Terdengar Suara pada Kaki-Kaki Mobil? Coba Cek 6 Komponen Ini

16/10/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Terdengar Suara pada Kaki-Kaki Mobil? Coba Cek 6 Komponen Ini
Kaki-kaki mobil tak jarang menimbulkan masalah yang cukup berat. Ketika menemukan ada suara pada kaki-kaki mobil, Anda bisa mengecek 6 komponen di bawah ini.

Kaki-kaki mobil merupakan salah satu komponen yang paling berjasa untuk membawa kenyamanan bagi penumpang. Sistem kaki-kaki juga sering mengalami masalah karena berfungsi sebagai penyangga mobil. Dan tandanya yaitu bunyi yang terdapat pada bagian bawah mobil. Dilansir dari Auto 2000, cek komponen di bawah jika terdengar suara pada kaki-kaki mobil.

1. Stabilizer Bar

Stabilizer bar berfungsi menjaga ketinggian roda kanan dan kiri. Komponen ini terletak pada bagian roda depan kanan dan kiri ini berbentuk seperti batang dengan dua buah ball joint yang terletak pada masing-masing ujung. Stabilizer bar yang rusak akan menimbulkan buni ketika mobil sedang berbelok.

2. Ball Joint

komponen ball joint pada mobil
Stabilizer dan ball joint bisa menyebabkan bunyi pada mobil

Selain terdapat pada stabilizer bar, ball joint pada lower arm bisa menyebabkan bunyi pada kaki-kaki mobil. Komponen ini berfungsi untuk menjadi engsel pada saat roda berbelok. Ketika ball joint rusak, maka Anda bisa mendengar suara pada bagian bawah mobil. Bukan hanya saat mobil berbelok tapi juga pada saat di jalan lurus.

>>> Cara Mengecek Kaki-Kaki Mobil Eks Taksi

3. Tie Rod End

Komponen yang berada di ujung sistem steering ini menghubungkan lengan power steering dengan steering knuckle pada roda. Sama seperti stabilizer, toe rod end memiliki ball joint yang menjadi engsel agar power steering dan roda bisa tetap fleksibel. Jika komponen ini rusak, ada bunyi kletek ketika setir mobil sedang berbelok.

4. Shock Absorber

komponen shock absorber pada mobil
Shock absorber sering mengalami kebocoran sehingga menimbulkan bunyi

Komponen yang meredam guncangan berlebih pada mobil yang menyerupai tabung ini bisa ditemukan pada bagian dalam pegas spiral roda depan. Sedankan pada roda belakang, shock absorber terpisah dengan pegas. Shock absorber sering mengalami kebocoran sehingga ketahanannya menghilang, Suspensi yang berlebhan bisa menyebabkan bunyi aneh ketika melewati jalanan yang tak rata.

>>> Malas Spooring Balancing Roda Mobil? Hati-hati Efek Buruknya

5. Wheel Bearing

Wheel bearing atau bearing roda merupakan bantalan pada sambungan koneksi poros roda yang berputar dengan knuckle arm. Komponen yang terbuang dari beberapa tabung yang mengitari frame bantalan berfungsi untuk mengurangi gesekan langsung ketika roda berputar. Tapi ketika wheel bearing bengkok, ada suara pada kaki-kaki mobil yang akan semakin keras pada saat mobil berlari semakin kencang.

6. Boot Axle

komponen boot axle pada mobil
Boot axle terdapat pada sistem penggerak roda depan

Boot axle merupakan komponen yang terdapat pada mobil dengan sistem penggerak roda depan atau Front-wheel drive (FWD). Dengan tutup yang terbuat dari karet, boot axle berfungsi sebagai penutup joint pada bagian axle shaft dan menjaga agar pelumas tidak bocor. Tapi komponen ini sering sobek karena terbuat dari karet sehingga menimbulkan bunyi kletek-kletek pada kaki-kaki.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas terbaik ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top