ada salah satu komponen mobil paling diminati, salah satunya adalah Shark Fin Antenna atau antena sirip hiu. Dinamakan demikian sebab bentuknya memang mirip sirip ikan hiu. Antena ini memang bukan yang terbaik, namun bentuknya yang unik membuat banyak orang tertarik. Sebagian dari mereka bahkan mengganti antena mobil yang masih standar dengan antena tersebut.

Foto Toyota 86 tampak dari samping belakang

Ada antena sirip hiu, mobil nampak makin spoty

>>> Mau Ganti Antena? Kenali Dulu Jenis Antena Mobil yang Ada Dipasaran

Kalau dinilai dari sisi kenyamanan berkendara, bisa dibilang tak terlalu signifikan pengaruhnya sebab keberadaan antena sirip hiu yang di atas atap, tak bersentuhan langsung dengan pengemudi maupun penumpang. Tapi kalau dinilai dari sisi estetika, keberadaan antena tersebut sangat berpengaruh. Mobil kelihatan lebih sporty dibanding menggunakan antena jenis lain seperti Antena Besi, Fixed Antenna, Motorized Antenna, dan Printed Glass Antenna. Anda bisa lihat contohnya pada Honda Civic Turbo dan Toyota Vios atau Toyota 86.

Untuk manfaat lain antena sirip hiu selain estetika terletak pada sisi fungsionalnya, yaitu menyalurkan gelombang Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS), GPS, Advance Mobile Phone Services (AMPS), dan Personal Communication Service (PCS).

Dengan demikian, meski dalam kondisi mobil tertutup rapat pengendara tetap bisa mengakses siaran radio, televisi dan mengakses internet dengan lancar, serta menggunakan fitur navigasi atau GPS secara real time.

>>> Tertarik membeli Toyota 86, cek harganya di sini!

Foto Kabin Toyota 86 dengan berbagai tombol operasional

Besar manfaat antena untuk keperluan navigasi maupun koneksi internet yang lain

Soal harga, satu paket Shark Fin Antenna atau antena sirip hiu dijual di pasaran dengan harga beragam mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung itu produk after market atau original genuine parts.

>>> Simak tips otomotif yang lengkap dan menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top