Kopling Mobil Terasa Berat? Mungkin ini Penyebabnya

11/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Kopling Mobil Terasa Berat? Mungkin ini Penyebabnya
Sebagai komponen mobil manual yang sangat krusial, saat kopling terasa berat membuat feeling berkendarai jadi tidak nyaman. Apa saja penyebab masalah ini?

Bertugas untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi, kopling di mobil dengan girboks manual jadi salah satu pedal yang harus sering digunakan selain gas dan kopling. 

Mulai dari saat menyalakan mobil, menaik turunkan gigi, sampai ketika melewati polisi tidur atau tanjakan, tentu kita harus menekan kopling agar mobil tidak mati.

>>> Bener ga sih kalo setengah kopling bikin umur kopling jadi lebih pendek?

Maka tak heran, saat kopling mobil terasa berat kenyamanan mengemudi akan jauh berkurang. Apalagi dalam perjalanan dalam kota yang stop-go, di mana penggunaan kopling jadi semakin intens. Lalu, apa saja sih penyebab kopling terasa berat? Simak uraiannya di bawah ini yuk.

1. Tali Kopling

Kabel kopling mobil

Jika tali kopling minim pelumasan, kopling akan terasa lebih berat

Masalah umum kopling terasa keras untuk jenis mekanikal adalah tali kopling, yang umumnya terbuat dari kabel atau kawat baja. Jika kabel jarang dilumasi oli, alhasil tali kopling akan jadi kering alhasl kopling terasa berat.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil menarik bertransmisi manual di sini

Solusinya, Anda bisa memakai pelumas untuk meminimalisir gesekan dengan sarung pembungkus kabel kopling. Namun, hal ini sudah mulai jarang digunakan karena penggunaan serbuk gawan sebagai alternatif. Sementara itu untuk kopling hidrolik yang memanfaatkan tekanan cairan, peran tali kopling sudah tergantikan.

2. Masalah Bearing

Release bearing di kopling

Masalah pada bearing kopling juga dapat membuat kopling jadi lebih berat

Punya andil dalam menekan plat pegas diafgrama cover clutch, masalah release beraring juga dapat membuat pedal kopling mobil berat saat diinjak. Solusinya, Anda bisa mengganti komponen tersebut baik di bengkel resmi ataupun bengkel umum.

Tapi, ada satu lagi bearing yang jadi penyebab kopling terasa berat, yakni pilot bearing. Berfungsi sebagai penopang input shaft agar sejajar terhadap sumbu tengah poros engkol, masalah pilot bearing bisa membuat perpindahan gigi lebih sulit dan kopling yang lebih keras.

>>> Pada dasarnya, ada 3 hal penyebab kampas kopling cepat habis, apa saja?

3. Kampas Kopling

Kampas kopling mobil

Kampas yang sudah menipis juga bisa menyebabkan kopling jadi keras

Kondisi kampas kopling sangat mempengaruhi tingkat kekerasan kopling, jadi saat komponen satu ini sudah mulai tipis atau aus akan berpengaruh ke kopling mobil, biasanya akan jadi lebih dalam dan keras.

4. Clutch Cover

Umur penggunaan komponen juga mempengaruhi tingkat kekerasan kopling, salah satunya matahari (clutch cover) yang sudah usang dan tua, biasanya disebabkan pegas penekan plat kopling yang sudah mulai lemah.

5. Kebiasaan mengemudi

Mengganti gigi mobil secara kasar

Kebiasaan mengoperasikan kopling secara kasar juga bisa menyebabkan pedalnya terasa keras

Yang terakhir, tapi tak kalah pentingnya, kebiasaan mengemudi sehari hari juga bisa jadi penyebab kopling terasa berat. Sepele memang, tapi bisa menimbulkan kerusakan yang cukup parah.

Contohnya menginjak dan melepaskan kopling secara spontan, hal ini bisa membuat plat kopling yang terhubung ke flywheel terasa lebih berat, dan juga kampas kopling yang akan cepat tipis atau aus.

Dengan mengetahui lima hal di atas, Anda bisa langsung mengetahui penyebab dan segera mencari solusi ketika kopling mobil terasa sangat keras dan tidak nyaman saat diinjak. Untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa dilihat di bawah ini.

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Pedal Kopling Calya Sigra Berat? Ini Solusinya

04/04/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bagi Anda pemilik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra dengan transmisi manual mungkin pernah merasa jika pedal kopling Calya Sigra berat, ini adalah solusinya

Lihat juga

Waspada, Lima Kebiasan Buruk Ini Jadi Penyebab Kopling Aus

14/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Meski transmisi manual terhitung minim masalah, namun ada beberapa kebiasaan mengemudi yang jadi penyebab kopling aus. Apa saja? Simak artikel dari Cintamobil.com di bawah ini.

Lihat juga

Hati-Hati Setengah Kopling, Bikin Usia Transmisi Lebih Pendek

30/01/2020

Pengemudian

3 menit

Membiasakan diri menginjak setengah kopling bisa menjadi hal buruk yang berdampak besar. Kopling bakal berusia lebih pendek dari usia yang seharusnya.

Lihat juga

Pengguna Mobil Manual, Jangan Lakukan Ini Kalau Tak Mau Kopling Mobil Cepat Rusak

30/11/2019

Pengemudian

5 menit

Sejumlah kebiasaan buruk pengemudi mobil manual ternyata menjadi pemicu kopling mobil cepat rusak. Nah mulai sekarang perhatikan cara memperlakukan kopling mobil manual ya...

Lihat juga

Kenali Gejala Kampas Kopling Minta Diganti

Kopling memiliki peranan penting bagi mobil, khususnya mobil manual. Salah satu komponen fast moving di dalamnya adalah Clutch Plate (Kampas Kopling), namun kapan kita harus melakukan penggantian komponen tersebut?

Lihat juga