Lakukan Tiga Langkah Ini Agar Schockbreaker Mobil Selalu Prima

11/07/2019
Shockbreaker memegang peranan penting dalam tingkat kenyamanan berkendara Anda, apa saja yang harus dilakukan agar kondisinya selalu prima?

Menjadi penghubung antara roda dengan body mobil, shockbreaker mobil sangat krusial bagi kenyamanan berkendara. Sedikit saja masalah, bukan tidak mungkin feeling Anda dengan mobil akan berubah menjadi tidak nyaman.

Selain gaya berkendara, kondisi jalan dan muatan yang masuk ke dalam mobil sangatlah mempengaruhi kerja shockbreaker mobil, yang pada akhirnya berdampak pada kondisi kaki-kaki mobil.

Ingin shockbreaker mobil Anda selalu dalam kondisi baik, dan mobil nyaman dikendarai? Simak tips merawat shockbreaker mobil dari Cintamobil.com

1. Hindari jalan berlubang

Kondisi jalan berlubang

Jangan terobos lubang dengan kecepatan tinggi, karena akan merusak shockbreaker

Di Indonesia, jalanan berlubang adalah hal yang kita jumpai sehari-hari. Beberapa orang punya pendekatan sendiri-sendiri saat menghadapi jalan berlubang, ada yang sangat berhati-hati menghadapi jalan berlubang, ada yang cenderung biasa saja, atau bahkan tetap agresif saat melewati lubang.

Tentu, saat Anda melibas lubang dengan tidak berhati-hati, atau dengan kecepatan tinggi akan mempengaruhi banyak komponen mobil Anda. Mulai dari pelek, ban, sampai shockbreaker.

>>> Miliki Bentuk Yang Kecil Dan Warna-Warni, Yuk Kita Mengenal Jenis Sekring Di Mobil

Jika terus-menerus mendapat siksaan dengan melewati lubang dengan ceroboh, maka ketiga komponen tersebut bisa saja mengalami kerusakan, khususnya shockbreaker.

Jadi, sebisa mungkin hindari jalan berlubang. Namun jika tidak punya pilihan lain, cobalah berhati-hati saat melewatinya.

2. Hindari Beban Berlebih

Honda Jazz warna biru dengan mutan berlebih

Muatan berlebih akan membuat kerja shockbreaker jadi semakin berat

Setiap mobil tentu memiliki kapasitas maksimal untuk menampung muatan, beban yang telalu banyak atau terlalu dipaksakan tentu akan mempengaruhi kaki-kaki mobil sebagai penopang mobil, khususnya shockbreaker mobil.

Jika mobil terus mendapatkan beban berlebih secara konstan, maka bagian shockbreaker rentan mengalami kebocoran, dan pada akhirnya akan mempengaruhi kenyamanan berkendara.

>>> Temukan mobil dengan harga serta kondisi terbaik di sini

3. Cek karet shockbreaker secara rutin

Komponen shockbreaker mobil

Perhatikan juga kondisi karet shockbreaker, dan langsung ganti saat terdeteksi kerusakan

Dalam shockbreaker mobil terdapat karet pelindung yang berfungsi menjaga shockbreaker tetap bersih dari kotoran, adapun karet tersebut terletak di dalam tabung shockbreaker.

>>> Jangan lewatkan tips perawatan mobil lainnya di sini

Jika karet pelindung getas atau hancur, maka kotoran-kotoran akan mudah masuk ke dalam shockbreaker, dan menggangu fungsi shockbreaker, dan membuatnya jadi aus dan terkikis.

Jika dibiarkan lama-kelamaan, maka kotoran tersebut berpotensi membuat shockbreaker mobilmu bocor. Oleh karena itu, karet shockbreaker harus dicek secara rutin.

Berikut tips merawat shockbreaker mobil agar selalu prima, untuk tips & trik menarik lainnya bisa Anda lihat di Cintamobil.com.

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain