Kenali Penyebab dan Solusi Lampu Mobil Berembun

18/04/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Air yang masuk pada lampu mobil berembun bisa membuat konslet bohlam lampu sehingga harus diperbaiki. Jika tidak ingin itu terjadi simak tipsnya di bawah ini.

Permasalahan lampu mobil berembun kerap menghantui kendaraan Anda. Biasanya masalah terjadi pada pada bagian dalam mika atau kaca lampunya. Tidak hanya mobil-mobil lawas, masalah ini juga bisa dialami kendaraan baru.

>>> Pilihan Velg Buat Modifikasi Mobil yang Dapat Diskon PPnBM

Gambar menunjukan Lampu mobil berembun

Embun pada lampu mobil

Penyebab Lampu Mobil Berembun

Penyebab munculnya embun atau kondensasi di bagian dalam mika lampu umumnya terjadi karena adanya perbedaan suhu udara antara luar mika lampu dan bagian dalamnya. Sehingga muncul bintik-bintik air di dalam mika yang bisa merusak pemandangan selain fungsinya. Bahkan jika sering, hadirnya air bisa membuat konslet bohlam lampu.

Samsudi selaku Technical National PT Astra International Peugeot mengatakan bahwa penyebab munculnya embun pada lampu mobil dikarenakan cuaca hujan dan ketika mobil habis dibersihkan dengan air. Hal tersebut menjadikan adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar mika mobil sehingga menyebabkan lampu mobil bisa berembun.

“Munculnya embun di dalam mika lampu biasanya terjadi ketika cuaca sedang hujan atau mobil habis keluar dari tempat cucian mobil. Saat kondisi tersebut, perbedaan suhu antara ruang dalam dan luar mika terjadi hingga menyebabkan terbentuknya embun,” ucap Samsudin.

>>> Mau Jual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi? Ini Tipsnya Agar Cepat Laku!

Gambar menunjukan Lampu mobil berembun

Menghindari penyemprotan air bertekanan di seputar headlamp saat mencuci mobil

Cara Mencegahnya

Lampu mobil berembun jelas tidak bisa didiamkan begitu saja. Karena embun dapat masuk ke dalam rumah lampu, biasanya terjadi akibat sealant yang jadi perekat antara mika dan rumah lampu bocor. Hal ini bisa disebabkan oleh usia plastik yang sudah lama sehingga mulai getas termakan usia. Jadi kemungkinan air menyusup masuk kian besar.

Adanya air di dalam mika lampu bisa terjadi juga jika mobil habis menerjang banjir. Sehingga air bisa masuk melalui lubang ventilasi atau karet sil pelindung rumah bohlam (fiting lampu). 

Jika kondisi embun terlalu sering terjadi, bahkan hingga air masuk ke dalam rumah lampu, mau tidak mau lampu harus dibongkar. Lakukan perawatan sekaligus perbaikan di area yang rusak, sekaligus dibersihkan dan diberi sealant yang lebih baik agar tidak terjadi kebocoran.

“Tapi kalau belum sempat bawa ke bengkel khusus lampu, tindakan preventif yang bisa Anda lakukan adalah menghindari penyemprotan air bertekanan di seputar headlamp. Apalagi coba-coba menerobos banjir, terutama mobil-mobil rendah macam sedan,” tukas Samsudin.

>>> Honda Vario 125 2021 Pakai Striping dan Warna Baru

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top