Malas Perawatan Berkala Bisa Bikin Mobil Tak Lolos Uji Emisi Lho!

08/01/2021

Perawatan dan service

4 menit

Perawatan berkala kerap disepelekan pemilik mobil. Padahal dengan melakukan perawatan berkala secara rutin, Anda juga dapat membuat mobil lolos uji emisi.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta akan segera memberlakukan kewajiban uji emisi bagi kendaraan pribadi berusia lebih dari tiga tahun. Ini tak hanya berlaku untuk kendaraan pribadi berpelat 'B', pelat luar Jakarta pun wajib melakukannya. Bagi pemilik mobil yang belum melakukan uji emisi atau kendaraannya tak lulus uji emisi akan ada sanksi menanti. 

Sanksi akan dikenakan sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286. Ancaman denda maksimalnya Rp 250 ribu untuk sepeda motor, dan ancaman denda maksimal Rp 500 ribu untuk mobil. Kemudian ada juga sanksi disinsentif pada tarif tertinggi parkir yang berlaku. 

lolos uji emisi

Ada ambang batas tertentu yang wajib dipenuhi agar kendaraan bisa lulus uji emisi

Nah supaya tak dikenakan tilang, Anda sebaiknya melakukan uji emisi minimal satu tahun sekali. Anda juga bisa melakukan tindakan preventif agar kendaraan selalu lolos uji emisi. Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar emisi gas buang kendaraan tak melebihi ambang batas.

>>> Uji Emisi Kendaraan Pribadi Juga Wajib untuk Pelat Luar Jakarta

1. Rutin Servis Berkala

Kedengarannya sederhana tapi melakukan perawatan secara berkala dapat membantu kendaraan Anda lolos uji emisi. Dengan melakukan perawatan berkala, Anda dapat mencegah mesin bekerja di bawah performa. Bila mesin bekerja tak sesuai performa tak dapat maksimal menekan kadar gas buang pada mobil. 

Perawatan dapat Anda lakukan dengan membersihkan saringan bensin, saringan udara, busi, saringan oli, cek sistem pengapian. Ganti sparepart yang fastmoving pada mesin jika memang sudah waktunya atau ikuti aturan buku panduan.

servis mobil

Jangan lewatkan perawatan berkala pada mobil sesuai anjuran pabrikan

>>> Akankah Polisi Menilang Kendaraan Pribadi yang Belum Uji Emisi?

2. Cek Kompresi Kendaraan 

Kompresi bermasalah bisa menyebabkan kadar emisi gas mobil bertambah. Dengan memperhatikan part yang satu ini, Anda juga bisa menjaga agar kompresi pada ruang bakar mesin tetap baik. Namun jika mobil Anda sudah bermasalah sebaiknya segeralah membawanya ke bengkel langganan. Hal itu menyangkut campuran udara pada bensin, tekanan kompresi, pengapian, keausan mesin.

Karena hal ini akan menyebabkan mobil Anda tidak lulus uji emisi dan harus ditanggapi dengan cepat untuk menjaga mesin mobil fit kembali. Jika mobil tersebut tidak lolos uji emisi, siap-siap Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar denda. 

3. Mengisi BBM Sesuai Anjuran

lolos uji emisi

Disarankan mengisi BBM sesuai anjuran agar kinerja mesin bisa optimal

Mengisi bensin sesuai dengan anjuran dari pabrikan merupakan salah satu cara yang dapat membuat kendaraan Anda lolos uji emisi. Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin pun menyebut dengan menggunakan BBM sesuai anjuran bisa membuat mesin bekerja sesuai performanya dan tak menghasilkan gas buang di luar ambang batas. 

"Yang pertama dari kondisi mesinnya terawat atau tidak, kedua dari bahan bakar digunakan, kalau bagus kan sistem pembakaran baik," ujar Syaripudin.

>>> Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top