Komponen Penting Audio Mobil, Gimana Memilih Amplifier yang Bagus?

02/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Komponen Penting Audio Mobil, Gimana Memilih Amplifier yang Bagus?
Selain subwoofer, speaker, dan tweeter, amplifier adalah komponen penting yang menentukan kualitas suara audio mobil. Gimana sih cara memilih power ampli yang bagus?

Selain eksterior, interior, dan mesin, audio mobil bisa jadi cara yang dilakukan modifikator untuk meningkatkan performa mobil. Modifikasi audio bisa dilakukan dengan beberapa upgrade, mulai dari head unit, speaker, tweeter, subwoofer, sampai amplifier aftermarket untuk meningkatkan kualitas audio mobil. 

Fungsi amplifier pada audio mobil untuk menambah daya ke speaker, tweeter, dan subwoofer untuk menghasilkan output suara maksimal, baik secara power ataupun dynamic range sehingga membuat keluaran suara jadi lebih kencang dan jernih.

Nah, untuk memilih amplifier mobil yang berkualitas ada beberapa hal yang bisa jadi parameter, apa saja? Simak uraiannya di bawah ini.

>>> Begini jadinya saat tiga pakar audio mobil berkolaborasi

1. Sesuaikan dengan spesifikasi daya mobil

Komponen audio mobil

Sesuaikan daya minimum amplifier dengan speaker serta subwoofer yang dipakai

Seperti dijelaskan di atas, amplifier berfungsi menambah dan mengalirkan daya dari head unit ke perangkat keluaran suara. Oleh karena itu, memilih amplifier mobil harus memperhatikan spek komponen audio lainnya.

Semisal, sebuah speaker memiliki daya keluaran atau root mean square (RMS) minimum 50 watt dan maksimal 100 watt. Artinya, daya amplifier yang dipasang minimal 50 watt, lebih besar lebih baik. Contohnya untuk di sebuah mobil hatchback memakai 4 buah speaker dengan daya 50 watt, maka amplifier jenis 4 channel dengan daya 4x50 watt.

>>> Apa aja sih jenis speaker yang biasa dipakai di mobil?

2. Aliran modifikasi audio

Audio mobil

Aliran modifikasi audio juga menentukan amplifier mobil yang digunakan

Aliran modifikasi audio juga sangat berperan dalam memilih amplifier mobil. Kita mengenal tiga jenis aliran modfikasi, yakni SQ, SQL, dan SPL, hal ini sangat menentukan model ampli yang dipakai.

Misalnya, aliran modifikasi audio SQL mementingkan pengaturan speaker dan subwoofer. Untuk itu, amplifier harus memiliki daya yang besar untuk mengakomodir daya yang diperlukan. Agar keluaran suaranya lebih ideal, pakai juga amplifier monoblock yang diplot khusus untuk mengalirkan daya ke subwoofer.

Sementara jika spesifikasi audio yang dipakai SPL (Sound Pressure Level), utamakan Amplifier dengan tenaga besar untuk mengalirkan tenaga ke subwoofer.

Terakhir ada aliran Sound Quality (SQ) yang mengutamakan detail, kedalaman, hingga semua frekuensi suara yang harus terdengar jelas dan jernih, tentu sebuah amplifier berkualitas sangat dibutuhkan di sini.

>>> Ingin upgrade audio Suzuki Ertiga? Siapkan duit Rp 1,5 Juta Rupiah

3. Merek dan fitur amplifier

Amplifier Rockford Fostgate

Biasanya, amplifier dengan merek ternama sudah hadir dengan fitur yang mumpuni

Tak bisa dipungkiri, merek amplifier sangat menentukan kualitas dan performanya. Brand yang sudah berpengalaman dalam urusan audio mobil tentu menghasilkan produk yang berkualitas.

Sebut saja Pioneer, Rockford Fosgate, JBL, JL Audio, Venom, dan lainnya. Amplifier mobil dari merek-merek tersebut sudah umum digunakan untuk mendongkrak kualitas audio di dalam kabin mobil.

Selain itu, perhatikan juga fitur yang terdapat di amplifier, karena fitur seperti gain control, x-over, dan Bass EQ bisa meningkatkan kualitas output suara secara keseluruhan.

Mengacu ke tiga poin di atas, Anda akan lebih mudah ketika memilih amplifier mobil berkualitas dan meningkatkan output audio mobil Anda. Untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa dilihat di sini ya.

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ground Zero Reference Car, Project Prestisius yang Libatkan 3 Pakar Audio Mobil

20/06/2020

Event - Promosi

5 menit

Ground Zero Reference Car merupakan sebuah project modifikasi car aduio yang dilakukan tim Ground Zero bekerja sama dengan workshop Carteens Autosound.

Lihat juga

Ngabuburit #DiRumahAja Ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

06/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Himbauan untuk tetap di rumah saat pandemik membuat kegiatan keluar rumah harus dibatasi, berikut tips Ngabuburit #DiRumahAja fdengan ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

Lihat juga

Ingin Audio Mobil Kesayangan Lebih Optimal Tanpa Korbankan Ruang Kabin? Pasang Subwoofer Aktif Solusinya

29/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Berbeda dengan subwoofer pada umumnya yang berukuran besar dan harus menggunakan boks khusus, subwoofer aktif memiliki kelebihan seperti dimensi yang kompak dan sudah terintegrasi dengan power amplifier

Lihat juga

Tips Membersihkan Head Unit Audio Mobil Biar Tetap Bekerja Optimal

29/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Selain jok, doortrim dan plafon, membersihkan head unit audio mobil sama pentingnya dengan membersihkan bagian interior mobil yang lain. Karena jika selalu dalam keadaan bersih, semua fitur pada head unit akan berfungsi optimal.

Lihat juga

Ingin Ganti Audio Mobil? Ketahui Dulu Beda Audio 2 DIN dan 1 DIN

20/12/2018

Pengemudian

Tak jarang banyak pemilik kendaraan ingin mengubah audionya menjadi lebih mumpuni daripada versi pabrikannya. Memang tak dipungkiri, kemajuan teknologi akhirnya juga menjadikan sistem audio memiliki banyak fungsi seperti Touchscreen, mengoperasikan YouTube dan sebagainya. Sebelum mengganti audio mobil, ada baiknya ada memahami beda audio 2 DIN dan 1 DIN.

Lihat juga