Seputar Lampu HID Mobil Yang Wajib Anda Tahu

19/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Seputar Lampu HID Mobil Yang Wajib Anda Tahu
Pertimbangkan jika ingin memasang lampu HID (High Intensity Discharge) sebagai lampu utama. Selain punya manfaat dan fungsi besar, lampu HID mobil ini juga menyimpan kekurangan yang tidak bisa diremehkan.

Headlamp menjadi komponen wajib pada kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Dengan adanya lampu berkendara di malam hari dengan lebih nyaman dan pasti lebih selamat. Seiring teknologi yang semakin maju gaya HIDup juga berkembang. Lampu pada kendaraan bermotor menjadi salah satu sasaran inovasi. Jika sebelumnya hanya ada halogen sebagai lampu utama, kini bermunculan jenis lain. Termasuk lampu HID mobil yang kini semakin banyak digunakan karena penampilannya yang berbeda. Lantas apa untung rugi atau manfaat dan risiko memasang lampu intensitas tinggi tersebut?

Kelebihan dan Kekurangan Lampu HID

Sesuai namanya lampu HID (High Intensity Discharge) adalah lampu dengan intensitas cahaya tinggi. Lampu ini lebih 3x lipat lebih terang dan lebih kuat dari Halogen, namun lebih hemat daya listrik dibanding Halogen. Lampu HID bisa menghasilkan terang 2.800-3.000 lumen dengan daya listrik hanya 35 watt. Sedangkan lampu Halogen hanya menghasilkan terang sekitar 700-2.100 lumen dengan daya listrik yang sama.

Dengan perbedaan tersebut cukup bisa disimpulkan lampu HID mendatangkan sinar lebih terang, hemat konsumsi listrik, serta membuat penampilan mobil terasa lebih mewah dan eksklusif. Karena kelebihan itu pula sebagian produk mobil langsung dipasangkan lampu HID oleh pabrikannya.

Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Sinar yang terlalu tajam dari bohlam xenon tanpa filamen (kawat pijar) membuat lampu HID berpotensi membahayakan orang lain. Pengendara dari arah berlawanan mungkin mengalami kebutaan sementara dan kehilangan visibilitas. Kekurangan lainnya penggunaan lampu HID yang terlalu terang justru tidak bisa menembus hujan maupun kabut. Ini berbeda dengan lampu Halogen yang bersinar kekuningan sangat nyaman dipakai di saat suasana hujan dan kabut.

>>> Hati-hati, Silau Lampu Mobil Sumber Kecelakaan Fatal

Foto Berkendara malam hari sendirian

Fungsi utama lampu mobil untuk penerangan

Lampu HID mobil terbaik

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, tidak ada larangan menggunakan lampu HID sebagai lampu utama mobil sepanjang tidak menyalahi aturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu warna putih atau kuning muda.

Untuk warna pencahayaan ini lampu HID mobil tersedia dalam beberapa pilihan, mulai dari 3.000 Kelvin (K), 4.300 K, 6.000 K, 8.000 K, 10.000 K, 12.000 K, 16.000 K dan 25.000 K. Temperatur warna 3.000 K berwarna kuning pekat. Ini adalah kriteria lampu HID tembus hujan deras ataupun kabut pekat.

Lebih tinggi lagi temperatur cahaya 4.300 K menghasilkan warna putih kekuningan, sementara cahaya 6.000 K menghasilkan warna putih dan 8.000 K berwarna putih kebiruan. Sangat tidak disarankan memilih lampu HID dengan temperatur warna di atas 8.000 K karena mengurangi daya penetrasi cahaya saat hujan deras maupun kabut. Jadi sekali lagi jika Anda ingin pasang lampu HID mobil terbaik pilih yang tembus hujan, yaitu dengan spesifikasi pencahayaan 3.000 K.

Foto menunjukkan Perbandingan sinar lampu mobil

Perbandingan lampu Halogen dan HID

>>> Lampu Depan Mobil Porsche Bisa Dibuka dengan Mudah, Begini Caranya

Pasang lampu HID mobil

Berlanjut ke cara pemasangan lampu HID mobil atau mengganti headlamp lama dengan HID. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih, melakukan sendiri di rumah dan/atau membawa ke bengkel spesialis lampu mobil. Masing-masing punya keuntungan dan kekurangan.

Kalau ingin melakukan pemasangan sendiri, Anda harus benar-benar mengerti soal sistem kelistrikan mobil. Hal ini penting mengingat cara pasang lampu HID mobil lebih rumit dibanding lampu jenis lain. Berikut cara pasang lampu HID mobil sendiri sebagaimana dibagikan New Ramayana Motor, spesialis lampu di pusat Niaga Duta Mas Fatmawati lantai 2 No. 15 Jakarta Selatan.

  • Pertama; Ketahui dulu beberapa komponennya. Yaitu soket, kelistrikan, ballast dan lampu itu sendiri.
  • Kedua; Urutkan kabel lampu HID harus tepat, ada kabel warna merah dan hitam sesuai penempatan. Jangan salah karena lampu tidak akan menyala atau aki tekor.
  • Ketiga; perhatikan arus AC dan DC jika ingin memanfaatkan listrik dari situ. Jika tidak lampu HID bisa langsung mengambil arus dari baterai aki.
  • Keempat; Pasang ballast (alat pengendali voltase lampu dan menstabilkan aliran listrik) harus tepat. Sama dengan pemasangan kabel, jika pemasangan ballast tidak tepat mungkin terjadi korsleting pada lampu HID dan ballast itu sendiri.

Secara teori mudah, pengerjaannya cukup rumit. So, jika tidak mengerti soal kelistrikan sebaiknya jangan coba-coba. Lebih baik serahkan pekerjaan kepada bengkel spesialis lampu yang sudah berpengalaman.

Foto menunjukkan Komponen lampu HID

Banyak komponen yang harus dipasang secara teliti

>>> Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Hazard?​​​​​​​

Memang ada biaya tambahan untuk jasa bengkel. Namun itu lebih baik demi menghindari risiko kesalahan instalasi yang bisa berdampak lebih buruk. So, Anda tetap tertarik pasang lampu HID mobil, Berikut beberapa pilihan serta kisaran harganya!

  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie MH1 (2.5 Inch) 6000K : Rp 450.000+ Garansi 1 Tahun
  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie MG1S (2.5 Inch) 6000K : Rp 450.000+ Garansi 1 Tahun
  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie B1 (3.0 Inch) 4300K / 6000K / 8000K : Rp 450.000+ Garansi 1 Tahun
  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie G1 (3.5 Inch) 4300K / 6000K / 8000K : Rp 550.000+ Garansi 1 Tahun
  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie G1S (3.5 Inch) 4300K / 6000K / 8000K : Rp 550.000+ Garansi 1 Tahun
  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie X1C (3.5 Inch) 4300K / 6000K / 8000K : Rp 550.000+ Garansi 1 Tahun
  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie X1S (3.5 Inch) 4300K / 6000K / 8000K : Rp 550.000+ Garansi 1 Tahun
  • Lampu HID Projector Angel Eyes / Projie Panamera (3.5 Inch) 4300K / 6000K / 8000K : Rp 550.000+ Garansi 1 Tahun

Foto bengkel spesialis lampu mobil Yoong Motor

Serahkan kepada ahlinya agar tidak salah penanganan

>>> Baca tips dan trik mobil lainnya di sini!​​​​​​​

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ingin Pasang Stiker Lampu Mobil? Pahami Dulu Jenis-jenisnya

29/01/2020

Pengemudian

5 menit

Teknik aplikasi stiker lampu mobil perlu memperhatikan beberapa hal. Ini agar tidak salah tempel stiker yang akhirnya malah membuat pancaran lampu jadi buram.

Lihat juga

Lampu Mobil Redup, Mungkin Ini Penyebabnya

02/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Lampu mobil memiliki peran yang sangat krusial untuk keselamatan berkendara, maka harus selalu dilihat kondisinya. Jika lampu redup, kira-kira apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Lihat juga

Seperti Apa Tren Modifikasi Lampu Mobil Di Solo?

23/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat ini, tren modifikasi lampu mobil terus berkembang secara signifikan mengikuti kemajuan teknologi. Bukan hanya kota besar seperti Jakarta, tren modifikasi lampu mobil juga sudah sampai di kota Solo, seperti apa jelasnya?

Lihat juga

Hati-hati, Silau Lampu Mobil Sumber Kecelakaan Fatal

11/04/2019

Pengemudian

Hati-hati ketika Anda berkendara di malam hari, karena silau lampu mobil dari arah berlawanan bisa menyebabkan Anda mengalami kebutaan mendadak. Jika ini terjadi ketika Anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka kecelakaan fatal bisa mengancam.

Lihat juga

Waspadai, Lampu Mobil Berembun Bisa Berdampak Buruk Bila Tidak Diatasi

Masalah lampu mobil berembun bukan masalah baru, bahkan bisa dibilang sering terjadi. Tak hanya saat kehujanan saja, tapi juga muncul saat dicuci atau di pagi hari yang dingin. Selain mengurangi pencahayaan di malam hari yang membuat berkendara jadi berisiko, lampu mobil berembun bisa mengurangi penampilan dan kurang menarik saat di siang hari.

Lihat juga
 
back to top