Kunci Socket, Alat 'Sakti' Para Mekanik

07/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kunci socket menjadi pilihan utama para mekanik untuk membongkar, memasang, mengendurkan, dan mengencangkan baut dan mur yang keras dan sulit diakses

Kunci socket atau kunci sok adalah salah satu hand tool atau  perkakas yang dioperasikan dengan tangan oleh  mekanik untuk berbagai keperluan utak-atik mobil dan sepeda motor. Secara umum, tingkatan kunci soket berada di atas kunci pas dan kunci ring karena memiliki kelengkapan dan kemampuan kerja yang lebih tinggi dibanding kunci jenis lainnya. 

>>> Hati-Hati, Ini Cara Maling Bobol Keyless Entry Mobil Anda!

Kegunaan  

gambar kunci sok

Kunci sok lebih optimal untuk pengerjaan baut dan mur serta lebih fleksibel penggunaannya

Sama seperti kunci pas dan kunci ring, kegunaan  kunci socket adalah mengendurkan dan mengencangkan berbagai macam baut atau mur pada kendaraan bermotor. Boleh disebut hampir semua komponen baut dan mur bisa dilepas dan dipasang dengan kunci socket. Secara spesifik, kunci socket memiliki keunggulan lebih erat saat “memegang” baut dan mur jika dibandingkan dengan kunci pas dan kunci ring.  

Kunci soket

gambar kunci sok

Kunci sok dengan konstruksi kepala  tipe 6 point (hexagon)  

Pada umumnya,  kunci socket yang sering digunakan untuk bongkar pasang mobil dan sepeda motor  mempunyai ukuran mulai 8 mm sampai 32 mm. Menilik konstruksinya, kunci socket terbagi menjadi 6 point (hexagon) dan 12 point (bi-hexagon) sehingga sangat optimal saat digunakan untuk mengendurkan baut dan mur yang keras dan sulit dibuka. Apalagi kini semakin banyak baut-baut tertentu yang menganut model kepala 12 point.  

Alat Tambahan

Tidak seperti kunci pas dan kunci ring, maka kunci socket hanya berupa “kepala” sehingga butuh alat tambahan untuk penggunaannya. Secara keseluruhan alat tambahan untuk kunci socket terbagi menjadi beberapa macam; 

1. Ratchet Handle 

gambar ratchet handle

Ratchet handle untuk mengoperasikan kunci sok dengan putaran clockwise dan anti-clockwise

Bagian dalamnya dilengkapi mekanisme roda gigi sehingga bisa dioperasikan dengan putaran searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sehingga tidak perlu melepas kunci soket. Namun jangan memakai ratchet handle untuk membuka atau mengendurkan baut dan mur yang keras karena akan merusak mekanisme roda gigi di dalamnya.  

2. Breaker Bar

gambar breaker bar   

Breaker bar untuk menangani baut dan mur yang keras

Breaker bar atau power bar adalah “non-ratcheting handle” dengan panjang sekitar 300 mm sehingga memberikan kekuatan ekstra untuk mengendurkan atau membuka baut dan mur yang keras. Gunakan breaker bar  untuk menggantikan ratchet   handle saat menangani baut dan mur yang sulit dibuka. Umumnya, setengah putaran (180o) dengan breaker bar sudah cukup untuk membuat baut dan mur kendur sehingga bisa dilepas dengan ratchet handle.  

3. Sliding T-Handle

gambar sliding t handle

Sliding T handle, kepala square drive bisa digeser sesuai kondisi pengerjaan 

Perangkat ini membantu pengoperasian kunci soket terutama di lokasi dengan akses terbatas dan sempit. Kepraktisan dibantu oleh kepala square drive untuk memegang kunci sok yang bisa digeser-geser sesuai kebutuhan. Karena kepala square drive bisa  digeser, maka handle bar bisa dioperasikan dengan satu tangan atau dua tangan. 

4. Extension Bar 

gambar extension bar

Extension bar untuk memperpanjang jangkauan kunci sok

Sesuai namanya, penggunaan extension bar bertujuan untuk menambah panjang jangkauan mata kunci sok. Terutama untuk mengendurkan atau mengencangkan baut dan mur di lokasi yang sulit dicapai jika hanya memakai ratchet handle. Cara menggunakan extension bar, pasang kunci sok ke extension bar dan kemudian sambungkan extension bar  ke ratchet handle.  

5. Universal Joint 

gambar universal joint

Universal joint digunakan untuk pengerjaan dengan sudut sempit

Digunakan saat harus mengendurkan atau mengencangkan baut dan mur yang berada di lokasi sudut yang sulit dijangkau. Umumnya, penggunaan universal joint digabungkan dengan extension bar dan ratchet handle sehingga memaksimalkan kepraktisan. Universal joint bisa dipasangkan langsung ke kunci sok dan disambung dengan extension bar.   

>>>Gunakan Kunci Pas Sesuai Aturan

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top