Kotak Hitam Di Mobil, Sudah Sangat Diperlukan?

Kotak Hitam Di Mobil, Sudah Sangat Diperlukan?
Menjadi perangkat paling penting pada pesawat terbang untuk merekam segala percakapan dan aktifitas kokpit, kotak hitam diwacanakan dipasang pada mobil.dengan tujuan yang sama. Sudah sangat diperlukan?

Black box atau kotak hitam merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut perangkat yang digunakan untuk merekam catatan aktifitas kokpit pada sebuah pesawat. Sebuah kecelakaan pesawat dapat diketahui penyebabnya setelah menganalisis rekaman di kotak hitam berkat rekaman kronologis yang dimiliki oleh alat ini. Kecelakaan disebabkan oleh kesalahan teknis ataupun kesalahan manusia bisa diketahui berkat catatan dari kotak hitam.

Foto kotak hitam pada pesawat

Kotak hitam pesawat merekam semua aktifitas kokpit

Uji Coba Penggunaan Kotak Hitam Di Eropa

Alat yang sama kini tengah digagas untuk digunakan pada sebuah mobil. Gagasan ini telah diadopsi oleh negara – negara Uni Eropa untuk merekam aktivitas pengemudi dan kondisi mobil. Rekaman tersebut dapat digunakan untuk memudahkan proses penyidikan yang dilakukan polisi jika mobil mengalami kecelakaan. Rekaman dari kotak hitam di sebuah mobil juga bisa dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi guna menganalisis kecelakaan yang melibatkan mobil yang diasuransikan.

Kotak hitam yang digunakan pada mobil akan mendeteksi dan merekam informasi dari 20 variabel. Beberapa variabel utama yang direkam meliputi kecepatan mobil, posisi gigi transmisi, arah setir hingga intensitas pengereman yang dilakukan oleh pengemudi. Uji coba penggunaan kerak hitam pada mobil ini telah dilakukan di negara Uni Eropa sejak tahun 2006 lalu. Uji coba ini menggunakan nama Project Veronica dan menyimpulkan bahwa kotak hitam untuk mobil dapat mengurangi resiko kecelakaan fatal hingga 10 persen. Kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi psikologis pengemudi yang sadar bahwa setiap tindakan dan kondisi mobil selalu direkam oleh kotak hitam. Pengemudi akan menjadi lebih hati – hati karena setiap tindakannya dapat diketahui melalui rekaman kotak hitam.

>>> Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Melakukan Engine Swap?

Penggunaan Kotak Hitam Di Amerika Serikat

Aplikasi kotak hitam yang digunakan pada mobil juga telah dilakukan di Amerika Serikat. Uji coba penggunaan black box pada mobil sudah dilakukan di Amerika Serikat sejak tahun 1994 lalu. Kotak hitam ini disebut dengan EDR atau event data recorder; yaitu perangkat yang mereka data dari suatu kejadian (dalam hal ini adalah kecelakaan yang melibatkan mobil dengan sebuah EDR).

Awalnya kotak hitam dipasang pada produk mobil buatan Cadillac, Pontiac, Chevrolet dan Buick. Perangkat tersebut digunakan oleh pihak pembuat mobil untuk melakukan analisis dan mempelajari bagaimana sebuah mobil buatan mereka terlibat dalam sebuah kecelakaan. Sejak tahun 2013 lalu; 96 persen mobil baru yang dijual di Amerika Serikat telah dilengkapi dengan kotak hitam. Kemudian pada bulan September 2014 dibuatlah keputusan yang mengatur kewajiban setiap mobil di Amerika Serikat memiliki kelengkapan kotak hitam.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Gambar kotak hitam mobil untuk merekam semua aktifitas dalam kabin

Sama dengan black box, event data recorder juga merekam seluruh aktifitas dalam kabin

Manfaat Rekaman Kotak Hitam Pada Mobil

Teknologi kotak hitam yang diletakkan pada sebuah mobil juga dapat digunakan sebagai barang bukti di pengadilan terkait sebuah kecelakaan yang melibatkan mobil. Rekaman kotak hitam bisa menempati peran saksi yang berada pada posisi netral. Penggunaan informasi atau data dari kotak hitam bisa memudahkan pengadilan menentukan pihak mana yang bersalah ketika terjadi sebuah kecelakaan.

Salah satu kasus kecelakaan yang mengemuka dan berhasil dipecahkan melalui bantuan kotak hitam adalah kecelakaan yang melibatkan Timothy Murray pada tahun 2011 lalu. Mantan Gubernur Massachussets tersebut mengalami kecelakaan dan mengaku tidak mengemudi dalam kecepatan tinggi serta memakai sabuk pengaman. Tetapi berdasar rekaman kotak hitam; Murray mengemudi dengan kecepatan 160 km / jam tanpa mengenakan sabuk pengaman saat mengalami kecelakaan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa penggunaan kotak hitam memiliki banyak manfaat. Selain memberi dorongan psikologis bagi pengemudi untuk lebih hati – hati juga bisa memberi informasi akurat mengenai suatu kejadian terkait variabel – variabel dalam sebuah mobil yang dicatat oleh kotak hitam. Penggunaan kotak hitam sepertinya semakin dibutuhkan seiring peningkatan pengguna mobil dan juga meningkatnya angka kecelakaan.

>>> Alasan Mobil Modern Mudah Rusak, Ternyata untuk Pengemudi dan Pejalan Kaki

Foto kecelakaan Ford Crown Victoria di Amerika 2011

Foto kecelakaan Ford Crown Victoria di Amerika 2011

Kecelakaan Ford Crown Victoria yang dikendarai Timothy Murray, 2 November 2011 terpecahkan berkat bantuan kotak hitam

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top