Lewat Tangan Dan Telinga, Anda Dapat Mengetahui Kondisi AC Mobil Bekas

18/03/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Lewat Tangan Dan Telinga, Anda Dapat Mengetahui Kondisi AC Mobil Bekas
Membeli mobil bekas memang banyak tantangannya. Kondisi kesehatan mobil bekas harus sangat diperhatikan agar tidak buntung saat membeli. AC (Air Conditioning) mobil adalah salah satu kerusakan yang cukup menjengkelkan. Namun jangan khawatir, karena lewat tangan dan telinga, Anda dapat mengetahui kondisi AC mobil bekas.

Enggak bisa dipungkiri, kerusakan AC adalah salah satu kerusakan pada mobil yang sifatnya menjengkelkan. Umumnya masalah ini terjadi pada mobil bekas yang sudah berumur. Maklum saja, semakin berumur usia mobil bekas tentunya akan semakin banyak juga checklist yang harus dilakukan. Ok set back, lantas bagaimana cara mengetahui kondisi AC mobil bekas lewat tangan dan telinga? Ini dia cara mudahnya...

>>> Baca juga: Spion Rusak Tertabrak Motor? Jangan Dulu Beli yang Baru!

Servis AC Nissan Juke Revolt

AC mobil yang rusak harus diperbaiki agar tidak menyiksa saat digunakan di jalan

1. Mendeteksi Kerusakan AC Lewat Tangan

Arahkan tangan Anda ke lubang kisi AC

Arahkan tangan Anda ke kisi AC mobil bekas incaran Anda setelah AC mobil dinyalakan

Mendeteksi kerusakan AC lewat tangan adalah yang paling mudah dan simpel untuk dilakukan. Karena Anda tinggal hanya menyalakan AC, atur suhu di posisi tengah atau paling dingin serta tunggu beberapa menit. Lalu arahkan tangan Anda ke kisi AC. Jika tangan Anda seperti tertusuk hawa dingin, maka dipastikan AC dalam kondisi normal atau sehat, sebaliknya bila tangan Anda tidak tertusuk hawa dingin maka indikasinya ada kerusakan pada AC mobil bekas yang Anda incar. Ingat, AC mobil juga punya umur pakai.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

2. Mendeteksi Kerusakan AC Lewat Telinga

Tampak Mesin 2GD-FTV

Nyalakan AC dan dengarkan suara kompresor AC-nya, trik ini memang butuh keahlian khusus namun mudah dipraktekkan

Hal kedua yang termasuk dalam cara mengetahui kondisi AC mobil bekas adalah lewat telinga Anda. Normalnya suara kompresor AC itu tidak terlalu berisik. Memang, ada beberapa mobil di Indonesia seperti Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia yang memiliki suara kompresoor AC lebih keras dibandingkan suara mesinnya. Kalau ada bunyi-bunyi aneh saat kompresor AC menyala, seperti bunyi kriet..kriet.. atau bunyi mengorok, maka Anda harus waspada. Bisa jadi AC mobil yang Anda incar bermasalah.

>>> Ingin tips yang mudah dalam merawat mobil? Ikuti terus artikel menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top