Ketahui Manfaat Karpet Mobil, Bisa Bikin Harga Jual Tinggi Lho!

26/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ketahui Manfaat Karpet Mobil, Bisa Bikin Harga Jual Tinggi Lho!
Keberadaan karpet mobil kerap diabaikan. Padahal manfaat karpet mobil bisa dirasakan langsung oleh pengendara yakni membuat harga jual kembali jadi tinggi.

Kehadiran aksesori mobil tak lepas dari manfaatnya bagi pengendara. Tak cuma asal terpasang, beberapa aksesori justru menjadi penunjang dalam kegiatan berkendara. Tak jarang keberadaannya kerap terabaikan. 

Padahal keberadaan aksesori tambahan pada mobil seharusnya turut Anda jaga. Dengan begitu, fungsi dari masing-masing aksesori pun akan tetap terjaga.

Salah satu aksesori yang kerap diabaikan namun memberikan manfaat adalah karpet mobil. Seperti yang Anda tahu, pada bagian lantai terdapat karpet berlapis yang mempercantik kabin mobil. 

karpet mobil

Bukan cuma sekadar aksesori, karpet mobil punya manfaat tersendiri

>>> Kenali 4 Jenis Karpet Mobil Berdasarkan Bahannya

Manfaat Karpet Mobil

Melansir situs Nissan Indonesia, Senin (25/10/2020), karpet yang terdiri dari karpet dasar mobil serta karpet aksesori tambahan ini berfungsi untuk menutupi kerangka bawah mobil dan juga mempercantik kondisi kabin. Pada umumnya pemilik mobil akan melapisi karpet dasar dengan karpet tambahan. Hal itu dikarenakan bahan karpet bawaan yang kerap sulit untuk dibersihkan.

Karpet tambahan atau karpet aksesori ini tentunya tak hanya mempercantik, tapi juga memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaat karpet mobil ialah melindungi kondisi karpet dasar. Karpet tambahan yang berbahan sintesis maupun serabut ini setidaknya bisa menampung kotoran agar tak menempel di karpet bawaan. Dengan begitu, pemilik mobil pun bisa membersihkannya dengan lebih mudah.

Tak hanya itu, manfaat karpet mobil lainnya juga dapat berkontribusi membuat nilai jual kembali sebuah mobil semakin tinggi. Hal ini juga dikarenakan kondisi kabin mobil masih terjaga kebersihannya. Saat ingin menjual mobil, Anda hanya perlu melepas atau mengganti karpet tambahan. Dengan begitu kondisi kabin mobil pun tetap akan terlihat bersih dan juga wangi.

Apapun alasannya, yang jelas manfaat karpet mobil tambahan pada kabin nyatanya memang bisa membuat kenyamanan bertambah dalam mobil. Maka dari itu, Anda bisa membersihkannya secara teratur agar kenyamanan dalam kabin bisa terus terjaga. 

Cara membersihkannya pun bisa dilakukan secara berkala. Jika Anda memilih untuk membersihkannya sendiri di rumah maka bisa dilakukan dengan cara berikut. 

>>> Musim Hujan Datang, Jangan Lupa Rutin Membersihkan Karpet Mobil

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner berfungsi menghisap debu secara merata, dan mampu menghisap bagian yang sulit dijangkau. Pada beberapa vacuum cleaner, terdapat penghisap debu yang sekaligus bisa menghilangkan bakteri yang menempel pada karpet mobil.

karpet mobil

Anda bisa menggunakan karpet mobil dengan menggunakan vacuum cleaner

Sebaiknya, jika Anda ingin membersihkan karpet mobil sendiri bisa menggunakan vacuum cleaner agar kotorannya banyak terangkat. 

2. Menggunakan Sabun dan Air

Karpet dasar sebaiknya dibersihkan dengan cara mencuci menggunakan sabun anti-bakteri serta air. Bersihkan secara menyeluruh di setiap bagian, serta sudut karpet dasar.

Dengan menggunakan sabun dan air, bisa berfungsi untuk menghilangkan debu dan noda yang ada di karpet dasar. Selain itu, karpet dasar sebaiknya juga dijemur, hingga kondisi kering secara sempurna untuk menghadirkan interior yang nyaman. 

karpet mobil

Pastikan karpet mobil sudah kering sebelum dipasang kembali

Pun demikian dengan membersihkan karpet tambahan yang bisa dilakukan dengan menggunakan sabun dan air. Tak lupa untuk dijemur setelahnya. Pastikan kondisinya benar-benar kering agar tak menimbulkan bau dan berpotensi menjadi tempat jamur berkembang biak.

>>> Sebelum Membeli Mobil Bekas, Jangan Lupa Cek 5 Hal Ini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top