Land Rover Defender Startech, SUV Penjelajah Hutan Beton

15/06/2021

Perawatan dan service

3 menit

Land Rover Defender Startech, menjadi contoh luxury urban SUV bagi para pemilik Land Rover Defender generasi terbaru yang lebih suka menjelajah kota

Merasa sayang untuk menceburkan Land Rover Defender kesayangan ke kolam lumpur? Ya sudah, dimodif saja sekalian menjadi luxury urban SUV alias penjelajah mall atau perkotaan alias hutan beton. Butuh contoh? Ini dia salah satunya. Startech, salah satu rumah modifikasi yang berlokasi di Jerman sudah menyiapkan paket modifikasi SUV kota (aspal) untuk Land Rover Defender.

gambar grille

Bemper depan merangkap sebagai three-piece front spoiler

Hasilnya adalah proyek Land Rover Defender Sixty8 pada tahun 2015 yang hanya dibuat sebanyak 68 unit saja untuk menandai 68 tahun usia produksi Land Rover. Semua Land Rover Defender edisi istimewa tersebut terjual habis dan kini menjadi collector item. Seberapa istimewa Land Rover Defender Startech ini? Simak terus ulasan dari tim Cintamobil.com berikut ini...

>>> Land Rover Defender Menangkan Women’s World Car of the Year 2021

Modifikasi Jalanan

Kini,  memakai resep yang sama, Startech memulai proyek baru bersama  Land Rover Defender generasi terbaru (L663) dan menjadikannya  sebagai luxury urban SUV yang mewarisi semangat Sixty8. Secara teknis, tujuan modifikasi ini adalah menyempurnakan kemampuan jelajah on road  Land Rover Defender. Sebab tidak ada yang perlu diutak-atik terkait kapabilitas off road Land Rover Defender yang memang sudah istimewa.

gambar land rover

Kini menjadi penjelajah jalan aspal (on road)

Pada fascia depan, bemper disempurnakan dengan tambahan  three-piece front spoiler. Sedangkan  side sill model baru membantu mengurangi  gejala front-axle lift pada kecepatan tinggi. Beralih ke fascia belakang, Startech memasang spoiler belakang pada bagian atap. Tambahan lainnya adalah grafis bendera Union Jack pada pintu belakang untuk menggantikan ban serep sehingga  SUV legendaris Inggris ini tampil semakin elegan.  

gambar pintu

Pintu belakang berhiaskan bendera Union Jack yang menegaskan asal usul Land Rover Defender 

Selanjutnya semua panel bodi yang berwarna hitam atau  silver akan dicat ulang sewarna bodi atau dengan warna lain yang lebih kontras tergantung selera konsumen. Langkah berikutnya adalah memasang  velg custom 23 inci  Monostar E model 10-spoke dan ban aspal Yokohama dengan profil tipis. Utak-atik itu saja membuat pemilik Land Rover Defender semakin malas untuk terjun ke lumpur sawah.

gambar velg

Tersedia pilihan velg mulai ukuran 20 inci, 22 inci dan 23 inci

Karena sudah menjadi pemain jalan aspal, sekalian pengendalian ditingkatkan dengan cara memasang modul kontrol untuk menurunkan suspensi hingga 38 mm (on-road mode). O iya, kalau velg 23 inci dinilai terlalu besar, tersedia pilihan velg 22 inci dan 20 inci. Pada sisi lain, ketika Land Rover Defender berada dalam  off-road mode, modul kontrol akan mengembalikan suspensi  ke pengaturan maximum ride height guna memaksimalkan  ground clearance saat melalui jalan tanah.  

Kabin Mewah

Untuk kabin, Startech menyediakan pilihan baut anodized berwarna merah, biru atau hitam dan mengecat ulang  panel aluminium standar yang semula berkelir silver. Semua opsi tersebut ditujukan untuk  door trim, konsol tengah dan  dashboard. Sebagai rumah modifikasi, Startech juga menyiapkan aksesoris pendukung seperti karpet berlogo Startech, pedal set  aluminium, dan footrest.

gambar kabin

Kabin Land Rover Defender Startech dibuat mewah tanpa melupakan aspek fungsional

Dan untuk menjadikan  Land Rover Defender Startech semakin nyaman di jalan aspel, rumah modifikasi Startech memberikan opsi berupa lapisan kulit  Alcantara dengan beragam pilihan warna, pola jahitan serta  desain plafon atap.   

>>> Segini Biaya Modifikasi kaki-kaki Land Rover Defender Terbaru

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top