Lakukan Hal Ini Agar Kaca Spion Elektrik Anda Berumur Panjang

31/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Lakukan Hal Ini Agar Kaca Spion Elektrik Anda Berumur Panjang
Jangan sepelekan kaca spion elektrik Anda, karena jika sampai bermasalah, akan mengganggu keamanan dan kenyamanan dalam mengemudi

Kaca spion dengan pengaturan elektrik sudah menjadi fitur di hampir semua mobil modern. Dengan adanya fitur kaca spion elektrik, sangat memudahkan Anda untuk mengatur posisi kaca spion yang ideal. Namun layaknya komponen lainnya, kaca spion elektrik ini juga rentan mengalami masalah, seperti macet atau bahkan pengaturannya tidak berfungsi sama sekali. Padahal, kaca spion elektrik yang bermasalah bisa dihindari dengan melakukan pencegahan dengan mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

>>> Jangan Asal, Begini Cara Bersihkan Kaca Spion

Foto ilustrasi pengecekan pada kaca spion elektrik

Kaca spion elektrik memang memudahkan kita dalam mengatur posisinya, namun jika bermasalah, akan sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara

Untuk menghindari kaca spion elektrik yang bermasalah, Anda bisa lakukan dengan cara menggerakkan kaca spion ke segala arah lewat menekan tombol yang tersedia. Lakukan hal tersebut secara berkala ketika sebelum mengemudi. Tujuannya, agar komponen mekanisme pada kaca spion elektrik tetap terjaga dengan baik. “Dengan menggerakkan kaca spion elektrik secara berkala, justru bisa menjaga komponen mekanikalnya, agar tetap fit dan terhindar dari macet,” ujar Yusuf, mekanik Astrido Toyota Pondo Gede, Bekasi. 

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada disini

Foto kaca spion elektrik dan tombol pegaturannya

Menggerakan kaca spion lewat tombol secara berkala mencegahnya dari penumpukan debu dan kotoran

Selain itu, dengan menggerakkan kaca spion elektrik secara berkala bisa mencegah penumpukan debu atau kotoran pada bagian mekanikalnya. Cukup gerakkan kaca spion elektrik ke barbagai arah selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, Anda bisa kembali mengatur posisi kaca spion yang ideal. Lakukan hal tersebut secara berkala agar terhindar dari kemungkinan macetnya pergerakan kaca spion elektrik.

>>> Dapatkan tips perawatan mobil hanya dari Cintamobil.com

Selain itu, pada kaca spion elektrik yang sudah mengaplikasi fitur retractable atau bisa terlipat lewat tombol atau secara otomatis, juga perlu perhatian lebih seksama. “Meski didesain tahan lama, namun jangan terlalu sering memaksa melipat kaca spion secara manual, karena bisa merusak sistem elektrikalnya atau bahkan bisa hang,” wanti Yusuf. 

Foto komponen mekanikal pada kaca spion elektrik

Komponen mekanikal pada kaca spion rentan macet karena penumpukan kotoran dan karat

Anda juga perlu memantau mobil Anda saat dicuci, terlebih ketika menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Hindari menyemprotkan air bertekanan tinggi tersebut pada bagian kaca spion elektrik secara langsung, karena bisa berisiko mengganggu atau bahkan merusak komponen elektrikalnya. Jika kotor, cukup bersihkan dengan air mengalir dan sabun. Setelah itu, pastikan kaca spion elektrik Anda agar kering dan tidak ada air yang tersisa. 

>>> Artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Auto2000 BSD Tawarkan Promo Spesial Free Kaca Film Lumar

30/09/2019

Event - Promosi

3 menit

Kabar gembira hadir bagi pelanggan Toyota Auto2000 BSD. Setiap pembelian All New Rush dan All New Corolla Altis Anda akan mendapatkan kaca film Lumar.

Lihat juga

Perlu Diketahui, Ini Pantangan Setelah Pasang Kaca Film Mobil

06/10/2019

Perawatan dan service

2 menit

Sebagian pemilik mobil mungkin ada yang belum tahu soal pantangan setelah pasang kaca film mobil. Bila melakukan pantangan tersebut, ada risiko yang membuat kaca film berusia pendek atau lepas. Tentu ini merugikan Anda karena harus memasang kembali dan mengeluarkan biaya tambahan. Apa saja pantangannya?

Lihat juga

Mengatasi Kaca Jendela Elektrik Tidak Lancar Atau Macet Sama Sekali

31/08/2019

Perawatan dan service

3 menit

Sisi kenyamanan jendela elektrik terletak pada pengoperasiannya yang sangat mudah, cukup dengan menekan atau mengangkat tombol power window kaca jendela bakal turun atau naik sesuai keinginan. Meski demikian bukan berarti jendela elektrik bebas masalah. Ada kalanya kaca tidak lancar saat turun ataupun naik, hingga macet total alias tidak bisa diturunkan ataupun diturunkan. Bila itu terjadi, apa yang mesti dilakukan?

Lihat juga

Ini Fungsi Kaca Film Selain Menolak Panas Matahari

23/07/2019

Perawatan dan service

3 menit

Sebagai aksesoris 'wajib' pada setiap mobil, kaca film dikenal mampu menolak panas matahari yang membuat kabin terasa lebih sejuk dan nyaman. Tapi bukan itu saja, ada fungsi kaca film lain yang tak kalah penting buat kaca mobil karena berhubungan dengan kondisi mobil dan keselamatan.

Lihat juga

Sepele Sih, Tapi Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wiper dan Kaca Mobil Cepat Rusak

29/05/2019

Perawatan dan service

3 menit

Antara wiper dan kaca mobil memang tidak bisa dipisah satu sama lain. Namun kebiasaan buruk ini bisa membuat keduanya cepat rusak, wiper tidak bekerja maksimal dan visibilitas pengemudi jadi terganggu.

Lihat juga