Lakukan 3 Cara Ini Untuk Membuat AC Mobil Lebih Dingin Dan Awet

22/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Lakukan 3 Cara Ini Untuk Membuat AC Mobil Lebih Dingin Dan Awet
Seringkali kita merasakan bahwa AC mobil terasa kurang dingin. Tentu suasana siang menjadi sangat gerah, apabila AC tidak bekerja maksimal. Merespon hal tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan 3 cara membuat AC mobil lebih dingin dan awet.

3 Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin

Seiring perjalanan waktu, terkadang kita merasakan bahwa AC mobil yang dulunya dingin, kini menurun performanya. Bahkan bisa saja, yang keluar hanyalah hembusan angin saja, meski sudah mengatur temperatur yang paling tinggi.

Tak perlu khawatir, Cintamobil.com punya 3 cara membuat AC mobil lebih dingin. Setelah melakukan hal-hal ini, dijamin AC mobil akan menjadi lebih dingin dan lebih awet dari sebelumnya.

  • Servis AC Mobil Secara Berkala

Bukan saja mesin dan kaki-kaki yang diberikan perawatan, tapi juga AC mobil. Penting bagi Anda untuk melakukan servis AC mobil secara berkala di bengkel-bengkel AC mobil terdekat. Disarankan untuk melakukan servis setiap 18 bulan sekali.

>>> Jangan Anda Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Penyebab AC Mobil Jadi Cepat Rusak

Jangan lupa pula, selama melakukan servis pastikan untuk mencuci bagian Evaporator dan mengganti Freon. Umumnya dua hal tersebut mampu merogoh kocek di kisaran Rp. 250 ribuan saja.

Servis AC Mobil Secara Berkala harus dilakukan supaya kesehatan AC mobil tetap terjaga

Jangan lupa untuk selalu servis AC mobil secara rutin

Di sisi lain, Anda juga perlu mengganti Filter AC setidaknya 6 bulan sekali. Begitu juga soal oli kompresor AC setiap 3 tahun sekali. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan performa AC yang tetap optimal serta menjaga keawetannya.

>>> Jangan sampai ketinggalan info mobil-mobil terbaru selengkapnya dengan klik link ini

  • Cobalah Mengganti Kaca FIlm

Kaca Film pada mobil punya fungsi untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Pasalnya, cahaya matahari bisa menghasilkan infra merah serta Ultraviolet (UV) pada kulit Anda. Hal ini yang umumnya juga dapat memberi efek panas dalam kabin mobil.

Jika perlu, cobalah mengganti kaca Film di kursi deret depan, menggunakan 40 persen dan kaca belakang di angka 60 persen. Windshield juga bisa diganti dengan kaca film 30 persen. Dengan formasi tersebut, bisa menjadikan kaca sedikit lebih gelap dan membuat kabin lebih dingin dari sebelumnya.

Jaga Kebersihan Interior juga penting dilakukan supaya tidak ada debu yang tersedot ke dalam komponen AC mobil

Bisa juga untuk mengganti kaca film yang lebih gelap namun tidak melepaskan unsur keselamatan

>>> Ada rencana membeli mobil baru atau bekas? Simak dulu harga pasaran mobil selengkapnya di sini

  • Jaga Kebersihan Interior

Interior mobil yang kotor akan membuat debu-debu bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen AC. Maka dari itu ada istilah Filter AC kotor, menyumbat proses pendinginan sehingga mampu membuat AC menjadi tidak dingin.

YouTube CintamobilTV, Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Mudah

Beberapa komponen lain pun bisa ikut tersumbat dan mampu menimbulkan efek korosi, jika dibiarkan terlalu lama. Supaya terhindar dari hal tersebut, jaga kebersihan interior mobil Anda sehingga debu yang masuk ke dalam AC bisa diminimalisir. Di sisi lain, jangan sering-sering membuka kaca mobil atau merokok di dalam mobil.

>>> Simak pula tips dan trik mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Jangan Anda Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Penyebab AC Mobil Jadi Cepat Rusak

04/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

AC merupakan salah satu komponen penting bagi penumpang mobil. Namun terkadang kebiasan buruk yang kita lakukan tidak disadari dapat merusak kualitas AC mobil.

Lihat juga

Waduh, Ternyata Menyalakan Double Blower AC Mobil Banyak Ruginya

26/09/2019

Pengemudian

5 menit

Ketika menyalakan double blower AC mobil, ternyata memiliki beberapa dampak buruk. Tentunya efek negatif itu akan dirasakan pada Anda sebagai pemilik mobil.

Lihat juga

Mengganggu Kenyamanan, Ini Penyebab AC Mobil Berisik

27/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Penyebab AC mobil berisik ada beberapa hal. Namun yang jelas kondisi ini akan mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara. Yuk kenali penyebabnya berikut ini.

Lihat juga

Menjaga Tetap Sejuk, Berapa Kilometer Ideal Servis AC Mobil?

11/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Perawatan berkala menjadi hal wajib dan rutin sebagai pemilik mobil. Selain ganti oli, servis AC mobil ternyata juga harus dilakukan secara berkala. Rutinitas servis AC ini untuk menjaga kondisi AC tetap baik sehingga mobil tetap nyaman saat digunakan untuk perjalanan jauh atau dekat. Lantas berapa kilometer yang idela untuk servis AC mobil?

Lihat juga

Ini Beberapa Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Sering Dilakukan

02/09/2019

Pengemudian

5 menit

Para pemilik mobil, kadang kala melakukan kesalahan menyalakan AC mobil. Berharap kabin mobil cepat dingin setelah menyalakan AC, malah hal sebaliknya yang didapat.

Lihat juga