Lagi Iseng di Rumah Aja, Yuk Belajar Memeriksa Kondisi Busi Sendiri!

31/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Lagi Iseng di Rumah Aja, Yuk Belajar Memeriksa Kondisi Busi Sendiri!
Ketika Anda sedang diam di rumah saja, pastinya bisa menjadi hal yang membosankan. Kenapa tidak belajar saja memeriksa kondisi busi kendaraan kesayangan Anda?

Kegiatan ngebengkel di rumah

Diam di rumah tentu menjadi hal yang sangat membosankan, sebab tidak banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan selain urusan rumah dan sekitarnya. Bagi Anda pecinta otomotif tentu hal ini membuat jari jari kita lebih cepat gatal, karena praktis kegiatan touring, ngoprek dan kumpul komunitas menjadi tertunda.

>>> 4 Langkah dan Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam saat #DirumahAja

Gambar menunjukan Memeriksa kondisi busi

Pengecekan kondisi busi ketika di rumah aja bisa menambah pengetahuan Anda

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kegiatan ngebengkel di rumah yang sifatnya tidak banyak membutuhkan peralatan lengkap. Salah satunya adalah memeriksa kondisi busi kendaraan kita. Untuk kalian pengguna motor tentu relatif lebih mudah karena tidak banyak compartment yang harus dibuka dibandingkan dengan mobil yang lebih banyak usaha untuk melakukannya.

Menurut Diko selaku Aftermarket Technical Support NGK Spark Plug Co secara umum tidak ada yang membedakan antara busi motor dan mobil.

“Secara umum gak ada yang berbeda busi mobil dengan motor, begitu juga dengan proses pegecekan dan pembersihannya.” ungkapnya kepada Cintamobil.com Selasa (31/3/2020).

>>> Stop Jualan di RI, Ini 26 Dealer yang Masih Terima Servis Mobil Chevrolet

Gambar menunjukan Kondisi busi mobil

Siapkan peralatan sebelum mencoba periksa kondisi busi kendaraan Anda

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka compartment, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat seberapa kerusakan busi kita.

Lakukan Pengecekan Kondisi Busi

Busi yang sudah dibuka segera dilakukan pengecekan memeriksa kondisi busi  dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya. Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flashover bahkan keausan normal pun bisa kita lihat secara jelas. Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon maupun tingkat keausan tinggi kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternatif pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya.

>>> Review Daihatsu Sirion 2020: Ubahan Strategis Agar Lebih Modis

Untuk proses membersihkannya juga perlu diperhatikan beberapa hal, kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian dibersihkan menggunakan kain. Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat. 

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu membantu kita mengembalikan performa busi menjadi seperti baru agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik menarik lainnya di sini

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Begini Tips Memilih Cairan Wiper agar Kaca Berkilau Bebas Jamur

28/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Untuk menjaga kondisi kaca mobil, perangkat pembersih kaca harus benar-benar Anda perhatikan. Tidak cuma karet wiper saja, memilih cairan wiper juga harus Anda perhatikan untuk kebersihan kaca mobil.

Lihat juga

Begini Tips Memilih Ford Fiesta Bekas yang Punya Harga Mirip LCGC

18/03/2020

Jual beli

4 menit

Ford Fiesta 2014 bisa jadi alternatif menarik bagi Anda yang mencari mobil entry level di bawah Rp 150 juta. Namun saat memilih hatchback Amerika tersebut, ada hal yang harus diperhatikan, apa saja?

Lihat juga

Mau Jadi Kolektor Mobil Klasik? Simak Tips Berikut

17/03/2020

Jual beli

5 menit

Tidak ada salahnya jika Anda berniat untuk menjadi kolektor mobil klasik. Namun sebelum memulai mengumpulkan mobil-mobil klasik, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Lihat juga

7 Tips Penting Mencari Mobil yang Cocok untuk Wanita Pemula

27/03/2020

Jual beli

3 menit

Anda wanita dan masih baru dalam dunia otomotif? Berikut beberapa tips penting dari Cintamobil.com ketika mencari mobil yang cocok untuk wanita pemula.

Lihat juga

6 Tips Memilih Setir Mobil Racing: Kepraktisan atau Estetika?

24/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tak sedikit yang menggunakan setir mobil racing untuk menghadirkan tampilan yang lebih sporty. Tapi bagi Anda yang ingin berkreasi, perhatikan beberapa faktor berikut ini.

Lihat juga