Lakukan Hal Ini Agar Kaca Spion Elektrik Anda Berumur Panjang

31/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Lakukan Hal Ini Agar Kaca Spion Elektrik Anda Berumur Panjang
Jangan sepelekan kaca spion elektrik Anda, karena jika sampai bermasalah, akan mengganggu keamanan dan kenyamanan dalam mengemudi

Kaca spion dengan pengaturan elektrik sudah menjadi fitur di hampir semua mobil modern. Dengan adanya fitur kaca spion elektrik, sangat memudahkan Anda untuk mengatur posisi kaca spion yang ideal. Namun layaknya komponen lainnya, kaca spion elektrik ini juga rentan mengalami masalah, seperti macet atau bahkan pengaturannya tidak berfungsi sama sekali. Padahal, kaca spion elektrik yang bermasalah bisa dihindari dengan melakukan pencegahan dengan mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

>>> Jangan Asal, Begini Cara Bersihkan Kaca Spion

Foto ilustrasi pengecekan pada kaca spion elektrik

Kaca spion elektrik memang memudahkan kita dalam mengatur posisinya, namun jika bermasalah, akan sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara

Untuk menghindari kaca spion elektrik yang bermasalah, Anda bisa lakukan dengan cara menggerakkan kaca spion ke segala arah lewat menekan tombol yang tersedia. Lakukan hal tersebut secara berkala ketika sebelum mengemudi. Tujuannya, agar komponen mekanisme pada kaca spion elektrik tetap terjaga dengan baik. “Dengan menggerakkan kaca spion elektrik secara berkala, justru bisa menjaga komponen mekanikalnya, agar tetap fit dan terhindar dari macet,” ujar Yusuf, mekanik Astrido Toyota Pondo Gede, Bekasi. 

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada disini

Foto kaca spion elektrik dan tombol pegaturannya

Menggerakan kaca spion lewat tombol secara berkala mencegahnya dari penumpukan debu dan kotoran

Selain itu, dengan menggerakkan kaca spion elektrik secara berkala bisa mencegah penumpukan debu atau kotoran pada bagian mekanikalnya. Cukup gerakkan kaca spion elektrik ke barbagai arah selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, Anda bisa kembali mengatur posisi kaca spion yang ideal. Lakukan hal tersebut secara berkala agar terhindar dari kemungkinan macetnya pergerakan kaca spion elektrik.

>>> Dapatkan tips perawatan mobil hanya dari Cintamobil.com

Selain itu, pada kaca spion elektrik yang sudah mengaplikasi fitur retractable atau bisa terlipat lewat tombol atau secara otomatis, juga perlu perhatian lebih seksama. “Meski didesain tahan lama, namun jangan terlalu sering memaksa melipat kaca spion secara manual, karena bisa merusak sistem elektrikalnya atau bahkan bisa hang,” wanti Yusuf. 

Foto komponen mekanikal pada kaca spion elektrik

Komponen mekanikal pada kaca spion rentan macet karena penumpukan kotoran dan karat

Anda juga perlu memantau mobil Anda saat dicuci, terlebih ketika menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Hindari menyemprotkan air bertekanan tinggi tersebut pada bagian kaca spion elektrik secara langsung, karena bisa berisiko mengganggu atau bahkan merusak komponen elektrikalnya. Jika kotor, cukup bersihkan dengan air mengalir dan sabun. Setelah itu, pastikan kaca spion elektrik Anda agar kering dan tidak ada air yang tersisa. 

>>> Artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

 
back to top