Ladies, Mumpung di Rumah Saja Yuk Cek Kondisi Mobil Sendiri

20/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ladies, Mumpung di Rumah Saja Yuk Cek Kondisi Mobil Sendiri
Ketika kampanye di rumah saja sedang bergaung demi menghindari penyebaran virus corona, yuk saatnya belajar merawat mobil sendiri. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Saat ini Pemerintah Republik Indonesia (RI) mengimbau agar masyarakat membatasi aktifitas di luar rumah. Tujuannya demi menekan penyebaran virus corona di Indonesia agar tidak menjadi lebih parah.

Jika tidak ada kebutuhan mendesak, sebaiknya jangan berpergian dan menghindari kerumunan orang banyak. Kemudian bekali diri sendiri dengan alat-alat pencegah penyebaran virus corona. Seperti menggunakan masker dan sarung tangan.

Seiring imbauan ini, kampanye dengan hastag #dirumahsaja pun menggema. Dengan kampanye ini diharapkan masyarakat tetap berada di rumah saja hingga pandemi virus corona mereda.

Untuk Anda khususnya para wanita, saat berdiam di rumah untuk waktu yang lama biasanya akan membuat bosan. Karena itulah isi dengan berbagai aktifitas yang bermanfaat. Misalnya merawat mobil Anda sendiri. Apa saja yang perlu diperhatikan saat merawat mobil di rumah? Berikut tipsnya dari Cintamobil.com

>>> Tune Up Mobil Sendiri di Rumah? Mudah Kok!

1. Memeriksa Tekanan Ban

ukuran tekanan ban mobil

Ukuran tekanan ban ada di bagian pintu pengemudi

Para pengemudi wanita mungkin selama ini Anda tidak mengetahui berapa tekanan ban yang sesuai di kendaraan Anda. Nah saat di rumah saja, sebaiknya mulai pelajari hal ini. Cek tekanan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. Caranya dengan melihat stiker petunjuk tekanan ban yang ada di bagian pintu pengemudi. Atau bisa juga dengan melihat di buku petunjuk pedoman kepemilikan mobil.

2. Membuka Kap Mesin

tuas pembuka kap mesin mobil

Tuas pembuka kap mesin di bawah setir

Kelihatannya sepele, tapi bisa saja kalian para wanita tidak mengerti cara membuka kap mesin mobil Anda sendiri. Caranya, Anda lebih dulu harus mengetahui letak tuas pengait pembukan kap mesin. Posisnya sering kali ada di bagian bawah dashboard sisi pengemudi. Tarik tuas pengait sampai bunyi tanda kap mesin terbuka.

Selanjutnya di balik kap mesin, dekat gril bagian atas, ada tuas juga. Cungkil tuas tersebut dengan jari tangan sampai kap mesin bisa terangkat sepenuhnya. Lalu ganjal kap mesin dengan besi penahan kap mesin yang disediakan di ruang mesin tersebut.

>>> Ada berbagai promo mobil baru yang menarik buat Anda para wanita aktif

3. Periksa Air Radiator

isi air radiator mobil

Kalau air radiator kurang, segera tambahkan

Setelah kap mesin terbuka, Anda bisa mulai mengecek beberapa komponen mesin. Misalnya air radiator, buka tutup radiator untuk melihat kadar volume air di dalam komponen tersebut. Pastikan cairan ada di batas atas tutup radiator. Yang perlu diperhatikan, saat membuka tutup radiator, pastikan mesin tidak dalam keadaan panas atau sedang hidup.

>>> 3 Jenis Air Radiator yang Perlu Anda Ketahui, Mana yang Terbaik?

4. Cek Kondisi Oli

dipstick oli mesin mobil

Cek kondisi oli melalui dipstick

Setelah itu Anda bisa mengecek kondisi oli mobil mumpung sedang di rumah saja. Caranya, dengan mengangkat dipstick oli yang posisinya dekat blok mesin. Pertama kali, usap dipstick dengan tisu atau lap bersih. Kemudian masukkan lagi dipstick lalu cabut kembali. Perhatikan kondisi dan volume oli. Pastikan oli masih berwarna cokelat cerah dan volume oli ada di batas maksimal. Tidak kurang dan tidak lebih.

>>> Tipe Memilih oli mobil full synthetic terbaik untuk Kendaraan Anda

5. Perhatikan Cairan Wiper

periksa air wiper mobil

Air wiper juga diperlukan saat kondisi kaca depan kotor

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik merawat mobil yang berguna lainnya

Setelah oli, coba juga perhatikan kondisi air wiper. Walau tidak berpengaruh langsung ke mesin, cairan ini amat berharga agar kaca mobil kembali bersih. Tambahkan cairan jika kurang atau berada di bawah garis maksimal.

Nah kalau sudah terbiasa memeriksa kondisi mobil sendiri saat di rumah saja, maka nantinya Anda akan terbiasa melakukan perawatan mobil sendiri di rumah sebelum beraktifitas.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top