Malas Spooring Balancing Roda Mobil? Hati-hati Efek Buruknya

01/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Malas Spooring Balancing Roda Mobil? Hati-hati Efek Buruknya
Ada beberapa efek negatif jika Anda malas spooring balancing roda mobil. Mulai dari kerusakan ban hingga komponen kaki-kaki. Dan semua itu akan berdampak pada biaya perbaikan yang jauh lebih mahal dari biaya rutin spooring balancing.

Satu dari beberapa jenis perawatan mobil yang harus rutin dilakukan adalah spooring dan balancing. Kedua kegiatan ini mampu menjaga agar keseimbangan roda tetap terjaga saat roda tersebut perputar.

Namun terkadang, masih ada saja pemilik mobil yang malas spooring balancing roda mobil mereka. Alasannya, tidak ada keluhan pada bagian kaki-kaki mobil, dan menghemat biaya perawatan mobil. Padahal anggapan itu salah besar!

Kali ini tim Cintamobil.com akan paparkan apa saja efek negatifnya jika malas spooring balancing roda mobil Anda.

1. Komponen Suspensi Mudah Rusak

mekanik sedang spooring balancing

Roda yang bergetar selama mobil melaju akan merusak komponen-komponen suspensi

>>> Jika Gejala Ini Muncul, Segera Lakukan Spooring & Balancing

Roda pada sebuah kendaraan tentu tidak berdiri sendirian. Karena ada komponen suspensi yang menopangnya. Apabila roda tidak pernah di spooring dan balancing, maka perputaran roda tidak akan seimbang.

Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, jika perputaran roda tidak seimbang, maka roda akan cenderung bergetar ketika mobil melaju. Getaran ini turut mengganggu kesehatan suspensi mobil Anda, karena sistem pada kaki-kaki mobil itulah yang menopang getaran selama roda berputar.

Bayangkan jika getaran tersebut berlangsung terus menerus dalam waktu yang lama. Beberapa komponen suspensi pun bisa "kalah", diantaranya ball joint, tie road, dan as roda.

>>> 5 Kerusakan Suspensi Mobil yang Sering Terjadi Serta Penyebabnya

2. Ban Lebih Cepat Rusak

ban botak sebelah

Tapak ban lebih cepat aus dan perlu mengganti ban lebih sering

>>> Selamat di Jalan Jelaskan Cara Mengganti Ban Kempes dan Klaim Asuransi Digital

 

Jika Anda tipikal pemilik mobil yang malas spooring balancing akibat ingin hemat biaya perawatan kendaraan, coba mulai sekarang pikir dua kali. Karena jika roda mobil tidak pernah di spooring maupun balancing maka akan membuat ban lebih cepat rusak.

Antara lain ban mengalami keausan yang tidak merata atau yang sering dikenal dengan istilah "ban botak sebelah". Kalau sudah seperti ini, maka Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk penggantian ban lebih sering dari pemilik mobil lainnya.

Nah, lebih mahal mana sering beli ban dan servis kaki-kaki atau rutin spooring balancing

Itulah beberapa efek jika malas lakukan spooring balancing yang Cintamobil.com hendak sampaikan. Jadi Anda pilih yang mana? Rutin lakukan spooring dan balacing atau tetap malas ya?

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

TOMO Artesa Tire Care Surabaya Kasih Promo Gratis Balancing

03/02/2020

Event - Promosi

5 menit

TOMO Artesa Tire Care berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa 56, Surabaya, Jawa Timur dan baru diresmikan oleh Bridgestone Indonesia sebagai jaringan TOMO terbaru.

Lihat juga

Pentingnya Rotasi Ban Mobil Biar Nyaman dan Aman

Rotasi ban mobil sangat penting untuk dilakukan semua pemilik mobil. Tujuannya agar keausan ban mobil merata dikeempat rodanya termasuk juga ban cadangan. Dan cara merotasi ban ini pun sangat mudah bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Lihat juga

Muncul Bunyi ‘Gluduk’ dari Suspensi Mobil? Cek Karet Support Sokbreker Anda

26/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Lantaran fungsinya sebagai peredam antara dudukan suspensi dan sokbreker, membuat karet support sokbreker pun rentan aus. Simak penanganannya berikut ini.

Lihat juga

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Editor rate:

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Lihat juga

Harga Xenia 2020: Daftar Harga mobil Xenia terbaru September

01/09/2020

Daihatsu

Awal tahun 2019 menjadi momentum tepat bagi PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk merilis Daihatsu Xenia. Memang tak dipungkiri, kehadirannya dinanti-nantikan sejak tahun lalu. Ada beberapa pembaruan mengesankan yang dihadirkan pada model Facelift-nya kali ini. Inilah daftar harga Daihatsu Xenia terbaru.

Lihat juga