Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kabin Mobil Tetap Dingin

15/05/2019
Menjaga kabin mobil tetap dingin mungkin idaman setiap pemilik kendaraan, termasuk juga Anda. Namun terkadang hal itu sulit untuk dilakukan karena Anda kerap kali berkendara di cuaca yang sangat terik atau mobil terparkir cukup lama di bawah sinar matahari langsung.

Kabin mobil yang selalu sejuk tentu akan meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Tetapi beberapa faktor eksternal membuat ruang interior mobil seakan berubah jadi seperti oven panas yang membuat seluruh penumpang jadi tidak nyaman.

>>> Cara Cepat Mendinginkan Kabin yang Panas Ketika Parkir

Kali ini tim Cintamobil.com akan bagi-bagi tips untuk menjaga kabin mobil tetap dingin. Berikut penjelasannya:

1. Pasang Kaca Film

Pasang kaca film mobil

Kaca film akan membantu melindungi kabin dari panas sinar matahari

Kaca film bertugas untuk menangkal dan menyerap sinar matahari agar tidak langsung masuk ke ruang kabin mobil. Karena itulah pemasangan kaca film sangat dianjurkan untuk membuat interior tetap sejuk meski Anda berkendara di cuaca yang cukup panas.

2. Beri Alas Kain atau Handuk

Pasang pelapis pada dasbor

Dasbor dilapis kain bisa sedikit mengurangi hawa panas

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Jika ternyata kaca film yang Anda gunakan belum bisa menahan panas matahari dari luar dengan sempurna, maka sebaiknya beri alas tambahan dengan kain atau hantuk. Bagian yang dialasi adalah yang langsung berdekatan dengan kaca mobil, seperti dasbor atau lingkar kemudi.

3. Gunakan Pelapis Jok Bahan Terbaik

Pelapis jok bahan kulit

Sebaiknya pakai bahan terbaik untuk pelapis jok

Tanpa Anda sadari, jok dengan bahan pelapis yang berkualitas dapat menyerap panas dari sinar matahari. Tentunya ini bisa membuat kabin mobil terjaga temperaturnya.. Mungkin harga bahan pelapis jok berkualitas cukup mahal, tetapi ini akan membuat Anda berkendara lebih nyaman.

>>> Tips Merawat Interior Berwarna Cerah

4. Parkir di Tempat Sejuk

Parkir di bawah pohon rindang

Parkirlah di tempat yang terlindungi dari matahari

Jika Anda harus parkir di tempat terbuka untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya pilih tempat yang terlindungi dari pancaran sinar matahari langsung. Misalnya di bawah pohon atau di dekat kanopi gedung. Cara ini dapat menjaga temperatur pada kabin mobil tetap stabil.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

5. Jangan Langsung Aktifkan AC

Kisi-kisi AC mobil

Gunakan AC dengan bijak

AC memang menjadi solusi paling ampuh guna membuat interior mobil jadi lebih sejuk. Namun sebaiknya jangan langsung aktifkan AC sesaat sebelum Anda berkendara, apalagi setelah mobil parkir di ruang terbuka. Buka terlebih dulu kaca jendela untuk memberikan sirkulasi udara kabin yang panas berganti dengan udara baru dari luar. Setelah hawa panas berkurang atau hilang, baru aktifkan AC. Selain menjaga kabin mobil tetap dingin, hal ini juga akan memperpanjang usia komponen AC.

>>> Tips & trik tentang mobil paling lengkap ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain