Ladies, Jangan Sampai Telat Ganti Oli Mobil Ya Biar Tak Begini

19/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ladies, Jangan Sampai Telat Ganti Oli Mobil Ya Biar Tak Begini
Telat ganti oli bisa menimbulkan dampak buruk terhadap kinerja mesin dan juga mobil Anda. Berikut ini dampak yang ditimbulkan kalau Anda telat ganti oli mobil.

Oli memiliki fungsi untuk membersihkan dan menjaga mesin mobil agar tidak tergerus akibat gesekan dengan komponen lainnya. Oli juga dapat menjaga agar mesin dapat bekerja secara optimal. Tetapi, oli memiliki jangka waktu tertentu untuk diganti. 

Biasanya, masa waktu ganti oli mengacu pada seberapa sering mobil dipakai. Tapi, bisa juga penggantian dilakukan karena sudah melewati rentang masanya. Namun demikian, tak sedikit pengendara yang melewatkan untuk mengganti oli mobilnya. Terlebih kaum hawa nih yang kerap mengabaikan perawatan mobil karena kesibukannya. Padahal, telat ganti oli bisa menimbulkan sejumlah masalah pada mobil. Apa saja masalahnya? Simak rinciannya berikut dikutip Cintamobil dari laman Daihatsu Indonesia, Jumat (19/3/2021). 

ganti oli

Penggantian oli sebaiknya mengacu pada waktu berkala yang telah ditentukan

>>> Pentingnya Menggunakan Oli Mobil yang Sesuai dengan Tipe Mesin

1. Bensin Boros  

Pernah nggak sih ladies merasa penggunaan bensin lebih boros dari biasanya? Ada baiknya untuk mengecek waktu berkala penggantian oli. Telat mengganti oli juga rupanya bisa membuat pemakaian bahan bakar jadi boros. Mengapa bisa begitu? Gesekan yang terjadi antara komponen-komponen pada mesin mobil akan berkurang dengan adanya oli mobil sebagai pelumas mesin mobil. Gesekan yang halus akan membuat performa kerja mobil semakin meningkat. Tentunya juga akan semakin nyaman digunakan.

Namun, hal yang sebaliknya akan terjadi apabila oli mobil tidak berfungsi secara optimal. Oli mobil yang jarang diganti akan berpengaruh dan membuat gesekan akan semakin kuat dan tarikan akan semakin berat. Hal tersebut menyebabkan mesin memerlukan sumber tenaga tambahan yang lain, yaitu bensin. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan terjadi, bensin yang digunakan pada mobil akan menjadi cepat habis.

Car Dashboard, Speedometer, Speed, Car, Dashboard

Pemakaian bensin bakal lebih boros

2. Overheating

Mungkin istilah overheating akrab didengar di telinga Anda. Overheating merupakan kondisi mesin mobil mengalami kenaikan suhu dan menjadi sangat panas. Performa kerja oli mobil sebagai pendingin mobil tidak akan menjalankan fungsinya secara maksimal apabila telat ganti oli. Hal tersebut mengakibatkan mobil berpotensi menimbulkan overheating. 

>>> Waspada, Inilah 4 Bahaya Oli Mesin Mobil Bocor

3. Kualitas Mesin Menurun

Bagian mobil yang merasakan dampak langsung dari telat mengganti oli adalah mesin. Oli yang tidak diganti tepat waktu akan berpengaruh besar pada kinerja mesin mobil. Pada dasarnya, oli memiliki fungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja mesin.

Oli yang tidak diganti akan menjadi semakin hitam dan kental. Hal tersebut menyebabkan fungsi oli sebagai pelumas seluruh komponen mesin akan menurun. Tentunya juga berdampak pada turunnya kinerja mesin mobil. Selain itu, suara mesin juga akan terdengar semakin kasar. Bahkan bisa saja mesin mobil Anda akan sulit dinyalakan saat pertama kali ingin digunakan di pagi hari.

Gambar Mengganti oli mobil Mitsubishi

Rutin mengganti oli membuat mobil bekerja lebih optimal

4. Komponen Mesin Bisa Rusak

Telat mengganti oli dapat membuatnya kental dan cepat kotor. Di samping itu, komponen mesin seperti silinder dan piston berpotensi rusak. 

Oli mobil yang tidak diganti menyebabkan mesin bekerja ekstra keras hingga dapat menimbulkan karat, bahkan parahnya mengakibatkan kebakaran. 

Nah itu tadi sejumlah dampak dari telat ganti oli. Jangan lupa ya ladies untuk mengganti oli sesuai waktu berkalanya. Kalau malas pergi ke bengkel, Anda bisa menggantinya sendiri di rumah.

>>> Hati-Hati, Jalan Aspal Berlumpur Sama Bahayanya Ketumpahan Oli

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top