Gunakan Kunci Pas Sesuai Aturan

16/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Sebagai alat kerja tangan, kunci pas memiliki ukuran spesifik dan prosedur kerja tertentu sehingga harus digunakan sesuai dengan aturan agar tidak rusak

“Tolong ambilkan kunci pas 10,” kata Syawir (pemilik bengkel KE System merangkap mekanik senior) kepada Buyung, siswa SMK yang baru sebulan  magang. “Maaf bang, kunci pas itu seperti apa ya, 10 itu maksudnya apa ya?” tanya Buyung kebingungan. Selaku mekanik senior, bang Syawir lalu menjelaskan dengan sabar pada Buyung. Nah, masih adakah yang bingung seperti Buyung?   

>>> Pengecatan Bumper Mobil Cuma Rp 300 Ribuan? Bisa Coba di Bengkel Ini!

Banyak Nama  

Salah satu hand tool yang paling umum dan banyak dijumpai di bengkel adalah kunci pas yang mempunyai berbagai nama. Ada yang memakai nama kunci pas, ada yang menyebut open end spanner dan ada yang menyukai istilah open end wrench. Kata “wrench” berasal dari  Middle English (wrench), Old English (wrenċ) dan Proto-Germanic “wrankiz”. Istilah wrench pertama kali digunakan pada tahun 1790. Sedangkan kata “spanner” dipakai mulai tahun 1630-an, mengacu pada “kunci pemutar per” untuk senjata api jenis senapan yang menganut mekanisme kerja model wheel-lock. Kata “spanner” berasal dari bahasa Jerman, spanner (kata benda) dan spannen (kata kerja).   

Konstruksi 

gambar kunci pas

Mempunyai "rahang" terbuka pada kedua sisinya   

Open end spanner atau open end wrench memiliki ciri spesifik berupa kedua bagian ujungnya mempunyai konstruksi terbuka (open end) yang membentuk huruf “C” atau huruf “U” tergantung dari sudut lihat. Umumnya, kunci model rahang terbuka ini terbuat dari bahan logam jenis chromium vanadium steel (CrV) sehingga keras dan kuat serta tahan abrasi, korosi dan oksidasi.     

Fungsi

 gambar kunci pas

Untuk mengendurkan atau mengencangkan baut dan mur yang tidak terlalu keras  

Kunci dengan kedua ujung terbuka ini dipakai untuk mengendurkan atau mengencangkan baut dan mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya. Atau untuk mengendurkan baut dan mur yang sudah dikendurkan dengan hand tool lain seperti kunci ring atau kunci soket. Karena kedua bagian ujungnya terbuka, kunci jenis ini lebih cepat untuk mengendurkan baut dan mur. Pada sisi lain, kunci model ini hanya bisa dipakai untuk pengerjaan baut dan mur dengan kepala model segi enam atau kotak.            

Pemakaian 

gambar kunci pas

Jangan sampai miring agar kunci, buat dan mur tidak rusak 

Ukuran kunci harus sesuai dengan ukuran kepala baut dan mur. Contoh, kunci ukuran 10 (mm) hanya boleh digunakan untuk pengerjaan baut dan mur ukuran 10 mm. Pastikan posisi kunci ini sudah memegang kepala baut dan mur dengan erat dan tepat, jangan miring untuk mencegah kerusakan pada kunci, baut dan mur. Dilarang menyambung kunci dengan pipa atau alat lain. Gunakan kunci lain seperti kunci ring atau kunci sok jika tidak memungkinkan memakai kunci model rahang terbuka.

>>> Mengenal Kunci Torsi, Bikin Pengencangan Pasti Pas 
 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top