Langkah Cerdas Melindungi Mobil Setelah Hujan

17/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Berikut di bawah ini langkah cerdas yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mobil setelah hujan agar kondisinya tetap prima dan juga menarik.

Musim hujan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Guyuran air hujan deras membasahi bumi, tidak terkecuali mobil saat melintasi di jalan atau terparkir di area terbuka. Sepintas usai terkena guyuran hujan, kerap sebagian pengemudi abai melakukan perawatan melindungi mobil setelah hujan. Bahkan pascahujan, mobil dipakai seperti biasa keesokan harinya. 

>>> Ini Keuntungan Pakai Suku Cadang Asli Mobil

Cat Mobil Bisa Menjadi Kusam

Jika hal tersebut kerap dilakukan, potensi kusam cat pada bodi dapat terjadi. Tanpa disadari efeknya akan terjadi pada permukaan cat mobil kita yang dapat menyebabkan kualitas cat yang menempel berpotensi menurun. Jika bodi mobil diibaratkan rambut manusia, maka sudah sepantasnya jika mahkota kecantikan itu dijaga dan dirawat. Seperti halnya cat mobil yang keberadaannya sangat penting untuk selalu dijaga dan dirawat agar tetap bersih dan enak dilihat.

Gambar menunjukan mobil dan hujan

Cat bodi mobil sepantasnya dilindungi dari air hujan

Pada musim hujan seperti sekarang ini, cuaca di Tanah Air sangat tidak menentu. Dapat secara tiba-tiba turun hujan yang cukup lebat namun kemudian muncul kembali sinar matahari yang sangat terik. Untuk itu kita perlu melindungi mobil setelah hujan agar cat mobil kita penampilannya tetap prima dan juga menarik.

>>> Strategi Renaulution Milik Renault Grup Bertujuan Kuasai Segmen Mobil Listrik

Unsur air merupakan material yang mendera bodi mobil saat hujan. Unsur ini memang merupakan material utama merawat cat bodi mobil. Tapi air juga dapat menjadi musuh dari cat jika mobil yang basah sering dibiarkan kering dengan sendirinya karena akan menyebabkan pembentukan jamur pada sekujur bodi mobil.

 “Agar mobil selalu tampil kinclong dan enak dilihat, cat bodi mobil sepantasnya dilindungi dari serangan musuh-musuh yang berpotensi merusak. Sebaiknya melindungi mobil setelah hujan, mobil dirawat dengan membersihkan sekaligus mengeringkan bodi.” ujar Roni Agung, Kepala Bengkel Body & Paint Astra Peugeot Sunter.

Untuk mencegahnya sangat mudah. Pada saat mencuci mobil, lakukan pada tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas, langsung keringkan permukaan body mobil yang basah. Jika mobil terguyur hujan dalam perjalanan, ada baiknya segera keringkan titik air dengan lap chamois saat sampai di tujuan.

Komponen Mobil yang Harus Dalam Kondisi Baik

Selain merawat bodi mobil agar selalu kinclong setelah mobil diguyur hujan. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah keselamatan berkendara. Maka dari itu Anda wajib perhatikan komponen di bawah ini. Komponen pertama yang harus Anda perhatikan yakni ban mobil. Pastikanlah ban mobil kendaraan Anda dalam keadaan baik. Patikan juga ban tidak botak atau tidak memiliki alur untuk membuang air dan juga tekanan angin pada masing-masing ban sesuai dengan anjuran pabrikan.

Gambar menunjukan Berkendara saat hujan

Pastikan juga lampu, wiper dan ban mobil dalam kondisi bagus

Komponen selanjutnya yaitu wiper mobil. Melalui komponen ini tentunya akan membuat  visibilitas pandangan yang baik saat berkendara ketika hujan. Maka dari itu pastikanlah karet pada wiper bebas dari getas yang bisa menimbulkan baret pada kaca mobil. Terakhir yang harus diperhatikan yakni lampu mobil. Ketika jarak pandang Anda berkurang karena derasnya guyuran hujan. Komponen yang satu ini tak kalah vitalnya saat berkendara ketika hujan. Jadi pastikan lampu mobil Anda dalam keadaan baik juga.

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top